Fitur Terbaru iOS 10, yang Diklaim Sebagai Mother of All Releases

Fitur terbaru iOS 10
0

Setiap kali ganti smartphone, siapa sih yang ngga kepo sama hape barunya? Hari-hari pertama pasti diabisin buat utak-atik itu smartphone. Ngga terkecuali gue nih, setelah sekian lama gue pake smartphone Android, di bulan Desember ini gue baru mutusin untuk beralih ke iPhone. Sebagai user baru, gue ngerasa harus mengejar ketertinggalan gue di dunia iOS.

Pas banget dengan rilisnya iOS 10, gue jadi ngerasa harus belajar lagi dengan sistem operasi dari Apple ini. Gue harus tau apa saja fitur terbaru iOS 10 dan apa saja perubahan yang terjadi. Tujuannya sederhana, biar device yang gue punya bisa optimal gue pake.

iOS 10, yang disebut-sebut sebagai “mother of all releases” -ini kata Tim Cook, CEO Apple- mengalami perubahan yang sangat signifikan dengan fitur baru seperti fitur notifikasi yang lebih maju, lock screen baru, message app dengan emoji bar, Apple Music yang didesain ulang, Siri yang lebih pintar dengan API yang bisa digunakan untuk 3rd party yang ingin mengembangkan aplikasinya, standalone Home app, Apple Maps yang lebih baik dan sebagainya.

Itu tadi menurut berita. Nah, yang akan gue tulis di sini adalah fitur-fitur yang gue tau dan berbeda dari iOS sebelumnya. Ya, walaupun gue ini baru aja nyicipin iOS, tapi bukan berarti gue ketinggalan. Hehe. Ok deh, sekarang saatnya gue list, apa aja fitur terbaru iOS 10 yang harus lo tau.

Fitur terbaru iOS 10

1. Stock apps alias aplikasi bawaan bakal bisa didelete!

Siapa sih yang butuh aplikasi kaya Stocks, Home, Find Friends atau Tips? Yaa, kalo lo mantau saham sih pasti butuh Stocks. kalo rumah lo rumah pinter dengan segala macam elektronik yang bisa dikontrol lewat aplikasi, Home app bisa jadi berguna. Nah, sekarang gue ngomong secara general dan dari gue yang orang biasa aja. Dan gue jawab, ngga! Gue ngga butuh aplikasi itu.

And thanks God, now I’m able to remove it.

Jadi di fitur terbaru iOS 10, aplikasi bawaan Apple bisa dihapus! Buang yang kamu ngga perlu dan legakan memorimu. Lumayan yah beberapa MB. Tapi take note, ngga semua aplikasi bisa kamu hapus gitu aja. Dan ini sekalian gue kasih, apa aja sih aplikasi yang bisa dihapus di iOS 10.

  • iTunes Store
  • iBooks
  • Podcasts
  • Maps
  • Compass
  • Tips
  • Calculator
  • Watch
  • Voice Memos
  • Contacts
  • Stocks
  • Weather
  • Calendar
  • Mail
  • Music
  • Reminders
  • FaceTime
  • Notes
  • Videos
  • Find My Friends
  • Home
  • News
  • iCloud Drive

Aplikasi seperti Messages, Phone, Safari, Photos dan App Store ngga bisa di-delete.

2. “Read” – buat nandain pesan kamu udah terbaca atau belom

Fitur “Read” diperkenalkan di iOS 7 di Message app. Ketika di-setting ON, kita bisa liat apakah orang yang kita kirimi pesan sudah membaca pesan kita atau belum. Nah, kalo di-setting ON, lo jangan baper kalo orangnya ngga bales tapi udah dibaca.

Nah, bedanya di iOS 10, kita bisa setting untuk kontak yang lebih spesifik, mau personal atau grup chat. Jadi setting-annya ngga global.

