Awas Pishing BBM dan Modus Pinjam Uang dengan Akun Tersebut!

0

Hi guys! Tadi subuh pas sahur dapet berita ga enak nih. Ada salah satu kawan yang  tertipu oleh orang yang menggunakan identitas kawan saya yang lain. Modusnya adalah dengan pishing BBM account dan bermaksud untuk meminjam sejumlah uang karena ada keperluan mendadak dan dia bilang adanya cash, segera diganti begitu merapat ke darat (kawan saya adalah pelaut). Lumayan juga jumlahnya guys, 3.5 juta! Itu jumlah yang ga sedikit lho. Masih lebih besar daripada gaji basic Batam saat ini.

Jadi ceritanya gini. Tadi subuh setelah sahur, saya ambil hp sekedar untuk cek-cek social media seperti biasa, sambil nunggu adzan. Pas buka hp ada satu notifikasi BBM yang menyita perhatian saya. BBM dari kawan semasa SMK dulu. Inti dari BBM tersebut adalah memberitahu masalah di atas tadi.

Percakapan pertama sebagai berikut.

Percakapan pertama di Grup BBM
Percakapan pertama di Grup BBM

Jam 2.29 udah broadcast kalo kawan saya kena pishing BBM account-nya. Tapi dilihat dari percakapan berikutnya, ternyata upaya penipuan udah dimulai jauh sebelum jam 2.29.

Saya cek BBM saya, ternyata ada usaha untuk menghubungi saya juga di jam 00.39 WIB. Dia nge-PING berkali-kali, tapi saya ga respond karena udah tidur, dan tiap malam pasti set ke ‘Do not disturb’ mode, jadi ga akan ada notifikasi apapun. Pagi itu ga saya respond. Siangnya baru saya reply karena dia mencoba menyebarkan url untuk pishing BBM account, tapi terlalu nampak -___-

Upaya penipuan ke saya
Upaya penipuan ke saya

Maaf percakapan terjadi dalam bahasa Jawa (sebagian), tapi kayanya gampang lah dimengerti. Hahaha. Berikut ini adalah beberapa BBM yang dikirimkan ke beberapa kawan saya malam tadi.

Modus penipuan
Modus penipuan setelah pishing BBM akun orang lain
Modus penipuan setelah pishing BBM akun orang lain
Modus penipuan setelah pishing BBM akun orang lain (2)
Modus penipuan setelah pishing BBM akun orang lain (3)
Modus penipuan setelah pishing BBM akun orang lain (3)
Read More Post
1 of 24
Modus penipuan setelah pishing BBM akun orang lain (4)
Modus penipuan setelah pishing BBM akun orang lain (4)

Dan ini adalah percakapan di grup setelah sadar ada 1 kawan saya yang udah terlanjur transfer.

Percakapan BBM di grup
Percakapan di grup BBM
Percakapan di grup BBM
Percakapan di grup BBM (2)
Bukti transfer 2 juta
Bukti transfer 2 juta
Bukti transfer 1.5 juta
Bukti transfer 1.5 juta

Ada beberapa kawan saya yang dengan sengaja memancing pelaku untuk ngasih no rekening. Dan ternyata pelaku punya beberapa rekening dengan nama berbeda. Di antaranya sebagai berikut:

  • 0437402692 AN INWANAH
  • 1220007115705 AN ANDI MUHAMMAD YASIN
  • 3010026015 AN MUHAMMAD SODIQ

Usut punya usut ternyata pelaku ini melakukan pishing BBM dengan url ini: http://www.pixelcompany.com.ar/phisingBBM

Jangan coba coba buka url itu ya! Ini cuma untuk informasi aja. Namun bisa dilihat kalo upaya phising BBM jelas sekali. Jadi link apapun, jangan langsung diklik!

Semoga dengan menulis dan sharing di sini bisa bermanfaat buat yang lain, jangan sampai terjebak dan mengalami kejadian yang sama. Stay alert!

- Matched Content -

You might also like

Mari Berdiskusi

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More