Mengaktifkan Family Sharing di iPhone dan iOS 10 Device

Family Sharing di iPhone iOS 10
2

Fitur Family Sharing di iPhone adalah salah satu fitur yang gue suka. Ketika Family Sharing di iPhone diaktifin, semua aplikasi dari App Store, musik dari iTunes, iBooks yang udah dibeli bisa di-share sampai dengan maksimal 6 orang dengan Apple ID masing-masing. Selain itu, sharing calendar, notes, reminder dan foto juga lebih mudah dan private dengan fitur ini.

Di Family Sharing, satu orang berperan sebagai family organizer. Family organizer bisa meng-invite member untuk bergabung di Family Group dan bisa langsung mulai sharing aplikasi, musik, foto, share location dan sebagainya. Selain itu, family organizer berfungsi untuk membayar semua tagihan yang dilakukan oleh semua member, tentunya dengan approval dari family organizer tersebut.

Gue dah coba aktifin fitur ini dengan istri gue. Dan sebelumnya gue dah coba beli aplikasi di masing-masing akun sebelum mengaktifkan fitur Family Sharing di iPhone. Dan setelah gue aktifin, hasilnya adalah, aplikasi yang kami beli terpisah, bisa diinstall di iPhone masing-masing. Dan aplikasi yang udah diinstall sebelumnya ngga berubah. Somehow gue ngerasa diuntungin, karena dengan beli 1 kali bisa dipakai berdua. Uhuy!

Family Sharing di iPhone gue
Family Sharing di iPhone gue

Asik juga ya kan! Tapi fitur ini memang cocoknya untuk keluarga beneran atau yang udah deket banget. Jangan berpikir untuk mengaktifkan fitur Family Sharing di iPhone ini dengan teman-teman kamu sendiri. Ntar bisa berantem, coba bayangin deh. Kayanya ngga perlu gue jelasin. Hahaha

Setting Family Sharing di iPhone iOS 10

Sebenernya minimum requirement adalah iOS 8. Tapi siapa sih yang ngga update firmware-nya? Hehe. So I assume you all got your device updated to iOS 10. Selain itu, Family Sharing memerlukan Apple ID dan satu Apple ID hanya bisa bergabung di 1 grup. Anyway, udah tau semua fitur terbaru iOS 10 kan?

Step by step enable Family Sharing di iPhone iOS 10

  1. Di iPhone, masuk ke Settings > iCloud > Set Up Family Sharing.
  2. Lalu tap Get Started > Continue. Lalu masukkan Apple ID.
  3. Setujui terms and conditions baru bisa lanjut. Kalo ada waktu dibaca aja. Kalo gue mah ogah. Haha.
  4. Tap Continue untuk konfirmasi pembayaran yang kamu miliki. Intinya adalah, kamu sebagai family organizer, setuju untuk membayar semua pembeliansemua member di grup Family Sharing. Not bad idea.
  5. Pilih aja, kamu mau aktifin fitur share location dengan Family Sharing atau ngga.
  6. Tap Add Family Member untuk nambahin anggota Family Grup yang kamu bikin. Masukin Apple ID mereka. Ada 2 pilihan di sini, yaitu dengan langsung memasukkan password Apple ID yang bersangkutan, atau melalui invitation email. Kalau orangnya ada di deket kamu, suruh masukin aja password-nya –tapi ini tetap perlu verifikasi di device user, baca di bawah-.
  7. Selanjutnya mungkin ada verifikasi metode pembayaran. Just keep going.
Read More Post
1 of 4

Ilustrasi gambar seperti ini.

Enable Family Sharing di iPhone iOS 10 Device
Enable Family Sharing di iPhone iOS 10 Device
Enable Family Sharing di iPhone iOS 10 Device_2
Enable Family Sharing di iPhone iOS 10 Device_2

Catatan untuk family member

Buat kamu yang jadi family member, kamu perlu melakukan setup di device kamu. Setelah kamu dimasukkan ke dalam Family Group oleh family organizer. Kamu akan menerima notifikasi di device kamu untuk melakukan setting lanjutan. Langkahnya seperti ini

  1. Notifikasi akan muncul di Lock screen.
  2. Slide ke kanan untuk membuka invitation.
  3. Tap Accept di bagian bawah layar.
  4. Untuk share purchase dengan member yang lain, tap di Share My Purchase.
Accept Invitation Family Group di iPhone iOS 10 Device
Accept Invitation Family Group di iPhone iOS 10 Device

Ketentuan lain Family Sharing

Ngga Apple kalau peraturan ngga ketat. Tak terkecuali untuk fitur Family Sharing di iPhone. Satu catatan penting di sini adalah, kita cuma dikasih kesempatan untuk setup dan delete grup Family Sharing untuk 2 kali dalam setahun!

Setelah melewati itu, kamu harus menunggu selama setahun lagi untuk bisa membuat grup Family Sharing lagi. Jadi, manfaatkan sebaik-baiknya. Lebih baik delete member daripada delete grupnya.

- Matched Content -

You might also like
2 Comments
  1. Erick says

    om cara nonaktifkan family sharing di iphone gmn caranya yh

    thanks

    1. Akut Wibowo says

      Tap Settings > iCloud > Family, tap di nama, lalu tap Leave Family

Mari Berdiskusi

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More