Jembatan Ampera (foto by anekatempatwisata.com)

Ingin Melihat Pesona Wisata Alam Palembang? Coba Singgah di Tempat Berikut!

151 0

Bagi orang dari luar kota, ketika mendengar nama Palembang, barang kali yang terlintas adalah pempek. Memang makanan khas Palembang satu ini sangat terkenal di Indonesia dan menjadi favorit banyak orang. Namun, tak hanya wisata kuliner, Palembang juga merupakan kota dengan panorama menawan hati. Tak percaya?

Cobalah datang ke tempat-tempat berikut untuk melihat sendiri betapa menakjubkan pemandangan yang dimiliki Kota Palembang.

Sungai Musi

Sungai Musi membelah Kota Palembang menjadi dua bagian dan merupakan sungai paling ternama di kota ini. Bukan hanya Jembatan Ampera yang menghubungkan kedua tepi sungai ini yang jadi tujuan para pelancong,  Sungai Musi sendiri juga merupakan tempat wisata alam yang wajib dikunjungi.

Jembatan Ampera Palembang. Photo by infohotel.co
Jembatan Ampera Palembang. Photo by infohotel.co

Anda dapat menyusuri Sungai Musi menggunakan perahu pada siang hari untuk melihat pemandangan Kota Palembang tepi sungai. Kemudian pada malam hari, Anda dapat menikmati pemandangan malam Kota Palembang dari tepi sungai ini.

Bukit Siguntang

Bukit Siguntang adalah perpaduan antara wisata alam dan sejarah. Disebut wisata alam karena tempat ini memang berupa bukit setinggi 29-30 m. Bukit ini ditumbuhi rumput yang hijau dan pepohonan rimbun yang membuat area bukit terasa sejuk. Menariknya, bukit yang terletak 3 km dari tepi Sungai Musi ini juga memiliki sejarah panjang. Di bukit inilah, terdapat peninggalan Kerajaan Sriwijaya, tepatnya berupa makam raja dan tokoh kerajaan tersebut.

Sungai Gerong

Tempat wisata Sungai Gerong berada di tepi Sungai Musi dan dapat dicapai melalui jalan darat dari pusat Kota Palembang dengan waktu tempuh sekitar 45 menit. Di tepi sungai ini, terdapat pengelolaan minyak milik Pertamina. Dari sungai ini, Anda dapat melihat cerobong khas kilang minyak—pemandangan yang tentunya tak biasa bagi banyak orang.

Hutan Wisata Punti Kayu

Berjalan-jalan di area hutan hijau di area perkotaan dapat Anda lakukan di Palembang. Hutan Wisata Punti Kayu namanya. Berlokasi sekitar 7 km dari pusat Kota Palembang, tempat wisata ini memiliki luas 50 ha dan ditumbuhi aneka pepohonan. Anda dapat menyusuri hutan sambil menikmati alam yang hijau.

Kalau ingin berfoto, Anda juga bisa memilih jembatan kecil di atas sungai yang melintas di kawasan Hutan Wisata Punti Kayu. Kegiatan lain yang bisa dilakukan adalah melihat banyak hewan yang dirawat di tempat ini, menyaksikan atraksi gajah, atau menunggang kuda.

Pulau Kemaro

Pulau Kemaro adalah delta kecil di Sungai Musi dan diapit oleh kawasan industri pupuk dan minyak. Letaknya dari pusat Kota Palembang sekitar 40 km. Meskipun berukuran kecil, Pulau Kemaro cukup dikenal masyarakat, terutama karena legendanya. Legenda Pulau Kemaro merupakan kisah cinta tragis antara Pangeran Tiongkok, Tan Bun An, dengan Putri Palembang, Siti Fatimah.

Di dalam Pulau Kemaro sendiri, pemandangannya cukup bagus. Terdapat pagoda sembilan lantai, Klenteng Hok Tjing Rio, dan sebuah kuil Buddha. Pulau ini pun dijadikan tempat perayaan Cap Go Meh setiap tahunnya.

Untuk tempat menginap Anda selama liburan di Palembang, terdapat Airy Rooms, hotel murah dengan jaringan luas di seluruh Indonesia. Hotel ini sangat mudah ditemukan di Palembang.

Uniknya, sebagai hotel murah di Palembang, Airy Rooms menawarkan fasilitas yang premium. Kenyamanan tamu terjamin karena kamarnya nyaman dan ber-AC. Kamar tidurnya bersih; fasilitasnya lengkap, mulai dari TV dan WiFi untuk hiburan, sampai air minum gratis dan kamar mandi modern lengkap dengan pancuran air hangat dan peralatan mandi.

Salah satu kamar Airy Rooms Palembang
Salah satu kamar Airy Rooms Palembang

Ingin menginap di Airy Rooms Palembang? Caranya mudah sekali. Pemesanan hotel dapat dilakukan melalui situs atau aplikasi Airy Rooms di Android dan iOS. Pembayaran pun bisa dilakukan dengan berbagai metode, mulai dari transfer bank, kartu kredit, sampai melalui Indomaret terdekat di kota Anda. Jadi, tak perlu repot-repot lagi mencari hotel murah di Palembang, langsung saja pilih Airy Rooms!

In this article

Join the Conversation