Kenapa Sebagian Blogger Gagal di Tengah Jalan

blogging
26

Tak jarang kita lihat seorang blogger yang mempunyai view blog yang luar biasa dan bisa menghasilkan uang dengan itu. Dan ternyata, yang harus mereka lakukan agar mempunyai pengunjung dan uang, adalah dengan “hanya” menceritakan pengalaman hidup mereka, entah itu travelling, parenting, berita, tips ataupun sebuah tutorial, dan lain sebagainya.

Bagaimana cara memulainya?

Mulailah dengan menjadi diri kita sendiri, jadilah diri kita sendiri yang unik. Selanjutnya adalah, mulai membuat blog sendiri! Dan lanjutkanlah dengan mendokumentasikan hidupmu dan ceritakanlah pengalamanmu di dalamnya.

Apa yang kita lihat, sepertinya mudah sekali untuk memulai sebuah artikel di sebuah blog secara teratur, comot foto sana sini dan mendokumentasikan segalanya. Dengan semua hal yang telah kita lalui di hidup kita, cerita-cerita lucu, kejadian luar biasa, catatan perjalanan dan pengalaman hidup lainnya, kita akan mempunyai daftar panjang yang tak berujung untuk kita ceritakan dan tulis di blog.

Cobaan pun datang

Singkat kata, anggaplah kita sudah memulai menulis dan membuat blog selama beberapa bulan. Tapi, kita menyadari bahwa kita belum mempunyai pengunjung yang stabil (banyak) ataupun menghasilkan satu rupiah pun dari situ. Di sini kita akan menjadi ragu, meragukan diri kita sendiri, berpikir bahwa ternyata kita belum tahu apapun tentang blogging.

Site Stats
Site stats yang bisa membuat kita menitikkan air mata

Dimulai dengan cobaan pageview yang rata rata 20 – 25 views per hari (dan kebanyakan adalah dari keluarga dan teman), tak ada satupun yang meninggalkan komentar, dan lalu kita mulai kehabisan ide dan material untuk ditulis di blog. Pada akhirnya, kita akan menyerah, berpikir kalau blogging bukanlah untuk kita, dan berpikir kalau semua blogger lain yang sukses, mempunyai rahasia atau sesuatu yang special yang kita tidak punya.

“Yang pada akhirnya membuat kita gagal dan berhenti”

Ditambah lagi, blogging adalah aktifitas yang menguras waktu dan kita sangat sibuk dengan dunia nyata. Jadi, ini lah saatnya kita gantung laptop, berhenti blogging dan menulis. Itu yang kita pikirkan pada saat itu.

Berikut ini adalah alasan kenapa sebagian blogger gagal di tengah jalan. Kebanyakan adalah blogger yang baru ataupun sedang memulai. Dan biasanya, hal inilah yang membuat mereka tidak pernah mempunyai semangat lagi dan akhirnya menyerah. Beberapa bagian diambil dari pengalaman pribadi yang disamarkan. Hehehe.

1. Blogging itu tidak mudah! 

Kalau kita mau menjadi seorang serious blogger, kita harus menyadari bahwa “rahasia” atau “sesuatu yang spesial” seorang blogger yang sukses, sebenarnya adalah mereka benar-benar seorang pekerja keras.

Lihatlah blog dan social media mereka

Lihatlah betapa konstannya mereka membuat sebuah konten baru, artikel baru, bahkan video baru untuk dibagi. Plus, lihatlah betapa profesionalnya mereka dalam menyajikan konten. Now, ask yourself, berapa sering kita update blog kita? Berapa banyak menurut kita, jumlah konten yang harus diposting setiap minggu atau setiap bulan? Adakah ditarget?

Untuk social media pendukung seperti Instagram, paling nggak, kita harus posting satu kali sehari dengan beberapa hashtag untuk menambah audience yang melihat postingan kita. Posting konten yang rutin dan berkualitas akan membuat follower kita betah dan selalu menanti apa update kita berikutnya.

Blogging dan Social Media
Blogging dan social media. ilustrasi: ning.com

Tapi bukan berarti juga kita harus jago di semua social media. Kita bisa saja sukses dengan satu YouTube channel atau satu akun Instagram. Ambil satu, fokus di situ dan “lupakan” yang lain. Sudah banyak contohnya, you can name it!

Jadi, untuk menjadi blogger yang sukses, pertama kali yang harus kita terapkan adalah mempunyai mindset yang benar, bahwa blogging itu tidak mudah!

