12 Tempat Untuk Menikmati Pemandangan Singapore dari Batam (1)

Panoramic View Singapore
9

Menikmati pemandangan Singapore dari Batam sudah menjadi hiburan tersendiri untuk masyarakat kota Batam pada khususnya. Kalo ngomongin soal Batam, tentunya tak luput dari pembicaraan seputar kota negara sebelah, Singapore! Karena Batam memang sangat dekat dengan Singapore, hanya 45 menit perjalanan laut, kita sudah melintas antar negara.

Saking dekatnya, Singapore bisa dilihat sangat jelas dari Batam, terutama Batam bagian utara, seperti, Sekupang, Batu Ampar dan Nongsa. Dan di daerah itulah tersebar juga tempat tempat wisata, atau sekedar tempat makan yang “menjual” view atau pemandangan kota Singapore.

Buat teman teman sekalian yang penasaran, gimana sih Singapore itu, tapi belom sempet ke sana, mungkin bisa mengunjungi spot-spot berikut ini di Batam. Yah, sekedar untuk memuaskan mata melihat Singapore dari jauh, sebelum berangkat ke sana.

Kali ini akan saya coba deh, kupas satu satu tempat strategis di Batam yang menyuguhkan pemandangan kota Singapura. Artikel saya tentang Menikmati Pemandangan Singapore dari Batam ini akan saya bagi menjadi tiga bagian, sesuai dengan daerahnya.

Berikut ini adalah lanjutan untuk part 2 dan 3.

Tempat-tempat strategis untuk menikmati pemandangan Singapore dari Batam

KTM Resort

Ombak Bar
Menikmati pemandangan Singapore dari Batam di Ombak Bar, KTM Resort

KTM resort berada di ujung daerah Sekupang, dekat dengan Zoo FM dan Batam FM yang terletak di atas bukit. Untuk menuju ke sini, jalan aja ke arah Sekupang International Ferry Terminal, lalu belok kanan tepat sebelum pintu gerbang masuk ke terminal ferry. Lurus terus ngikutin jalan, agak naik turun bukit juga nantinya, sampai ketemu pintu masuk ke KTM resort. Sekarang jalannya udah bagus dan mulus.

Begitu masuk ke resort, nanti pasti ditanya security tuh, mau ke mana. Nah, kalo memang ga mau stay di resort, bilang aja mau ke restoran atau Ombak Bar, tempatnya asyik kok. Dan ga terlalu ngehabisin banyak duit juga yaa.

Di sini bakal nampak jelas pemandangan kota Singapore, tepat di Marina Bay, icon populer Singapore. Recommended ke sini sore menjelang malam, karena bakal nampak jelas kerlap kerlip hebohnya Singapore.

D’ Blue One Pub

De Blue One Pub Batam - Sekarang Ku Be La Cafe
De Blue One Pub Batam – Sekarang Ku Be La Cafe

Nah, tempat ini dulunya sebuah pub, tapi menurut karyawan yang masih ada di sana, yang punya melarikan diri ke luar negeri, jadi seakan akan tempat ini udah terlantar. Dan sekarang menjelma menjadi Ku Be La Cafe. Soal kepemilikan saya ga terlalu tahu ya, soalnya ga nanya lebih jauh. Maklum, bukan wartawan bro, ngobrol sikit je.

Tempatnya tepat di sebelah KTM resort, belok kanan aja setelah ketemu pintu masuk KTM. Lewat jalan ini udah mulai bergelombang nih, tapi masih aman dan lumayan nyaman kok.

Masuk ke areal ini dikenakan pungutan 20 ribu rupiah sekali masuk. Ga tau juga apakah ini resmi atau bukan, tapi segitu lah kami ditarik sama security yang jaga. Karena memang tempat ini bukan cuma cafe, tapi ada juga areal pantai yang ga seperti pantai. Loh?

Read More Post
1 of 9

Sedikit review tempatnya, tempatnya asik, tenang, dan lumayan teduh di beberapa spot. Singapore akan nampak lebih jelas dan terang dari sini, karena letaknya lebih tinggi dibandingkan dengan KTM resort.

