Cara Mudah Membuat Website dari Domainesia! Wujudkan Kreatifitasmu!

Membuat website sendiri dengan Domainesia
0

Saat ini merupakan era digital. Apa yang biasanya dilakukan secara fisik, kini hampir semuanya bisa dilakukan secara abstrak melalui dunia maya, yang kita kenal dengan internet. Apa saja kegiatan dan aktifitas yang saya maksud? Contoh sederhana adalah berbelanja dan berbagi informasi.

Kegiatan berbelanja yang sebelumnya dilakukan dengan mendatangi pusat perbelanjaan, kini bisa dilakukan hanya dengan menyentuh layar smartphone sambil melakukan aktifitas lain. Bahkan, jangkauannya tidak terbatas oleh ruang. Berbagai barang dari seluruh penjuru dunia bisa didapatkan hanya dengan melalui beberapa klik.

Berbagi informasi sekarang sangatlah mudah, tidak terbatas dengan bentuk fisik seperti surat, koran atau buku. Contoh paling umum adalah blog, seperti blog saya ini. Blog adalah sarana berbagi antar pengguna dari seluruh dunia. Topik bisa bermacam-macam tergantung dari pemilik blog. Saling berbagi pengetahuan dan komunikasi menjadi semakin mudah di era digital ini.

Bagaimana dengan kamu?

Saatnya bergabung di era digital ini. Yuk, ciptain kreatifitasmu menjadi nyata! Kamu jago jualan, punya produk? Atau, kamu jago musik? Atau kamu punya jiwa sosial yang tinggi dan ingin membantu orang lain secara luas? Apakah kamu ingin mempromosikan daerahmu dengan potensi wisatanya yang belum ter-explore? Dan lain-lain, dan sebagainya!

Apapun bidang yang kamu tekuni, apapun ide yang terlintas di kepalamu, lepaskan! Realisasikan! Buat websitemu sendiri!

Saatnya mewujudkan itu!

Di sini, melalui artikel ini, saya ingin berbagi tentang cara membuat website dengan mudah dan cepat berdasarkan pengalaman pribadi. Hal-hal non-teknis dan teknis dalam pembuatan website akan saya share di sini, berbagi dari pengalaman saya membangun website sebelum-sebelumnya.

Persiapan non-teknis

Sebelum mulai masuk ke hal teknis, kamu perlu siapin nih, konsep website yang ingin kamu buat akan seperti apa ke depannya. Apakah kamu pengen membuat blog, e-commerce atau sebuah portal informasi? Tentunya ini berkaitan dengan tujuan kamu membuat website, sesuai dengan apa yang saya tulis sebelumnya di atas.

Setelah kamu menentukan jenis website yang ingin kamu bangun, selanjutnya adalah memilih nama domain dan membeli hosting. Saya ada tips sederhana nih, tentang bagaimana memilih domain dan hosting.

Tips:

  • Pilihlah nama domain yang sesuai dengan topik website yang ingin kamu bikin. Misal, kamu ingin membuat website portal informasi dengan topik wisata di daerah kamu. Maka, pilihlah nama domain yang berhubungan dengan wisata. Contoh: wisatabaharianambas.com
  • Hindari menggunakan spesial karakter untuk nama domain. Selain biar mudah diingat, juga bertujuan agar website kita lebih SEO friendly.
  • Pilih hosting yang tepat dan teruji kehandalannya. Utamakan penyedia layanan hosting dalam negeri terlebih dahulu yang menyediakan tim support yang siap membantu kita ketika kita membutuhkan bantuan. Pemilihan hosting yang tepat akan membuat performa website kamu maksimal.
  • Pilih paket hosting yang sesuai dengan website kamu. Misal kamu ingin membuat website e-commerce yang menyertakan banyak foto produk, pilihlah hosting dengan kapasitas yang besar atau bahkan unlimited space.

Saya sudah beberapa kali pindah hosting sebelumnya. Hosting luar negeri dengan nama besar tidak menjamin service-nya bagus dan memuaskan. Bahkan ketika saya ada masalah, tidak ada support yang tersedia, padahal saya membeli paket hosting yang tidak murah. Terakhir kali saya migrasi hosting dari hosting luar negeri ke hosting Indonesia, saya merasa pilihan saya sudah tepat. Dan saya menjatuhkan pilihan saya ke Domainesia,

Sudah beberapa bulan saya menggunakan Domainesia dan tidak ada masalah berarti dan tim support selalu responsif setiap kali saya kontak, walau bertanya singkat sekalipun. Saya tidak sendiri lagi!