2. Ambil niche blog yang tepat!

“Kesalahan” kedua adalah tidak mengambil niche blog yang spesifik. Kita harus mempunyai niche yang tepat dan mengetahuinya lebih baik sebelum mengetik kata pertama pada sebuah blog dan artikel. Bahkan, kita harus memperhatikan niche pada saat akan membeli domain!

Tentunya kita ga mau berinvestasi hanya dengan nama domain yang bagus, tetapi pada akhirnya tidak sesuai dengan niche yang kita pilih. Akibatnya adalah, ketidaksesuaian topik dengan pembaca yang akan membuat pembaca kita bingung.

Pilih niche yang tepat
Pilih niche yang tepat sesuai passion

Satu hal yang paling penting untuk blogger, pilihlah niche yang membuat kita semangat. Pilihlah sesuatu yang membuat kita terus termotivasi, selalu ada ide dan bersemangat untuk mengerjakannya.

Read More Post
1 of 31

Ilustrasi:

  • Ingat saat sekolah dulu, kita ada banyak PR dan kita selesaikan PR apa dulu yang kita suka, dan meninggalkan mata pelajaran lain yang tidak kita suka untuk dikerjakan belakangan? Sama halnya dengan blogging, kalau kita suka dengan tema blognya, tentunya kita akan bersemangat kan?
  • Contoh lain. Kamu suka makan tapi mau menulis tentang hewan. Sebelum menulis malah udah pusing duluan!

Membuat konten baru seharusnya menjadi sesuatu yang menarik dan menyenangkan. Kita juga bisa mencari referensi lain dan hal hal baru yang berkaitan dengan konten yang kita buat, yang pada akhirnya malah bisa membuat pengetahuan kita bertambah dan tema yang kita bangun menjadi semakin kuat.

Itu semua berawal dari passion.

Passion akan membuat kita lebih mudah melakukan sesuatu, dalam hal ini adalah menulis atau menciptakan konten blog atau social media lainnya. Ditambah lagi, dengan passion dan sentuhan personal ketika kita mulai membuat konten dan tulisan, pembaca blog kita akan melihatnya sebagai nilai tambah positif dan mereka akan merasa lebih dekat dengan kita.

Jadi di point ini, ingatlah untuk memilih niche yang tepat dan mulailah dengan apa yang kita suka!

3. Tidak perlu menghamburkan uang!

Point ini penting untuk kita yang sedang memikirkan dan akan menjadikan blogging sebagai karir di masa depan. Tapi boleh juga dibaca untuk pengetahuan bagi yang menjadikan blogging sebagai hobby.

Tak jarang kita lihat, orang yang menginvestasikan” uangnya untuk memulai sebuah blog dengan cara membayar orang lain. Hal ini tidaklah sepenuhnya salah. Akan tetapi, akan lebih baik bila kita mengerti terlebih dahulu bagaimana “sesuatu” itu bekerja. Kita tidak bisa langsung masuk dalam sebuah permainan dan berharap seseorang melakukannya untuk kita, sebelum kita benar benar tahu apa dasarnya.

Begitu kita tau dasarnya, kita boleh saja menyewa bantuan orang lain atau freelancer.

Contoh:

  • Kalau kita menyewa seseorang untuk menulis sebuah artikel, pastikan seseorang tersebut bisa menggunakan style yang sama dengan artikel yang telah kita tulis sebelumnya. Jangan sampai style yang digunakan berbeda, karena akan membuat blog kita kehilangan identitas.

Faktanya adalah, kita bisa memulai blogging dengan murah, bahkan gratis! Dengan menggunakan blog dari wordpress.com atau blogger.com , kita tidak memerlukan modal apapun selain koneksi internet. Sedangkan minimum investment untuk memulai sebuah blog professional adalah dengan membeli domain dan hosting.

Jadi, untuk point ketiga ini, pastikan kita mulai menggunakan uang dengan bijak setelah kita mengerti dasarnya!

4. Know the basic!

Belajarlah dari dasar, dari bawah. Pastikan kita mengetahui basic dari SEO (Search Engine Optimization). Pelajari apa itu keywords, apa itu LSI keywords dan apa itu long tail keywords. Dan yang paling penting adalah pelajari bagaimana menggunakan mereka dengan benar. Kelihatannya akan merepotkan dan menguras tenaga serta pikiran untuk pertama kali, tapi akan sangat berguna di masa yang akan datang.