Selain di cafe-nya, kita juga bisa turun ke bawah ke areal pantai. Bukan seperti pantai pada umumnya dengan pasir yang langsung laut. Justru areal pantai ini sudah terlindung oleh pagar beton. Di sini asyik buat nongkrong sambil nunggu sunset, it’s quite romantic too.

Pantai Tanjung Pinggir Sekupang

Pantai Tanjung Pinggir
Menikmati pemandangan Singapore dari Batam di Pantai Tanjung Pinggir

Nah, ini baru beneran pantai. Pantai tanjung pinggir sekupang, letaknya lurus dikit setelah Ku Be La cafe. Ongkos masuk sepertinya 10 ribu kalo belum ada perubahan.

Areal pantai lumayan bersih dan luas. Rame pas weekend aja. Pantai ini merupakan salah satu dari sangat sedikit pantai yang berada di area kota Batam.

Kalo pemandangan Singapore sih sama aja soalnya sebelahan sama De Blue One pub.

Pulau Sambu Batam

Menikmati pemandangan Singapore dari Batam di Pulau Sambu Batam
Menikmati pemandangan Singapore dari Batam di Pulau Sambu Batam

Terus terang saya belum pernah ke pulau Sambu, jadi saya mengutip dari tulisan lain.

  • Sumber: travel.kompas.com

Tidak sulit berkunjung ke Pulau Sambu yang terletak “sepelemparan batu” dari negara Singapura. Dari Kota Batam, Anda bisa menuju Pelabuhan Sekupang lalu bisa memilih pelabuhan rakyat dengan membeli tiket sebesar Rp 10.000 untuk tujuan Pulau Sambu.

Sekitar 20 menit Anda menaiki pompong sejenis perahu yang bermesin menuju Pulau Sambu yang menjadi salah satu pulau yang memasok minyak bumi terbesar yang ada di Kepulauan Riau.

Puncak Bukit Menuju ke KTM Resort

Kalo bukit ini justru malah sebelum KTM resort. Kenapa saya taruh di urutan terakhir? Alasannya sih, karena ini khusus untuk yang very low budget. Heheh.

Tepat di titik tertinggi di perbukitan menuju KTM resort, ada warung kecil di pinggir jalan yang menyediakan tempat untuk sekedar nongkrong dan duduk. Yah, sederhana tapi lumayan asik, dan murah meriah pastinya.

Pemandangan ga kalah dengan 3 tempat di atas, malah ada tambahan pemandangan lagi, yaitu fabrication yard. Heheh. Lumayan liat orang kerja fabrikasi. Iseng banget sih!

- Matched Content -

You might also like
9 Comments
  1. Mirwan Choky says

    Walaupun saya anak Riau, tapi sangat disayangkan, belum pernah sampai ke Batam.

    1. Akut Wibowo says

      Kapan kapan mampir bang 🙂

  2. sarah eyie says

    Aaah jadi rindu suasana angker sambu…hahhah sunyi senyap…namun punya view yang luaaarr biasa

    1. Akut Wibowo says

      pengen banget ke sana nih, tapi masih nunggu krucils gedean sikit. biar bisa jalan rame-rame.

  3. caramembuatemail.org says

    Baru tahu kalau dari batam bisa lihat singapura,,,

    1. Akut Wibowo says

      Serius kak? Padahal di peta sudah terlihat jelas kalo Batam dekat banget dengan Singapura..
      Hehe

  4. webwisata.com says

    Kalo sore dan agak berawan, Gedung di Singapore akan nampak siluet kalo dilihat dari Batam. Keren..

  5. Doli says

    Ternyata gak harus jauh-jauh ke singapore, cukup ke batam udah lebih dari cukup haha

    Salam kenal mas! mampir ke blog aku ya
    http://dolinafatitela.blogspot.co.id/

    1. Akut Wibowo says

      Kalo cuma liat udah cukup mas 😀
      Kalo mau datang ke sana pun cepat kok, 40 menit aja sampe..

Mari Berdiskusi

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More