1
10

Merencanakan Liburan secara Hemat dan Efisien Waktu

Teringat beberapa tahun lalu pergi berlibur ke Jogjakarta bersama pacar (sekarang istri) dan sahabat saya ke Jogjakarta. Rasanya seperti baru kemarin, padahal sudah 5 tahun lalu, tepatnya pada tahun 2012 silam.

Kala itu, tak semuanya kami persiapkan secara detail. Hanya tiket keberangkatan pesawatlah yang kami persiapkan. Sisanya, seperti tempat menginap, destinasi dan tiket kembali ke Batam, rencananya akan dilakukan secara spontan. Maklum, masih bersemangat. Apalagi bisa dibilang Jogjakarta masih satu daerah dengan tempat saya besar di Semarang.

Rasanya ingin kembali ke Jogja dan melakukan perjalanan kembali. Tapi tentu tidak dengan cara ‘sembarangan’ seperti waktu dulu. Keadaan sudah berbeda. Kini anggota keluarga saya sudah 3 orang, dengan sepasang anak yang masih imut dan sedang aktif-aktifnya. Semuanya harus dipersiapkan secara matang.

Semenjak kelahiran anak pertama kami pada tahun 2014, kami memutuskan untuk tidak melakukan perjalanan jauh untuk liburan, dengan pertimbangan usia anak yang masih terlalu kecil. Ditambah lagi dengan hadirnya anak kedua kami pada tahun 2015. Namun sepertinya masa menunggu itu telah usai. Tahun depan, sudah saatnya memulai kembali hobi kami yang ‘tertunda’, traveling.

Parangtritis beberapa tahun lalu

Parangtritis beberapa tahun lalu

Walaupun tak sepenuhnya tertunda karena hampir setiap liburan, kami menyempatkan untuk traveling di sekitar Batam, seperti Bintan dan Singapura. Tahun 2018, saatnya liburan agak jauh sedikit. Pilihan jatuh ke Jogjakarta, sekalian pulang kampung ke Kudus. Ahay!

Merencanakan liburan

Mengatur perjalanan dengan dua balita harus direncanakan dengan baik. Tiga hal utama yang harus diperhatikan adalah akomodasi, transportasi dan destinasi. Beruntung, di jaman sekarang ini, semuanya bisa direncanakan dari ujung jari. Bulan Desember ini, saya mulai merencakanan liburan ke Jogjakarta bersama keluarga saya.

Tiket pesawat adalah hal pertama yang terlintas ketika akan melakukan perjalanan. Karena dari tanggal keberangkatan pesawatlah, perjalanan dimulai. Dan sudah menjadi ritual wajib untuk mencari harga tiket pesawat termurah agar biaya perjalanan bisa ditekan semaksimal mungkin (baca: ngirit).

Beruntung, banyak sekali website online ticketing saat ini yang juga menawarkan berbagai promo menarik. Perburuan pun dimulai. Seperti biasa, beberapa tab saya buka sekaligus untuk melihat dan membandingkan semua harga tiket pesawat di tanggal yang saya inginkan. Mencari yang termurah.

Proses ini cukup memakan waktu, pikir saya. Lalu belum lagi cek harga hotel, browsing destinasi dan menyusun itinerary. Wow! Much things to do, man! Need to figure out another solution. Fast!

Sewaktu membuka website favorit saya untuk melakukan pencarian dan pembelian tiket pesawat, saya menemukan sesuatu yang menarik. Yup, ternyata kini Traveloka sudah menyediakan pemesanan tiket pesawat dan hotel dalam satu paket. Dan mata saya langsung tertuju pada paket wisata ke Jogjakarta yang sudah disediakan oleh Traveloka.

And surprise! They also giving us travel advise and even itinerary plan ideas! Well, my travel plan just gets much easier this time. All in one page.

Paket Wisata ke Jogjakarta

Jadi tak cuma bisa pesan tiket pesawat dan hotel dalam satu paket. Di paket pesawat hotel traveloka, kita bisa dapetin informasi tentang destinasi liburan kita. Contoh untuk Jogjakarta, ada informasi sekilas tentang Jogja, mode transportasi populer termasuk jadwal dan rentang harga, aktivitas yang bisa dilakukan, tempat-tempat menarik yang harus dikunjungi dan bahkan ide tour.

Tapi tak sreg rasanya kalau tak membandingkan dengan harga reguler ketika kita melakukan pemesanan tiket pesawat dan hotel secara terpisah dengan ketika memesan paket pesawat hotel dari Traveloka. Jadi saya pun mencoba melakukan pemesanan, dan ternyata setelah dihitung-hitung, pemesanan secara paket lebih hemat daripada melakukan booking secara terpisah!

Well, ternyata terbukti juga bahwa pesan paket tiket+hotel lebih murah dibandingkan dengan melakukan pemesanan secara terpisah. Bahkan tanpa kode promo sama sekali.

Destinasi

Selesai dengan urusan transportasi dan akomodasi, sekarang saatnya menyusun itinerary dan destinasi liburan. Dan sekali lagi, Traveloka memudahkan urusan ini. Ada beberapa contoh ide tour ke Jogja yang bisa menjadi rujukan, termasuk mode transportasi yang bisa digunakan dan tips-tips singkat lainnya, seperti screenshot dibawah ini.

Ide itinerary

Namun, destinasi wajib untuk perjalanan kami selanjutnya masih dalam ranah destinasi wisata mainstream dan ramah dengan anak-anak seperti Malioboro, Keraton, dan Alun-alun Jogja. Tak lupa, istri saya sangat suka dengan gunung dan persawahan, karena tidak ada di Batam. Jadi next trip, saya akan mengajak dia ke Merapi Volcano Trip, tentunya dengan anak-anak yang saya yakin mereka akan sangat antusias.

Tak sabar rasanya mengajak liburan bersama keluarga kecil saya tahun depan.

Menikmati pemandangan sawah dan gunung

Menikmati pemandangan sawah dan gunung

Kesimpulan

Dari sini, saya bisa menarik beberapa kesimpulan tentang paket tiket hotel yang ditawarkan oleh Traveloka, sebagai berikut:

  1. Mudah dan efisien. Jelas, ketika kita memerlukan tiket pesawat dan booking hotel dalam satu perjalanan, paket ini akan sangat membantu. Bener-bener efisien waktu, semua disediakan dan dilakukan di satu tempat.
  2. Lebih murah ketika dibandingkan dengan memesan secara terpisah. Tanpa mengecek kode promo untuk mendapatkan diskon.
  3. Informatif. Tak cuma memberikan kemudahan pembelian paket, Traveloka juga memberikan bonus lain yang sangat penting, yaitu: informasi.

Dan pastinya sudah tahu dong kalau proses pembayaran di Traveloka itu ngga ribet? Berbagai macam metode pembayaran tersedia disana.

Mau mencoba kemudahan merencanakan liburan dengan paket tiket pesawat dan hotel dari Traveloka? I have experience this, how about you?

Show Comments

2 Comments

  1. Asad 03/01/2018

Mari Berdiskusi

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.