SEO
SEO (Search Engine Optimization). ilustrasi: 720digital.co.uk

Tentu saja materinya tidak hanya tentang SEO. Pelajarilah segala hal kecil dan minor lain karena suatu saat hal itu akan menjadi penting. Sesuatu yang sederhana bisa menjadi suatu yang besar. Kesalahan kecil pun bisa menjadi kesalahan yang besar. Jadi, penting untuk mengetahui basic! Banyak kok website yang bisa menjadi rujukan lebih dalam tentang dasar-dasar blogging.

Jadi, sekarang kita sudah tahu tentang bagaimana seseorang bisa jatuh dan terjebak di poin poin di atas yang saya sebutkan. Tapi tentu saja ada solusi untuk permasalahan tersebut. Apakah kita sudah memulai blogging atau baru mau memulai, jangan membuang usaha yang telah kita lakukan. Karena tidak ada yang sia sia, dan kita masih bisa sukses. Ingat itu guys!

Sedikit tips

Sekarang kita tahu, blogging itu memerlukan banyak kerja, menguras tenaga dan pikiran. Dan itu masih bisa diperberat dengan semua pekerjaan yang kita lakukan sendiri. Tapi saya ada sedikit tips yang mungkin terlalu mainstream, tapi boleh lah dishare. Ini dia tips mainstream untuk memudahkan dan memotivasi kita dalam mengerjakan sesuatu.

  1. Mulailah membuat checklist. Tulislah semua hal yang kita ingin lakukan di malam sebelumnya. Setelah itu set prioritas, mana dulu yang akan kita kerjakan. Tips: kerjakan yang membosankan terlebih dahulu! Setelah yang membosankan itu selesai, yang lain akan meluncur dengan mudahnya.
  2. Stay organized! Masih berkaitan dengan checklist, kita harus terbiasa untuk teratur. Mengatur segala sesuatu sesuai dengan skala prioritas dan fungsi akan memudahkan kita untuk mengerjakan sesuatu.
  3. Set target! Target itu penting lho, setelah mempunyai checklist dan segalanya sudah teratur,  tentunya kita harus mempunyai target dong, apa yang ingin kita capai. Misalnya: ah, di tahun 2018 nanti blog saya bisa 10 juta pageview. Aamiin!
  4. Tetap fokus! Jangan mudah terpengaruh. Tetaplah menulis. Ingat target kita, jadikan motivasi dan semangat untuk menulis.
  5. Riset! Selalu mencari tahu tentang sesuatu yang baru, terus belajar.
  6. Bergabunglah dengan komunitas blogger. Baik itu online atau offline. Belajar lah dari mereka, temukan semangatmu, jangan malu. Sering lah blogwalking, commenting, cari artikel lama dan belajar dari senior blogger lainnya.

Secara pribadi, poin no 6 di atas menjadi salah satu penyemangat saya dalam menulis sebulan ini. Yang sebelumnya mati suri, kini beranjak hidup. Ide-ide dan cerita lama yang bercokol lama di ingatan kini mulai muncul dan sedikit demi sedikit menjadi sebuah tulisan. Berbeda dengan Enjoy Batam, di personal blog ini saya menjadi lebih bebas. It feels good to be free! Thanks to Blogger Kepri to keep me motivated!

Jadi, tunggu apa lagi? Start blogging!

- Matched Content -

You might also like
26 Comments
  1. Nurdin says

    saya banget inimah, gagal dan gagal lagi

  2. Tasim says

    Mantap Jiwa, jadi semangat Lagi nih ngeblog nya berkat Artikel ini.

    1. Akut Wibowo says

      Cemumut kaka

  3. Arreza mulyo prabowo says

    keren mas, terima kasih atas motivasi nya, saya jadi tergerak dan pengen coba belajar ngeblog lagi

    thank you

    1. Akut Wibowo says

      Sama sama mas..
      Tulisan ini juga sebagai pengingat dan motivasi untuk diri saya pribadi 🙂

  4. mayang says

    Widiiiih.
    Motivated alsooo sir.
    Ciaaaat. Ciat.. Ciat..

    1. Akut Wibowo says

      Let’s gooo..!

  5. sarah eyie says

    bergabung dengan komunitas blogger memang salah satu cara agar kita tetap semangat menulis..saya pun begitu, kadang rasanya capek utak atik blog kok gak bisa sebagus orang lain menulis dan bisa dapat comment banyak…namun perlahan dan coba blog walking, sedikitnya komunikasi dengan sesama blogger terjalin, dan yang mampir ke blog saya pun skrng bukan hanya orang terdekat , namun dari luar juga.. intinya jangan putus asa dan jangan mengikuti kata hati “malas”

    1. Akut Wibowo says

      Iya mb Sarah, totally agree!