3. Memories di Photos App

Fitur Terbaru iOS 10 - Memories
Fitur Terbaru iOS 10 – Memories

Satu yang beda di Photos app adalah fitur baru bernama Memories. Fitur ini akan mengumpulkan semua foto berdasarkan lokasi dan waktu yang secara otomatis dibuat dalam bentuk slideshow. Fitur ini ada di Camera Roll.

Di tab kedua, iOS membuat Album dan folder baru dengan nama People dan Places. iOS akan mendeteksi wajah dan ketika kita menginput nama dari wajah tersebut, kita bisa mencari dengan keyword nama yang telah kita setting. Ini juga berlaku untuk Places atau tempat.

Read More Post
1 of 4

4. Animasi baru untuk app dan folder

Sejak  iOS 7, ketika kita membuka folder, animasi yang diberikan adalah zoom in dan zoom out dari folder tersebut. Kalau posisi folder atau app di pinggir layar, ya zoom in zoom out-nya dari posisi tersebut. Buat yang pusing dengan animasinya, bisa dimatiin di menu “Reduce Motion” (Settings > General > Accessibility > Reduce Motion).

Bedanya di iOS 10, posisi zoom out dan zoom in bukan lagi dari posisi folder, tapi dari tengah layar. Coba deh perhatiin.

5. RAW photo editing

Fotografer profesional menggunakan format RAW setiap kali mengambil foto, bukan hasil jadi alias JPEG seperti kita kebanyakan. RAW file merupakan image file yang tidak terkompress dan mengandung lebih banyak data image. Kebanyakan fotografer memakai format RAW karena lebih fleksibel dalam proses editing.

6. Bedtime, Wake Alarm dan Stopwatch baru

Bedtime, Wake Alarm dan Stopwatch baru
Bedtime, Wake Alarm dan Stopwatch baru

Clock app sekarang mempunyai fitur baru, yaitu Bedtime dan Wake Alarm. Kita dapat mengatur aplikasi Bedtime untuk mengingatkan kita waktu tidur dan mengatur jangka waktu tidur kita pada waktu yang telah ditentukan. Sedangkan Wake Alarm akan membantu kita untuk bangun pada waktu yang telah kita setting setiap hari.

Tujuannya adalah sebagai reminder kita akan pentingnya tidur teratur dan cukup. Lumayan berguna.

Untuk aplikasi Stopwatch, sekarang mempunyai tampilan dial baru, bukan hanya dalam bentuk digit. Dan untuk user interface sekarang berubah dari putih ke hitam.

7. Game Center is dead

Game Center merupakan online social gaming network dari iOS’s yang sekarang sudah tidak ada lagi. Di iOS 10, aplikasi yang katanya tidak pernah dipakai oleh user ini telah dihapus dari sananya. Bye!

8. Unlimited Safari tabs

Bukan urusan gue sih, kalo lo mau buka sampe 36 tabs sekaligus di Safari (ini maksimal limit di iOS 9). Tapi kalo masih ngga cukup, sekarang lo bisa buka tab sampe tak terbatas! Fitur terbaru iOS 10 yang satu ini sepertinya OK, tapi perlu diingat juga guys, RAM setiap device bukannya tak terbatas. Lagian, ngapain juga buka tab banyak banyak kan?

9. Optimasi storage atau penyimpanan

Storage atau memori internal selalu menjadi fitur premium. Tapi di iOS 10, ada fitur paling baru iOS10 yang disebut “Optimize Storage”. Fitur terbaru iOS 10 ini adalah fitur yang secara otomatis menghapus musik dari smartphone yang sudah lama tidak diputar dalam jangka waktu tertentu.

Fitur Terbaru iOS 10 - Optimize Storage
Fitur Terbaru iOS 10 – Optimize Storage

Jadi, sepertinya itu saja fitur terbaru iOS 10 yang bisa gue share. Ada yang kelewat atau ada yang salah? Komen aja di bawah gan!

- Matched Content -

You might also like

Mari Berdiskusi

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More