Xiaomi Mi 5S plus

Lagi Pengen Upgrade ke Xiaomi Mi 5S Plus, Intip Harga di MatahariMall ah!

350 7

Bulan Ramadan udah menginjak hari keempat. Bentar lagi dapet THR, lalu liat smartphone tongkrongan. Eh, Redmi 3S masih setia menemani sejak tahun lalu. Memang, Xiaomi bisa dibilang smartphone merakyat dengan spek handal dan tahan banting. Makanya jadi susah move on sama brand yang satu ini.

Tahun ini, aku berencana upgrade ke smartphone Xiaomi highend biar makin maksimal. Cari-cari referensi kesana-kemari, akhirnya pilihan jatuh ke Xiaomi Mi 5S Plus 6/128GB. Tiga pertimbangan utama adalah kapasitas memori internal yang besar, kapasitas RAM besar dan kinerja processor yang cepat dengan multitasking serta fitur kamera yang mantap. Intip-intip di MatahariMall sih, harganya masih di sekitar kemampuan kantong, 5 jutaan aja!

Memori internal besar

Pertimbangan pertama adalah kapasitas memori internal yang besar. Xiaomi Mi 5S Plus mempunyai ruang memori internal sebesar 128 GB tanpa slot Micro SD. Walaupun tanpa slot tambahan, sepertinya sudah sangat cukup untuk menyimpan foto dan video beresolusi tinggi, install banyak aplikasi dan menyimpan dokumen lainnya.

RAM dan processor

Semakin hari, aplikasi smartphone semakin berkembang dengan berbagai fitur. Para developer aplikasi selalu berinovasi tanpa henti membuat aplikasinya semakin sempurna. Efek samping dari perkembangan aplikasi adalah kinerja smartphone yang akan dirasa semakin lambat, karena aplikasi rakus memakan resources yang besar seiring dengan perkembangannya

Oleh karena itu, untuk upgrade kali ini aku ngga mau nanggung-nanggung karena smartphone ini nantinya akan kupakai tiap hari dengan berbagai keperluan seperti editing foto dan video. Aplikasi editing foto dan video ini butuh resources dan storage yang besar.

Xiaomi Mi 5S Plus disenjatai dengan processor Quad-core (Dual Core 2.35 GHz Kryo & Dual Core 1.6 GHz Kryo ) dan chipset Snapdragon 821 dengan RAM sebesar 6GB. Sebagai tambahan, GPU Adreno 530 juga ikut disematkan dalam dapur pacu Xiaomi Mi 5S Plus. Dengan kombinasi spek seperti ini, bye-bye lambat!

Benchmark Xiaomi Mi 5S plus
Benchmark Xiaomi Mi 5S plus

Dual Camera “Clear Sight”

Ini dia nih fitur yang paling bikin aku pengen cepet-cepet beli. Menurut sumber beberapa artikel, Xiaomi Mi 5S Plus merupakan smartphone pertama yang menggunakan teknologi dual camera “Clear Sight” dari Qualcomm dengan resolusi 13 megapixel untuk kamera belakang dan 4MP ultrapixel untuk kamera depan. Pas banget untuk selfie dengan resolusi tinggi.

Clear Sight dirancang untuk menghasilkan output foto dengan rentang dinamis dan berkualitas lebih baik. Dengan teknologi Clear Sight pada Xiaomi Mi 5S Plus, foto akan terlihat lebih detail dan pengambilan foto pada cahaya remang akan lebih baik dengan meminimalisir noise. Inilah keuntungan dari teknologi dual camera.

Cara kerja dual camera adalah satu kamera menangkap gambar berwarna sedangkan satunya lagi menangkap hanya gambar hitam dan putih. Dengan ini, kamera dapat menangkap lebih banyak cahaya sehingga foto yang dihasilkan akan lebih detail dan noise akan berkurang, terutama pada pencahayaan rendah. Kamera ini dapat menangkap foto hitam putih, berwarna atau kombinasi keduanya sehingga output yang dihasilkan akan semakin maksimal.

Contoh foto yang dihasilkan Xiaomi Mi 5S plus
Contoh foto yang dihasilkan Xiaomi Mi 5S plus

Untuk video, Xiaomi Mi 5S Plus memberikan pilihan video HD dengan resolusi 2160p @ 30fps dan 1080p @ 30fps untuk video standar. Untuk slow motion, ada option 720p @ 120fps untuk hasil slow motion yang halus.

Pas banget dengan kebutuhanku yang sering foto untuk memperkaya feeds Instagram, hunting foto-foto pendukung artikel blog dan membuat video. Tak perlu repot lagi menggantung DSLR ke mana-mana deh nantinya. Ketika ada momen di depan mata langsung dapat diabadikan saat itu juga.

Sebenarnya banyak juga fitur terkini yang disematkan di Xiaomi Mi 5S Plus, seperti layar lega HD 5.7” IPS dengan resolusi 1080P, kapasitas baterai sebesar 3800 mAh dengan teknologi fast charging, OS MIUI 8 dengan Android Marshmallow dan fitur andalannya Dual Space dan Dual Apps.

Tapi buat aku, cukup dengan tiga fitur utama ini, aku milih buat upgrade ke Xiaomi Mi 5S Plus. Sekarang tinggal nunggu saatnya THR tiba, lalu order ke MatahariMall. Yeaay!

In this article

Join the Conversation

7 comments

  1. sri murni Reply

    Ternyata keren ya Xiomi… hehehe dari dulu aku meragukannya karena brand baru…. ternyata mantab juga. Thanks mas Akut ulasannya…

    1. Akut Wibowo Reply

      Sama sama mb Menik…

  2. ahmadisultan Reply

    Dari dulu banyak yang memuji Xiaomi. Terutama hasil fotonya yang terang dan jernih!

  3. Dian Radiata Reply

    Wah dual cameranya keceh niih.. Memori internalnya juga gede. Mantep!

  4. Info Trend Reply

    Boleh juga nih XIAOMI … Thanks infonya

  5. Harahapsoleh Reply

    Aku pengguna xiaomi mi 5″ kalo mau up sayang banget kalo masih mi5, mending ke mi6 lihat reviewnya joss banget, itu hp

    1. Akut Wibowo Reply

      Kalo dari 3S rasanya upgrade ke 5S Plus ini udah wow sekali..
      Wkwkwk