6 Keuntungan Menggunakan CloudFlare

Keuntungan Menggunakan Cloudflare
0

Kalau kamu belum menggunakan CloudFlare atau belum pernah sama sekali mendengarnya, artikel ini akan bermanfaat sekali. Artikel ini akan memberikan detail singkat tentang CloudFlare dan bagaimana cara menggunakannya dengan maksimal, termasuk apa saja keuntungan menggunakan CloudFlare.

CloudFlare merupakan salah satu CDN gratis (dan juga berbayar dengan fitur tambahan) yang memberikan semua keuntungan menggunakan CDN, seperti mempercepat loading website dan mengurangi beban server. Namun, CloudFlare tidak hanya menyediakan CDN sebagai salah satu servicenya.

CloudFlare juga fokus dalam keamanan sebuah website, terbukti dengan salah satu fitur yang ditawarkan adalah Firewall, DDoS Protection dan Hotlink Protection. Mereka juga menyediakan SSL Universal gratis sebagai proteksi data.

Cloudflare Features
Cloudflare Features

Bagaimana CloudFlare Bekerja

Sebelum menuju bahasan yang lebih lanjut, baiknya kita mengenal dulu bagaimana CloudFlare bekerja. Saya akan memulai dengan sebuah contoh.

Blog saya, akutwibowo.com menggunakan web-server dengan IP “8.8.8.8”. Ketika user mengetikkan akutwibowo.com di browser, browser akan meneruskan request tersebut ke DNS dan mendapatkan hasil “8.8.8.8”, yang selanjutnya akan mengirim data ke browser dan menampilkan blog saya sebagaimana terlihat sekarang. Itulah bagaimana seorang user mengakses sebuah website.

Tapi ketika kita menggunakan CloudFlare, kita akan menambahkan CloudFlare Name Server ke domain kita (bukan name server hosting seperti pada umumnya), dan CloudFlare akan segera bekerja menyaring semua request yang akan masuk ke server. Ilustrasinya adalah sebagai berikut.

Bagaimana Cloudflare bekerja
Bagaimana Cloudflare bekerja

Singkatnya adalah, semua traffic yang masuk ke website kita, akan melalui CloudFlare terlebih dahulu sebelum diteruskan ke web-server atau hosting. Dengan adanya filter seperti ini, maka serangan spam, bots atau percobaan hacking akan tersaring terlebih dahulu di CloudFlare sehingga website akan lebih aman.

Ketika menggunakan CloudFlare, tidak ada yang berubah kecuali bagaimana menghandle traffic. Sekarang saatnya kita membahas apa saja keuntungan menggunakan CloudFlare.

Keuntungan menggunakan CloudFlare

Keamanan

CloudFlare Security - keuntungan menggunakan CloudFlare
CloudFlare Security – keuntungan menggunakan CloudFlare

CloudFlare mampu menghentikan serangan Brute-Force, hacking dan menyaring semua serangan pada server mereka sehingga serangan tersebut tidak akan sampai ke server yang kita miliki. CloudFlare melindungi website dari DDOS attack, SQL injection dan comment spam. Ini tentu saja meningkatkan keamanan website kita dari orang yang tidak bertanggungjawab.

Selain itu, kita juga mendapatkan firewall service yang bisa digunakan untuk melakukan blacklist atau whitelist sebuah IP, rentang IP tertentu dan bahkan sebuah negara. Kita bisa leluasa menambahkan filter tersebut pada dashboard CloudFlare.

Tidak perlu menunggu propagansi DNS ketika pindah hosting

Ubah IP Address - Keuntungan menggunakan CloudFlare
Ubah IP Address server

Pada umumnya, ketika pindah hosting akan diperlukan tambahan waktu untuk propagansi DNS sebelum domain bisa tertuju ke domain baru. Dan akibatnya, website akan down dan tidak bisa diakses pada waktu propagansi DNS.

