26

Mengurus Kartu BPJS Kesehatan Itu Tidak Ribet, Berikut Cara Mudahnya!

Meski sudah disosialisasikan sejak tahun 2014, hingga kini masih banyak masyarakat yang awam dan belum mendaftarkan diri sebagai peserta layanan BPJS Kesehatan. Ada banyak faktor yang menyebabkan masyarakat belum mendaftarkan dirinya. Salah satunya adalah karena susahnya cara mendaftar kartu BPJS. Padahal, mengurus kartu BPJS tidak sesusah yang dibayangkan lho.

Sebelum mendaftar, pastikan kamu telah menyiapkan hal-hal berikut ini terlebih dahulu ya. Yang pertama adalah siapkan kartu identitas kamu yang masih berlaku.

Jangan lupa juga untuk menyiapkan kartu keluarga, buku nikah (jika kamu telah menikah), fotokopi buku tabungan kamu, dan juga pas foto ukuran 3×4 sebanyak 2 lembar saja.

Setelah menyiapkan semuanya, kamu bisa memilih dua cara untuk daftar BPJS Kesehatan kamu. Kamu bisa mendaftar langsung di kantor BPJS terdekat, atau bisa juga daftar online melalui website resmi BPJS.

Daftar BPJS Kesehatan di Kantor BPJS terdekat

Setelah menyiapkan persyaratan yang sudah kami sebutkan di atas, kamu bisa datang ke kantor BPJS Kesehatan terdekat dengan membawa persyaratan tersebut. Di sana kamu akan disodorkan lembar formulir pengajuan yang harus kamu isi. Pastikan untuk membaca ulang formulir kamu, karena sedikit kesalahan pengisian saja bisa jadi akan menghambat kamu ke depannya.

BPJS Kesehatan

BPJS Kesehatan. sumber:sinarharapan.net

Setelah menyerahkan formulir tersebut ke petugas, kamu akan mendapatkan virtual account untuk melakukan pembayaran dan silakan membayar di Bank yank telah ditunjuk. Kemudian setelah melakukan pembayaran, kamu harus kembali lagi ke kantor BPJS untuk menyerahkan bukti transfer dan menunggu kartu kamu selesai dicetak.

Tips: Datanglah lebih pagi sebelum kantor BPJS buka untuk menghindari antrian pendaftaran yang terkadang mengular dan menguras waktu kamu.

Daftar BPJS Kesehatan Online

Daftar BPJS Kesehatan Online

Daftar BPJS Kesehatan Online

Sebenarnya prosedurnya hampir sama seperti daftar BPJS Kesehatan di kantor BPJS. Kamu hanya perlu membuka website resmi untuk daftar BPJS Kesehatan kemudian kamu akan disuguhi syarat dan ketentuannya. Silakan dibaca dan dipahami terlebih dahulu sebelum kamu klik pendaftaran. Selanjutnya kamu hanya tinggal mengisi formulir pendaftaran, pastikan juga kamu telah mengisinya dengan benar.

Setelah selesai dengan segala pengisian formulir tadi, buka email kamu untuk mengecek email notifikasi nomor registrasi kamu. Kamu tinggal mencetak nomor virtual account yang ada dalam email tersebut dan membawanya ke Bank yang ditunjuk. Setelah melakukan pembayaran, silakan cek lagi email kamu dan kartu BPJS kamu sudah langsung aktif dan bisa digunakan. Kamu bisa mencetak sendiri kartu BPJS kamu atau pergi ke kantor BPJS terdekat jika merasa kesulitan.

Setelah sukses terdaftar, kamu tak perlu bingung lagi dengan cara membayar iuran per-bulannya. Karena kini Traveloka juga melayani pembayaran BPJS Kesehatan. Kamu bisa membayarnya dengan membuka Traveloka via web ataupun mengunduh aplikasi Traveloka di ponsel kamu. Mudah bukan? Yuk, kita sukseskan program pemerintah ini dengan segera mendaftar BPJS.

Show Comments

No Responses Yet

Mari Berdiskusi

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.