Membeli domain dan hosting

Sudah dapat nama domain yang tepat? Saatnya membeli domain dan hosting. Yang saya rekomendasikan di sini adalah Domainesia. Pilih paket hosting yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Berikut ini adalah paket hosting yang ditawarkan di Domainesia.

Paket hosting murah Indonesia
Paket hosting murah Indonesia
Paket hosting bisnis
Paket hosting bisnis

 

Yuk, saatnya membuat website sendiri!

Domainesia Instant Deploy

Read More Post
1 of 10

Sekarang kita masuk ke wilayah teknis. Tapi bisa jadi ini menjadi langkah pertama yang sangat mudah. Kenapa? Karena kita menggunakan Domainesia! Membuat website sendiri dengan Domainesia itu mudah, karena Domainesia mempunyai fitur Instant Deploy.

Domainesia Instant Deploy
Domainesia Instant Deploy

Ini fitur yang saya sukai dan sangat membantu. Instant Deploy adalah salah satu fitur dan layanan dari Domainesia yang memudahkan kita untuk menginstall web apps dengan sekali klik. Apapun jenis website yang ingin kamu buat, apakah itu blog, e-commerce, developer atau forum, semua ada di sini dan bisa kamu buat dengan sekali klik!

Sebagai contoh, saya akan memberikan contoh cara membuat blog dengan Instant Deploy. Saya asumsikan kamu sudah membeli domain dan hosting di Domainesia, sehingga kamu tidak perlu lagi setting nameserver untuk domain kamu.

1. Login ke cPanel melalui namadomain.com/cpanel. Note: ganti namadomain.com dengan domain yang kamu miliki. Masukkan username dan password.

Login cPanel
Login cPanel

2. Di halaman dashboard cPanel, scroll sampai mentok ke bawah dan klik Instant Deploy Apps.

Instant deploy apps
Instant deploy apps

3. Selanjutnya halaman Instant Deploy Apps akan terbuka dan kamu akan disuguhi semua Web Apps yang bisa kamu install dalam sekali klik.

Instant deploy apps interface
Instant deploy apps interface

4. Di sini saya mengambil contoh cara untuk menginstall WordPress. Arahkan kursor ke tile WordPress dan klik Install.

Pilih WordPress - Install
Pilih WordPress – Install

5. Selanjutnya, kamu tinggal mengisi informasi yang diminta, dan klik Install di akhir halaman.

Informasi standar yang harus diisi adalah nama domain, nama dan deskripsi website, username, password dan email. Lain-lain bisa kamu tinggalkan sesuai dengan standarnya. Apabila sudah yakin, klik Install. Masukkan email apabila ingin diberi notifikasi apabila sudah selesai install (optional).

Install WP first step
Install WP first step
Install WP last step
Install WP last step

Proses ini hanya memakan waktu tidak sampai 2 menit, dan website kamu bisa langsung online! Langkah selanjutnya adalah dengan login ke dashboard WordPress kamu dan lanjutkan kreasi websitemu.

Gimana, mudah banget kan? Selain proses instalasi yang cepat dengan menggunakan Instant Deploy Apps, Domainesia juga mempunyai server yang handal dengan uptime guarantee 99.9% dan customer service yang siap membantu.

Fitur lain yang bisa kamu nikmati di Domainesia adalah adanya fitur gratis SSL yang akan membuat website kamu semakin aman. Selain itu, Domainesia sudah menggunakan Enterprise Grade SSD (Solid State Drive) yang terkenal handal dan memiliki kinerja yang lebih baik dari hard drive konvensional. Serta fitur backup harian ke cloud memberikan jaminan keamanan website.

Fitur Domainesia
Fitur Domainesia

Yuk, wujudkan kreatifitasmu dengan membuat websitemu sendiri dengan Domainesia!

- Matched Content -

You might also like

Mari Berdiskusi

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More