Ngeblog Asyik dengan Menggunakan Top Domain Level .net/.com

Ngeblog Asyik dengan Menggunakan Top Domain Level .net/.com
17

Menulis adalah visualisasi pemikiran dan kreatifitas dalam bentuk kata-kata. Imajinasi yang kita ciptakan dalam ruang imajiner abstrak pikiran kita, berubah wujud menjadi sebuah goresan tangan dan ketukan keyboard. Menjadi sebuah tulisan yang akhirnya menginspirasi dan mempengaruhi orang lain, memberi manfaat untuk menjadi lebih baik.

Ngeblog, merupakan salah satu hasil visualisasi dari imajinasi, yang disampaikan melalui tarian jemari di keyboard dan dibagikan tanpa batas dalam dunia maya bernama internet. Terhubung dengan milyaran komputer dan smartphone yang terkoneksi dengan penggunanya, yaitu orang-orang di belahan bumi yang lain. Blogger adalah orang dibalik aktifitas ngeblog. Blogger ada bermacam-macam, sesuai dengan hobi dan keahlian masing-masing.  Semua berjalan sesuai koridor masing-masing, namun selalu selaras sejalan.

Lalu, bagaimana seorang blogger bisa menjadi lebih menonjol dibandingkan blogger lain?

Tak beda layaknya sebuah produk, seorang blogger juga harus mempunyai karakter dan personal branding yang kuat. Selain kepiawaian seorang blogger dalam menulis untuk memberikan kesan karakter yang kuat, personal branding juga menjadi salah satu penentu bagaimana seorang blogger bisa lebih menonjol dan sukses dibandingkan dengan blogger lain.

Dunia blog adalah dunia yang luas. Branding yang khas dan unik akan membuat kita mudah ditemukan di jagat internet yang luas. Ibarat sebuah nama, branding menjadi sebuah identitas di dunia maya. Menggunakan top domain level .net/.com menjadi salah satu faktor untuk memperkuat branding sebuah blog atau website.

Kenapa menggunakan top domain level .net/.com?

Ada beberapa alasan kenapa menggunakan top domain level .net/.com menjadi pilihan banyak blogger, terutama oleh para blogger profesional. Dotcom dan dotnet memang bukan merupakan layanan yang gratis, namun sangat direkomendasikan untuk alasan yang memang lebih baik. Selain itu, dua top level domain ini merupakan domain yang paling banyak dipakai di dunia.

Pada kuarter kedua tahun 2016 ini saja, sudah ada total 143.2 juta registrasi domain baru untuk .com dan .net. Ada peningkatan sekitar 7.3 persen dari sebelumnya.

Infographic jumlah dotcom dotnet kuarter kedua 2016
Infographic jumlah dotcom dotnet kuarter kedua 2016

Kita tentu tidak asing dengan 2 platform blog terbesar di dunia, yaitu Blogspot dan WordPress. Mereka menyediakan layanan blog gratis untuk semua orang, namun alamat blog yang digunakan merupakan subdomain dari kedua platform tersebut, seperti namablog.blogspot.com dan namablog.wordpress.com.

Pertanyaannya adalah, apakah dengan menggunakan subdomain tersebut terlihat profesional dan menarik?

Jawabnya bisa iya dan tidak. Namun seiring berjalannya waktu, seorang blogger yang awalnya menggunakan subdomain gratis Blogspot dan WordPress, akan menggunakan top domain level .net/.com sebagai identitas baru mereka, walau masih menggunakan platform blog yang sama. Alasan utamanya adalah untuk memperkuat personal branding.

Selain personal branding, domain dengan extension .com dan .net akan memperkuat commercial branding bagi pemilik situs jual beli online, pemilik usaha bahkan perusahaan. Tuh kan, branding itu penting!

Beberapa manfaat lain menggunakan top domain level .net/.com selain untuk memperkuat branding bisa kamu lihat melalui infografik berikut ini.

Infographic keunggulan menggunakan top domain level .net/.com
Infographic keunggulan menggunakan top domain level .net/.com
Read More Post
1 of 10

Pengalaman menggunakan top domain level .net/.com

Selain blog ini, saya mempunyai beberapa blog dan microniche site yang menggunakan top domain level .net/.com dan self-hosting. Dotnet menjadi pilihan kedua saya ketika domain yang saya inginkan tidak tersedia dengan extension .com. Selain itu, saya tidak pernah menggunakan hosting gratis untuk blog yang saya punya untuk performa blog yang maksimal.

Namun, pengalaman menarik justru saya dapatkan dengan blog ini, akutwibowo.com. Berbeda dengan microniche site yang saya ciptakan untuk menambah penghasilan melalui AdSense secara pasif, di blog ini, saya merasa lebih aktif dan hidup. Saya berinteraksi dengan banyak orang, dengan sesama blogger, berbagi pengetahuan dan cerita, serta mendapatkan penghasilan melalui aktifitas yang saya suka, yaitu menulis.

Bisa dibilang saya termasuk blogger baru yang rajin menulis. Setelah bertahun-tahun hanya berkecimpung dan sibuk dengan AdSense, saya seakan menemukan rumah baru, dimana saya bisa mengekspresikan apa yang saya rasa melalui tulisan. Saya mulai membuat blog ini dan register menggunakan top level domain akutwibowo.com pada bulan Mei 2016.

Melalui blog inilah saya bertemu dengan teman-teman Blogger Kepri, lalu bertemu dengan Komunitas Batam Foodies. Saya mem-branding diri dengan nama saya sendiri, sehingga orang-orang di dunia maya dan dunia nyata mengenal saya sebagai orang yang sama. Itulah manfaat pertama yang bisa saya ambil dari menggunakan top level domain.