      Bergabung dengan komunitas blogger, kita akan semakin terpacu dan termotivasi untuk terus maju.
      Bisa menjadi media belajar dengan para senior juga. Bahan sharing dan sebagainya.

  6. Ira Novita S says

    Ecciiee ecciiieeee …. Gue gak mau ah, jadi blogger yang gagal di tengah jalan. Di ujung jalan aja ya kan.

    1. Akut Wibowo says

      Jangan lah nak gagal kakak, harus sukses dong..
      Kalopun gagal, bangkit lagi!

  7. Yasanto Lase says

    Wow, Keren ……. Sebuah tulisan yang sangat bermanfaat dan semoga bisa di praktekan oleh seluruh kita para blogger, agar blog yang kita kelola bisa lebih bermanfaat secara pribadi dan secara publik juga, bravo mas bro @Akut Wibowo ,… Jangan lupa kunjungi http://goo.gl/tLoSqU

    1. Akut Wibowo says

      Siapp oom..

  8. muhammat.rasid.ridho says

    Keren , jadi semangat lagi tulis tulis lagi.

    Masalah SEO terkadang untung untung juga.
    Saya sendiri mau nembak keyword tentang pemrograman, tapi malah artikel saya yang lain yang ramai.
    Sepertinya kita harus pakai prinsip “orang mancing”.
    Pasang banyak banyak pancing, makin banyak kesempatan akan di makan umpannya.

    Jadi perbanyak aja artikelnya, siapa tahu salah satu, atau salah banyak akan menjadi alasan ramai pengunjung.
    Tetap semangat.!!!

    1. Akut Wibowo says

      Iya mas, yang penting konsisten dengan apa yang kita kerjakan. Yang lain nanti akan mengikuti.
      Kalo konten diupdate terus secara kontinyu dan konsisten, pasti akan disukai search engine.

  9. Asep Ramdan says

    Sangat memotivasi artikelnya… Terimakasih gan happy blogging.

    1. Akut Wibowo says

      Siapp gan, happy blogging!

  10. Archil Creasi says

    sangat bermanfaat sekali………….semoga tetap semangat menjadi blogger. http://www.archilcreasi.blogspot.co.id

    1. Akut Wibowo says

      Harus semangat gan 🙂

  11. Fauzi says

    Tulisan menarik dan ispiratif…thanks for sharing…semangattt

  12. qisti says

    Kenapa sebagian blogger daftar ad-sense Google ditolak mulu? *blogger galau* *curcol* ? artikelnya bagus mas

    1. Akut Wibowo says

      Hahaha..
      Jadi curcol deh..

      Yang pasti kalo mau daftar adsense jangan buru buru om..
      Nikmatin prosesnya..

  13. Danan Wahyu Sumirat says

    bagus artikelnya , aku awalnya ngeblog juga ngga berniat mau jadi profesional atau apapun tapi menikmati saja proses. tapi akan jauh lebih baik kalo kita udah tahu mau seperti apa blog kita dibawa. beberapa teman blogger mengkonsep blognya sedari awal jadi udah tahu arahnya, segmennya, brandingnya.

    kalau baca poin menghamburkan uang jadi ingat teman. dia pengen banget ngeblog , sebelum ngeblog dimulai memang harus belajar tapi ngga harus pakai uang kan. dia terobsesi lalu beli ebook a, b, dan c karena memang mau bikin blog seo yang duitnya banyak. terakhir sampai bikin blog lalu meng-hire penulis . berguru kesana kemari tapi ngga pernah mencoba belajar sendiri akhirnya terjebak hutang.

    1. Akut Wibowo says

      Proses itu lah yang membentuk diri kita.

      Wah, kalo temen mas Danan yang sampe segitunya itu terobsesi banget ya!
      Kalau terlalu banyak informasi malah cenderung bingung mau memulai dari mana.

  14. Rizal Firdaus says

    Memang Sebagai Blogger tentu harus terus bejalan tanpa rasa penyeselan gan!

    salam 🙂 http://erzetel.com

    1. Akut Wibowo says

      Terus berjalan dan terus berkarya, jadikan kegagalan dan pengalaman masa lalu sebagai perbaikan di masa yang akan datang.

      Salam 🙂

Mari Berdiskusi

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More