Komputer Rakitan

Komputer Rakitan Berkualitas Memiliki Spesifikasi Tersendiri, Ini Tipsnya!

70 2

Dulunya, komputer diciptakan dalam sebuah unit jadi, namun seiring dengan perkembangan yang terjadi, part-part komputer sekarang ini sering ditawarkan ke publik. Orang mengenal ini dengan sebutan komputer rakitan. Meskipun terlihat sangat mudah, tidak semua orang bisa memahami cara melakukan pemilihan spesifikasi komputer yang tepat lho!

Bahkan, tak sedikit juga orang melakukan pemilihan spesifikasi yang salah hingga pada akhirnya memberikan hasil rakitan yang tidak memenuhi standar. Jika bisa digunakan sesuai harapan mungkin tidak masalah, namun bagaimana jika tidak bisa digunakan?

Komputer ini sudah pasti adalah hasil kerja teknisi yang ahli pada bidang komputer. Tetapi kita sebagai seorang pengguna dapat memilih spesifikasi yang lebih sesuai dengan keinginan kita dengan komponen serta kualitas yang kita inginkan. Gampangnya, spesifikasi serta harga komputer dapat kita kendalikan sendiri.

Didalam prosesnya, cara memilih spesifikasi komputer yang tepat bisa menentukan performanya, daya tahan serta harga akhir komputer ketika kita memutuskan untuk merakitnya. Hal pertama yang harus kita pikirkan ialah tujuan dalam perakitan. Apakah komputer ini akan digunakan untuk melakukan pekerjaan kantor untuk gaming. Dengan pemilihan kegunaan komputer, cara pemilihan spesifikasi akan lebih mudah dan cepat.

Baca juga:  Halal bi Halal Punggowo tanggal 7 Agustus 2016 di Temenggung

Sebenarnya, menggunakan komputer ini juga mempunyai resiko saat digunakan. Resiko penggunaan komputer rakitan berkaitan dengan kesesuaian komponen yang dipergunakan. Oleh sebab itu, kita bisa mengikuti tips memilih spesifikasi yang tepat hingga akhirnya kreativitas kita dapat diandalkan serta tidak kalah dengan komputer pabrik.

Memilih spesifikasi yang tepat untuk komputer rakitan

Pertama, cara memilih spesifikasi komputer yang tepat ialah memilih jenis processor yang nantinya akan menjadi otak. Pilih processor yang sesuai dengan kebutuhan kita. Ada begitu banyak processor yang ada di pasaran. Masing-masing dari processor ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Akan lebih baik pilih yang sesuai dengan budget dan kebutuhan kita.

Untuk kebutuhan office, kita bisa memilih processor dual core. Sedangkan untuk kebutuhan multimedia lebih baik menggunakan processor AMD.

Komputer Rakitan Intel Core i7
Komputer Rakitan Intel Core i7

Kedua, sesudah melakukan pemilihan processor, selanjutnya adalah memilih motherboard. Cara pemilihan tahap kedua ini mempunyai hubungan dengan bagian inti yang akan membentengi seluruh komponen yang akan menjadi mesin. Motherboard sering disebut sebagai mainboard.

Pemilihannya harus sesuai dengan socket di bagian prosessornya. Sehingga pemilihan motherboard tidak bisa dilakukan dengan sembarangan, dan harus benar-benar pas dengan jenis processor yang dipakai.

Baca juga:  Zenrooms! Solusi Hemat Traveling dengan Kamar Hotel Murah Berkualitas!
Motherboard pngall.com
Motherboard pngall.com

Ketiga, kapasitas harddisk dan RAM. Harddisk akan menjadi ruang penyimpanan data yang berada di komputer. Seperti halnya pemilihan processor, untuk memilih kapasitas juga harus disesuaikan dengan fungsi utama dari komputer tersebut. Apakah kita akan menggunakan komputer untuk office atau gaming.

Jika untuk keperluan multimedia dan gaming, lebih baik membeli harddisk dengan kapasitas di atas 500 GB. Sedangkan untuk keperluan sederhana kita bisa memilih di bawah 500 GB.

Harddisk seagate (expertreviews.co.uk)
Harddisk seagate (expertreviews.co.uk)

Untuk masalah RAM, untuk kebutuhan office cukup sediakan RAM yang berukuran 2 GB DDR3 1 keping. Dan untuk intel boleh 1 keping. Lain lagi untuk game yang memerlukan RAM lebih besar hingga 8 GB DDR dengan dual channel.

Tips memilih spesifikasi komputer rakitan yang terakhir adalah pemilihan VGA. VGA menjadi hal yang penting di dalam pemilihan spesifikasi. Komponen ini digunakan untuk menampilkan gambar di layar monitor Anda. sebagai tips, semakin bagus kualitas dari kartu ini, akan semakin bagus juga gambar dan kualitas grafis yang akan dihasilkan. Namun, untuk VGA yang semakin bagus, spesifikasi yang bagus akan semakin membebani komputer.

Baca juga:  Tips travelling di Singapura dengan menggunakan Singapore MRT
VGA Card (techpowerup)

Apabila untuk kebutuhan office, penggunaan VGA standard akan cukup dan tidak terlalu membutuhkan spesifikasi khusus. Berbeda dengan keperluan gaming dan multimedia. Karena di jaman sekarang ini, untuk urusan gaming, grafik akan semakin berat yang menuntut penggunaan VGA yang sesuai untuk hasil dan pengalaman gaming maksimal.

Dengan berbagai macam tips di atas, semoga nantinya kita bisa merakit komputer rakitan dengan baik dan sesuai spesifikasi dan kebutuhan.

In this article

Join the Conversation

2 comments

  1. Sri murni Reply

    PC saya di rumah seken dan sudah sesuai dengan kebutuhan. Aku beli baru dan rakitan suka was-was takut cepat rusak. Hehehe… Ternyata kalau kita teliti dan pintar, justru rakitan bisa lebih memuasakan ya..

    1. Akut Wibowo Reply

      Rakitan cocoknya untuk yang suka modifikasi kak. Misal gamers atau yang berkecimpung di dunia multimedia yang memerlukan spek tinggi dan kadang spek khusus daripada yang dijual di pasaran.

      Kalo untuk kita-kita mah, standar pabrikan sebenarnya cukup.