18

5 Alasan Utama Kenapa Harus Menggunakan Jam Tangan

Di zaman yang serba digital ini, kadang muncul pertanyaan tentang eksistensi jam tangan, baik itu jam tangan digital maupun jam tangan analog. Beberapa orang menganggap jam tangan sudah usang dan tidak diperlukan. Pertanyaan yang sering muncul adalah, kenapa harus menggunakan jam tangan ketika kita bisa melihat waktu melalui smartphone?

Buat saya, ketika ada pertanyaan seperti ini, saya selalu ingin bertanya balik, seberapa sering sih niat kamu untuk melihat waktu atau jam pada smartphone kamu terlaksana pada saat pertama kali kamu membuka smartphone, tanpa terdistraksi oleh notifikasi atau hal lainnya?

Pengalaman pribadi saya sih, saya sering lupa melihat jam pada smartphone sekalipun saya berniat untuk melakukannya pertama kali, bahkan ketika setting widget pada lockscreen sudah gede banget. Tapi tetap saja, perhatian selalu teralihkan oleh notifikasi, baik itu pemberitahuan chat atau social media.

Saya harus mengambil smartphone saya untuk kedua kalinya baru benar-benar mengecek waktu. Lupa.

Nah, selain itu, ada alasan yang benar-benar logis untuk tetap selalu menggunakan jam tangan. Apa aja sih alasannya?

Membuatmu tepat waktu

Jam tangan memiliki satu fungsi spesifik dan hanya satu fungsi itu yang penting, yaitu memberi tahu waktu kepada penggunanya. Ketika orang mengangkat lengannya untuk melihat jam tangan, sudah pasti orang tersebut ingin melihat waktu.

Dengan begitu, kamu akan selalu ingat dengan waktu dan agenda penting yang telah kamu susun selama beberapa waktu kedepan.

Nyaman dan tidak ribet

Saya tidak memerlukan jam tangan karena saya sudah memiliki smartphone. Pernyataan seperti itu tentunya sudah sering kita dengar. Tapi bagi pengguna jam tangan, termasuk saya, mengambil smartphone di kantong atau dari tempat manapun hanya untuk melihat waktu itu sangat tidak efektif. Apalagi jika dilakukan secara regular.

Kenapa harus menggunakan jam tangan

Kenapa harus menggunakan jam tangan. Sumber foto: freepik

Dengan melihat atau sekedar mengintip jam tangan yang terikat di pergelangan tangan untuk melihat waktu, akan jauh lebih cepat dan efektif, serta berkelas. Kenapa saya katakan berkelas?

Bayangkan ketika kamu sedang bercakap-cakap dengan seorang teman atau bahkan client, dan kamu menarik smartphone kamu keluar dari kantong hanya untuk melihat waktu. Apakah cara tersebut terlihat sopan?

Pada kesempatan lain seperti pemakaman, pernikahan, atau event penting lainnya, jam tangan adalah cara yang lebih halus dan nyaman untuk memeriksa waktu.

Fungsional

Selain fungsinya yang spesifik untuk memeriksa waktu, beberapa jam tangan yang rumit dirancang dengan fitur diluar fungsi dasar untuk menampilkan waktu dan tanggal. Fungsionalitas seperti ini disebut sebagai komplikasi. Dua dari komplikasi populer adalah chronograph, yang memungkinkan jam berfungsi sebagai stopwatch dan komplikasi moonphase, yang menampilkan fase bulan.

Selain itu, jam tangan memiliki ketahanan luar biasa dibandingkan smartphone. Beberapa jam tangan beroperasi dengan motion atau gerakan sebagai tenaga, atau bisa disebut dengan self-powered watch. Beberapa lainnya menggunakan baterai kecil dengan jangka waktu yang jauh lebih lama dibandingkan smartphone yang harus selalu dicas minimal 1 kali sehari?

Simpel

Jam tangan terbaik adalah jam tangan yang tidak menggunakan teknologi terkini. Mereka menggunakan mekanikal untuk menggerakkan setiap komponen jam dan tidak bergantung pada elektrikal. Dengan ini, jam tangan akan selalu ada ketika kamu membutuhkannya untuk memeriksa waktu.

Dan dia akan tetap tidak mengganggu konsentrasi kamu untuk melihat waktu dibandingkan dengan mengecek waktu melalui smartphone yang sering membuat kita terdistraksi dengan notifikasi lainnya.

Style

Ya, jam tangan adalah bagian dari lifestyle. Apalagi untuk pria, aksesoris yang dikenakan pria itu sangat terbatas, salah satunya adalah jam tangan ini. Bahkan mungkin, tipe seseorang bisa dilihat dari jam yang dikenakannya.

Sebagai contoh, seorang traveler atau adventurer, mereka akan lebih menggunakan jam tangan tipe sport yang dilengkapi dengan fungsi lainnya seperti barometer, kompas dan altimeter.

Jam tangan juga bisa menunjukkan kelas atau status seseorang. Seorang pebisnis, akan memilih jam mewah seperti Rolex. Yaa, karena harga jam Rolex akan berbeda dengan harga jam tangan Bonia.

Jam tangan Bonia

Jam tangan Bonia

Nah, itulah 5 alasan kenapa kita harus tetap menggunakan jam tangan walaupun sudah berada di era digital seperti sekarang ini.

Lalu, apa merk jam tangan favorit kamu? Alexandre Christie, Casio, Swiss Army, G Shock, Bonia Rosso, Guess adalah beberapa merk atau brand terkemuka untuk jam tangan. Dan di era digital sekarang ini, tentunya jam tangan bisa didapatkan secara mudah di berbagai online shop di Indonesia.

Cukup dengan melakukan pencarian, kita akan mendapatkan detail spek, harga dan tampilan. Contohnya adalah melakukan pencarian dengan kata kunci harga jam tangan Bonia pada mesin pencari, berbagai hasil tentang harga jam tangan Bonia termasuk spesifikasi dan berbagai model yang ditawarkan akan muncul.

Bagaimana? Siap untuk hunting jam tangan baru?

Show Comments

No Responses Yet

Mari Berdiskusi

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.