Read More Post
1 of 9

Dengan menggunakan CloudFlare, kita hanya perlu mengubah IP address di CloudFlare dashboard dan domain akan segera menunjuk ke hosting baru tanpa menunggu propagansi DNS.

CDN Gratis

Salah satu keuntungan menggunakan CloudFlare yang paling utama adalah CDN yang tidak dikenakan biaya, alias gratis. Settingnya pun mudah, tidak mengubah URL gambar, dan tidak mengubah URL menjadi cdn.domain.com. Setelah mencoba CloudFlare pada salah satu blog saya, akhirnya saya menggunakan CloudFlare untuk semua blog yang saya miliki.

CloudFlare membuat cache untuk static file seperti CSS, JS dan image dan menyajikannya melalui server terdekat. Di bawah ini adalah semua lokasi server CloudFlare. Yang terdekat dengan Indonesia adalah Singapura.

Cloudflare Network Map
Cloudflare Network Map

Menggunakan Cloudflare CDN akan meningkatkan performance kurang lebih 50% dan loading akan terasa cepat daripada tanpa menggunakan CloudFlare.

Menghemat Bandwidth

Menghemat bandwidth sebagai salah satu keuntungan menggunakan CloudFlare
Menghemat bandwidth sebagai salah satu keuntungan menggunakan CloudFlare

Sekarang ini, kebanyakan web hosting menawarkan paket dengan unlimited bandwidth. Tetapi masih banyak juga yang masih menawarkan paket biasa dengan bandwidth yang dibatasi.

CloudFlare memfilter spam bots dan akan menghemat bandwidth, karena spam bots tersebut tidak akan sampai ke server yang kita miliki. Dari gambar di atas terlihat bahwa blog saya menghemat 613.70 MB dari total 812.47 MB bandwidth sejak 24 jam terakhir. Itu sudah menghemat sekitar 75% dalam 24 jam!

SSL gratis

Salah satu yang menarik saya untuk menggunakan CloudFlare adalah adanya SSL (https) gratis. Seperti yang dilansir di Google Webmaster blog, protokol https ini menjadi salah satu penentu ranking di search engine, seperti Google.

Selain itu, SSL juga mampu meningkatkan kepercayaan user terhadap suatu website. Karena dengan adanya SSL, data yang dikirim dan diterima akan dienkripsi dan didekripsi sehingga data tidak bisa langsung terbaca. Untuk sebuah toko online, SSL menjadi pilihan yang sangat direkomendasikan, karena akan membuat kepercayaan pelanggan bertambah karena data mereka akan aman.

Mempunyai Analytics Sendiri

Cloudflare Analytics
Cloudflare Analytics

CloudFlare mempunyai program Analyticsnya sendiri. Di sini kita bisa melihat statistic website, seperti Request, Unique Visitor, Bandwidth dan Threats.

  • Request adalah berapa banyak request yang mengakses website kita, yang terbagi menjadi 2 yaitu cache dan uncache.
  • Unique visitor adalah berapa banyak pengunjung yang mengunjungi website kita. CloudFlare menghitung unique visitor berdasarkan IP address user yang mengakses website.
  • Bandwidth adalah berapa besar request yang diakses, dalam MB.
  • Threats adalah serangan yang diterima oleh server. Di sini akan terlihat total serangan, Negara dan type. Contohnya adalah di bawah ini.
Keuntungan menggunakan cloudflare, terhindar dari serangan
Top threads

Itulah 6 keuntungan menggunakan CloudFlare yang bisa saya simpulkan setelah menggunakan service dari CloudFlare. Dampak dari CloudFlare tidak akan langsung terlihat dalam waktu cepat dan instan, butuh beberapa minggu untuk mengetahui dampak yang terjadi.

Untuk membandingkan sebelum dan sesudah memakai CloudFlare, pastikan untuk mencatat performa website sebelum menggunakan CloudFlare dan bandingkan setelah menggunakan CloudFlare paling tidak selama 2 minggu.

- Matched Content -

You might also like

Mari Berdiskusi

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More