Mengganti Baterai iPhone 5 Karena Mengakibatkan LCD Terangkat

Memaksa sesuatu melebihi kapasitasnya memang tidak pernah berujung baik. Begitu juga dengan smartphone. Walaupun berlabel telepon pintar, tetaplah memiliki batas dan kapasitas. Kali ini, iPhone satu-satunya punya saya jadi korban keganasan pemiliknya. Karena terlalu sering dipakai sembari menancapkan powerbank terus menerus, akhirnya baterainya hamil dan mengakibatkan posisi LCD iPhone 5 terangkat.

Sejatinya, ketika baterai sudah mulai lemah, di saat itulah smartphone diistirahatkan sambil diisi ulang kembali dayanya, tanpa sambil digunakan. Ketika smartphone diisi daya sambil digunakan, akan mengakibatkan panas berlebih dan berefek negatif, terutama pada baterai. Apalagi kalau dipakai ambil foto dan video seperti yang sering saya lakukan.

iPhone saya, walaupun sudah memakai case tebal, panasnya masih terasa di tangan bahkan merembet sampai LCD hingga terasa panas di jempol ketika menyentuh layar. Tapi saya tetap cuek aja, pakai terus. Soalnya memang sedang butuh. Hasilnya? Ya itu tadi, LCD iPhone 5 terangkat karena baterainya menggembung.

Lalu solusinya gimana?

Satu-satunya cara ya harus ganti baterai. Melihat beberapa tutorial di internet tentang mengganti baterai iPhone 5 yang ternyata sangat gampang, saya memutuskan untuk menggantinya sendiri. Bahkan, di salah satu video, mengganti baterai iPhone 5 hanya memerlukan waktu 2 menit, dengan catatan menggunakan proper tools.

Step by step mengganti baterai iPhone 5

Dengan peralatan sederhana dan seadanya, saya pun mulai proses mengganti baterai iPhone 5 saya. Soalnya LCD terangkat bikin ngga nyaman. Takutnya makin lama makin gembung lalu LCD-nya patah, malah tekor.

  1. Beli baterainya. Kalo di Batam, cari aja di Jodoh.
  2. Siapkan tools berupa obeng bintang 5 dan 4, suction (di sini saya pakai suction boneka hiasan jendela), sudu plastik pipih dan tempat buat nyimpan screw nantinya, karena screw-nya kecil banget.

    Siapkan tools dan baterai untuk mengganti baterai iPhone 5

    Siapkan tools dan baterai

  3. Buka dua screw yang terletak di bagian bawah body dengan obeng bintang 5.

    Buka dua screw bagian bawah

    Buka dua screw bagian bawah

  4. Tempelkan suction di atas LCD bagian bawah, tarik ke atas pelan-pelan untuk melepas LCD mulai dari bagian bawah. Gunakan sudu plastik pipih untuk membantu melepas LCD. Ketika sudah hampir mencapai bagian atas LCD, stop jangan ditarik karena ada flexi LCD yang nempel ke main board. Tak perlu dilepas.
    Tempelkan suction dengan posisi agak ke bawah

    Tempelkan suction dengan posisi agak ke bawah

    Angkat LCD-nya pelan-pelan

    Angkat LCD-nya pelan-pelan

  5. Sambil memegang LCD, lepaskan tiga screw yang menahan flexi baterai menggunakan obeng bintang 4.

    Buka 3 screw di lokasi ini

    Buka 3 screw di lokasi ini

  6. Angkat pelan-pelan flexi dan konektor baterai, lalu cabut baterainya.

    Angkat flexi baterai perlahan

    Angkat flexi baterai perlahan

  7. Install baterai baru, lalu pasang lagi apa yang telah dibongkar sebelumnya.

    Install baterai baru

    Install baterai baru

Karena tools-nya seada-adanya, saya memakan waktu hampir 10 menit untuk mengganti baterai iPhone 5 saya. Dengan digantinya baterai ini, masalah LCD iPhone 5 terangkat sudah teratasi dan kembali rata sebagaimana mestinya.

Show Comments

5 Comments

  1. sri murni 21/06/2017
    • Akut Wibowo 22/06/2017
  2. Danan Wahyu Sumirat 16/06/2017
  3. Annisakih 15/06/2017

Mari Berdiskusi