Mengatasi Tampilan Homepage yang Berantakan Setelah Ganti Theme

Ketika kita sudah memutuskan untuk mengganti theme pada WordPress, tentunya kita harus siap dengan waktu yang harus dikerahkan untuk membangun kembali blog yang awalnya sudah berjalan, terutama untuk tampilannya. Karena pastinya, ketika kita mengganti WordPress theme, tidak semua yang sudah kita setting pada theme sebelumnya akan compatible atau sesuai dengan theme baru.

Artinya? Kita harus melakukan setting ulang, dari awal.

Sekarang ini, hampir semua theme, terutama theme premium memiliki pilihan untuk meng-import semua setting berdasarkan demo yang mereka tawarkan.

Hal tersebut memudahkan kita untuk melakukan setting. Namun masih ada setting manual yang perlu dilakukan, terutama apabila theme yang kita beli tidak ada pilihan untuk melakukan semuanya secara otomatis.

Salah satu yang mengganggu adalah ukuran thumbnail yang tidak sesuai.

Ukuran thumbnail yang tidak sesuai akan mengganggu tampilan terutama pada homepage. Homepage adalah tampilan utama dari blog kita. Jadi misalkan dari tampilan awal saja sudah berantakan, akan terasa sangat mengganggu.

Ini adalah satu dari yang selalu saya alami ketika mengganti theme. Baru-baru ini saya sedang banyak aktifitas untuk mengganti theme pada blog WordPress saya satu per satu. Saya beralih ke theme yang dijual oleh My Theme Shop yang ringan, simpel dan harganya murah meriah.

Namun memang tidak ada setting untuk me-regenerate thumbnail untuk foto-foto yang sudah ada di artikel sebelumnya, sehingga tampilan homepage saya pun berantakan seperti di bawah ini.

Thumbnail tidak beraturan pada homepage

Thumbnail tidak beraturan pada homepage

Yup, solusinya mudah saja. Kita tinggal menggunakan ukuran thumbnail yang sesuai dengan kebutuhan theme. Untuk post baru tidak akan menjadi masalah karena theme akan melakukan tugasnya untuk cropping dan membuat thumbnail.

Lalu, bagaimana untuk blog yang sudah memiliki ratusan artikel dengan ratusan foto?

Gunakan plugin!

Beruntung kita menggunakan WordPress self-hosted yang memungkinkan kita untuk menyesuaikan blog sesuai dengan kebutuhan kita.

Saya pribadi menyarankan untuk menggunaan AJAX Thumbnail Rebuild. Plugin ini memungkinkan untuk membangun kembali thumbnail yang sesuai dengan theme yang kita gunakan. Dengan sekali klik, thumbnail akan disesuaikan. Contohnya seperti ini.

Rebuild thumbnail menggunakan AJAX Thumbnail Rebuild

Rebuild thumbnail menggunakan AJAX Thumbnail Rebuild

Plugin AJAX Thumbnail Rebuild ini juga memungkinkan untuk memilih thumbnail mana saja yang akan dibangun kembali. Selanjutnya tinggal menunggu proses rebuild thumbnail selesai. Usahakan untuk tidak menutup browser.

Hasilnya? Homepage menjadi rapi kembali, seperti ini.

Setelah menggunakan plugin Ajax Thumbnail Rebuild

Setelah menggunakan plugin Ajax Thumbnail Rebuild

Show Comments

No Responses Yet

Mari Berdiskusi