Setelah beberapa bulan ngeblog, popularitas blog saya mulai mengalami peningkatan. Alexa rank naik hingga angka ratusan ribu di dunia dan peringkat puluhan ribu di Indonesia, yang menurut saya cukup wah untuk ukuran blog baru. Domain Authority sekarang menginjak angka 16, lumayan untuk blog berumur hampir 6 bulan. Seiring meningkatnya peringkat blog, job pun mulai berdatangan.

Mengembangkan bakat menulis, menjalin silaturahmi, memperluas jaringan sekaligus mendapat penghasilan. Ngeblog itu asyik kan? Yuk, mulai ngeblog!

Buat kamu yang masih memakai subdomain gratis, saatnya beralih dan menggunakan top domain level .net/.com. Buat kamu yang baru akan membuat blog atau website, apapun jenisnya, saya rekomendasikan untuk langsung menggunakan top domain level .net/.com.

Lalu, bagaimana cara mendapatkan domain .com atau .net?

Domain dotcom dan dotnet bisa didapatkan dengan membeli dan mendaftarkan domain di salah satu website penyedia jasa domain atau disebut dengan registrar. Prosesnya tidak lama karena domain .com dan .net tidak memerlukan peryaratan khusus untuk mendaftarkannya.

Salah satu registrar yang sedang gencar mengkampanyekan pentingnya memiliki domain .com dan .net di Indonesia adalah DotComForMe. Registrar yang satu ini menyadari betapa pentingnya untuk memiliki top level domain untuk netizen. Sekarang ini DotComForMe sedang memberikan promo luar biasa untuk mengkampanyekan kepemilikan domain dotcom bagi netizen.

Promo domain plus hosting di DotComForMe
Promo domain plus hosting di DotComForMe

Nah, mumpung lagi promo gila-gilaan nih! Yuk buruan buat website dengan domain dotcom kamu sendiri! Klik gambar di atas untuk dapetin promonya! Kapan lagi kan dapet blog sekaligus domain .com seharga 150ribu?!

Untuk kamu yang sudah punya blog dengan subdomain gratis dan pengen punya domain .com atau .net. DotComForMe juga menyediakan jasa pembelian domain baru dengan harga paling murah! Coba cek di bawah ini. Baik domain baru atau perpanjang domain, keduanya hanya 100ribu rupiah. Ini merupakan harga paling murah dalam pengalaman saya, kecuali kalau sedang ada promo.

Harga domain di dotcomforme
Harga domain di dotcomforme

Jadi, apa yang kamu tunggu? Yuk ciptain blogmu dan bikin branding-mu kuat dengan domain .com dan .net!

- Matched Content -

You might also like
17 Comments
  1. Firmahn says

    menggunakan nama pribadi + .com serasa bertambah kadar kegantengan. hehehe 😀

    1. Akut Wibowo says

      Hahaha.. bisa aja om

  2. Ira Duniabiza says

    Wah suhu adsense… ambil tiker buat nyimak dan belajar. Ngeblog emang lebih asik ya mas… bisa nambah pertemanan dan lintas kawasan…

    1. Akut Wibowo says

      Wadoh, jauh dari kara suhu mb. 😀

      Sekarang terus terang malah ngga terlalu melulu di Adsense. Karena ngeblog tanpa “kekangan” itu lebih hidup!

  3. Eza Hazairin says

    Okeh nih pembahasannya..apa yang saya bahas di blog jadi gak ada apa2nya kalo masnya bahasnua kaya gini..bahan pelajaran deh..

    Bisa ketemu link blog yg cihuy

    1. Akut Wibowo says

      bagus juga pun mas.. hihihi..

  4. Asad says

    awalnya dulu berfikiran bikin .com itu mahal dan ternyata sangat terjangkau yah buat setahun loh itu setahun, terus kalo dah pake .com gitu serasa profesional dan lebih pede nulis hahahaha. Info sangat menarik ini mas

  5. Rina says

    Lebih professional aja kesannya, dan keren haha

    1. Akut Wibowo says

      Exactly what I thought! Ini manfaat yang langsung bisa dirasakan 🙂

  6. Kang Mas Sugiarto says

    Tulisannya mas Akut makin lama makin renyah untuk di konsumsi ya…
    keren

    1. Akut Wibowo says

      Wah, makasih ya..
      Tapi sepertinya masih perlu ngunyah kamus, biar kosakatanya makin banyak..
      Hehe

  7. sarah eyie says

    semenjak pake .com memang lbih semangat nulis, mungkin karena pengaruh berbayar kali ya…jadi kalo disia siakan kosong gitu aja tuh blog. rasanya sayang.., dan pastinya aku gak minder lagi kalo ditanyain blog kamu apa ??? 🙂

    1. Akut Wibowo says

      Motivasi bisa datang dari mana aja sih kk.
      Jadi asyik kan kalo pake dotcom 😀

  8. Dian Radiata says

    Bener banget mas Akut.. Aku ngerasain sendiri sih, banyak banget keuntungan setelah pake TLD. Rasanya jadi lebih PD kalo ada yang nanya alamat blog, hehehe….

    1. Akut Wibowo says

      Like a pro! Eh.. tapi mb Dian memang udah pro 😀

  9. Roy Vandi Tambunan says

    Nice info sangat bermanfaat

    1. Akut Wibowo says

      thank you om Roy!

Mari Berdiskusi

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More