GPS, Manfaat dan Penggunaannya dalam Kehidupan Sehari-hari untuk Keperluan Perjalanan Anda

Pernahkah Anda bepergian ke suatu wilayah yang belum pernah Anda kunjungi sebelumnya? Mungkin saat Anda mencari lokasi atau alamat tertentu Anda membutuhkan petunjuk yang bisa membantu mempercepat proses pencarian. Penunjuk tersebut bisa berupa rute jalan ataupun informasi dari warga sekitar.

Jika lokasi yang Anda cari masih berada di keramaian, mungkin tak begitu sulit untuk mencarinya.

Namun jika ternyata lokasi yang dicari berada di pedalaman atau tidak berlokasi di pusat kota, akan memerlukan waktu yang lebih lama terutama jika di malam hari saat warga lokal tertidur. Kini ketakutan akan pencarian suatu lokasi yang belum pernah dituju sebelumnya bisa diminimalisir dengan adanya fitur canggih dari teknologi yang dinamakan GPS.

Global Positioning System merupakan system yang digunakan untuk memetakan permukaan bumi dengan bantuan satelit. Dengan begitu posisi Anda bisa dengan cepat ditemukan untuk mengetahui lokasi detailnya dengan bantuan gadget atau alat yang bisa memancarkan gelombang dan ditangkap oleh satelit.

Selain itu dengan fitur ini di gadget, Anda akan bisa melihat permukaan bumi dalam bentuk peta yang lengkap dengan nama jalan bahkan penampakan bangunan serta pepohonannya.

Fitur ini sekarang banyak digunakan di kehidupan sehari-hari terutama untuk keperluan perjalanan. Berikut ini adalah beberapa contoh aplikasi penggunaan GPS yang mungkin sudah sering Anda lakukan:

Mencari lokasi tertentu

GPS Map (sumber dari makeuseof.com)

GPS Map (sumber dari makeuseof.com)

Ketika Anda ingin bertamu ke rumah saudara atau teman, Anda bisa langsung mengetikkan alamatnya di aplikasi GPS pada gadget Anda. Kemudian layar akan menunjukkan peta dari lokasi Anda berdiri hingga ke lokasi yang dituju. Ada juga fitur rute bagi Anda yang ingin mendapat bantuan tentang jalan paling cepat untuk bisa menuju lokasi.

Menshare lokasi usaha

Punya usaha yang ingin dipublikasikan? Daftarkan nama usaha Anda pada peta internasional hingga orang lain bisa mengetahui alamatnya dengan jelas. Nama usaha haruslah unik agar berbeda dengan pemilik usaha lain sehingga alamat tidak dobel. Dengan begitu ketika ada calon customer yang ingin berkunjung Anda bisa memintanya untuk mencari lokasi via maps di gadget.

Mencari benda yang hilang

Saat ini alarm mobil atau kendaraan dan bahkan hewan peliharaan telah dilengkapi dengan microchip yang terhubung ke satelit. Dengan begitu ketika benda atau hewan kesayangan Anda hilang, Anda bisa mengetahui lokasinya dengan mencari chip tersebut. Tetapi biasanya ada batasan jarak yang bisa ditampilkan dengan jelas, batasan tersebut bisa dipengaruhi oleh kualitas chip yang ditanamkan.

Melihat permukaan bumi

GPS 3D

GPS 3D

Global Positioning system bukan hanya berbentuk peta seperti di buku saja. Masih bingung dengan alamat yang diberikan karena Anda hanya mengingat warna dan bentuk rumahnya? Aktifkan tampilan peta 3D agar Anda bisa melihat bangunan, pohon hingga warna-warnanya.

Sangat banyak dan berguna sekali aplikasi GPS ini bukan? Bagi Anda yang sudah melek internet, sudah bukan saatnya lagi untuk tersesat atau menyibukkan orang lain dengan bertanya alamat yang belum Anda ketahui. Gunakan gadget Anda untuk menginstal aplikasinya dan temukan alamat yang Anda cari secara mandiri.

Saat ini juga sudah ada transportasi online yang menggunakan aplikasi ini sebagai dasar perhitungan biayanya sehingga Anda juga bisa menggunakannya untuk menghitung perkiraan pengeluaran transportasi sehari-hari. Jangan lupa update aplikasi Anda setiap kali ada versi terbaru agar tampilan peta bisa diperbaharui sehingga tetap sesuai dengan realita yang ada.

Show Comments

No Responses Yet

Mari Berdiskusi