Malam Mingguan di P3 Live Seafood, Batam Center

Salah satu alasan saya betah di Batam adalah karena makanannya, terutama seafood. Berbagai olahan masakan laut segar tersebar di berbagai sudut kota Batam, mulai dari kelong di pinggir pantai hingga restoran berkelas di tengah kota. Dijamin tak akan bosan memburu seafood di Batam!

Baru-baru ini, ada tempat makan seafood baru di Batam Center, namanya adalah P3 Live Seafood.

Ada alasan kenapa namanya P3. Bukan karena nama salah satu partai, tapi ternyata P3 adalah singkatan dari Pasar Pasir Putih, sesuai dengan tempat di mana live seafood ini berada.

Pasar Pasir Putih sendiri merupakan sebuah pasar dengan pujasera di salah satu bagiannya.

Sedangkan live seafood maksudnya adalah kita makan ikannya hidup-hidup semua bahan masakan yang akan diolah, sebelumnya masih dalam keadaan hidup. Nah, terkadang kita juga mendengar ada istilah fresh seafood kan? Bedanya dengan live seafood, untuk fresh seafood semua bahan masakan dimasukkan ke dalam lemari pendingin dan diperbarui setiap harinya.

Mungkin temen-temen di Batam sudah tahu di mana Pasir Putih berada, namun sebagian lagi mungkin kurang begitu familiar dengan nama Pasar Pasir Putih. Well, jujur saja saya pun pada awalnya kurang ngeh letaknya secara persis, tapi berkat papan petunjuk yang jelas, tempat ini tak sulit untuk ditemukan.

Pasar Pasir Putih & P3 Live Seafood

Pasar Pasir Putih

Pasar Pasir Putih

Pasar Pasir Putih memang sedikit tersembunyi karena letaknya di belakang ruko-ruko yang berderet di sepanjang jalan masuk menuju ke Ocarina. Dari bundaran pintu masuk ke Ocarina, sekitar 100 meter sebelah kiri akan terlihat papan petunjuk ke Pasar Pasir Putih, belok saja ke kiri.

Masuk dari pintu gerbang, akan langsung terlihat penampakan pujasera Pasar Pasir Putih. Nah, P3 Live Seafood terletak tepat di sudut pujasera. Tak sulit untuk ditemukan.

Layaknya pujasera, berbagai stall makanan ada di sini dengan sajian masakannya masing-masing. Pujasera ini buka mulai dari pagi hingga malam hari. Kebanyakan stall makanan di sini, terutama yang bagian dalam, hanya buka waktu pagi hingga siang hari.

Nah, kalau P3 Live Seafood, buka mulai dari jam 5 sore hingga malam hari sekitar jam 12 malam. Jadi buat kalian para karyawan teladan yang baru saja pulang shift sore lalu tiba-tiba ngidam seafood, langsung aja cuss ke sini. Kalo bisa ajak-ajak aja, email dan nomor telepon saya ada di bawah tulisan ini.

Jadi malam minggu lalu, kami ngumpul lah ya kan di sini atas rekomendasi koko terkece se-Batam dia sendiri yang klaim. Koko ini masih satu marga dengan saya, namanya Aji Wibowo, founder Batam-Dine yang suka bagi-bagi voucher makan setiap Jum’at di akun Instagram-nya, @batamdine. Dan saya ngga pernah menang.

Jam 7 tepat, saya dan istri sudah sampai di pujasera Pasar Pasir Putih dan mengambil tempat di bagian dalam pujasera demi mendapatkan lighting yang maksimal. Karena sebenernya, acara makan bareng dengan teman-teman blogger, instagrammer dan youtuber komposisinya adalah 80% ambil foto dan video sambil ngobrol, lalu sisanya baru makan. Dan masakannya udah dingin.

Parade kepiting, udang, ikan dan ayam

Santap malam

Santap malam

Makan seafood itu tak lengkap kalo ngga ada kepiting. Bagai tanpa sayur tanpa garam. Yup, tanpa sayur tanpa garam, karena saya tak suka sayur. Skip, garing, gak lucu. Baper.

Kita sengaja ngga pesan apa-apa malam itu kecuali minum. Untuk urusan pesan makan, biarlah ko Aji yang menentukan sesuai dengan yang beliau rekomendasikan. Dengan syarat, ada kepiting. Dan inilah yang kita pesan malam itu beserta price list-nya.

  1. Kepiting saus pedas (1 kg) – Rp 250.000,00
  2. Ayam obat – Rp 150.000,00 / porsi
  3. Ikan bawal saus mangga (6 ons) – Rp 132.000,00
  4. Udang nestum – Rp 75.000,00 / porsi
  5. Baby kailan – RP 30.000 / porsi
  6. Kangkung terasi – Rp 30.000 / porsi

Sampai di sini, mungkin di antara kalian yang membaca ini pasti bertanya-tanya soal Ayam Obat. Honestly, saya juga baru pertama kali dengar menu ini. Dan ternyata harganya juga lumayan mahal lho. Kita bahas dulu deh menu yang satu ini.

Ayam obat

Menu di P3 Live Seafood

Menu di P3 Live Seafood

Jadi ceritanya, Ayam Obat ini adalah olahan ayam yang dimasak dengan ramuan obat herbal atau rempah-rempah tradisional China. Ayam yang digunakan dalam masakan ini adalah jenis ayam kampung. Kombinasi antara ramuan herbal tradisional dengan ayam kampung inilah yang membuat harganya lebih tinggi.

Sesuai dengan namanya, Ayam Obat memang mempunyai khasiat lebih selain mengenyangkan. Ayam Obat dapat memulihkan stamina tubuh, meminimalisir resiko penyakit pegal linu, encok, lemah syahwat (siapa nih? ngaku!), mudah lelah, vertigo serta membantu penyembuhan pasca operasi dan sakit berat lainnya.

Aji sendiri bercerita kalau pasca melahirkan kemarin (istrinya), suka mengkonsumsi Ayam Obat ini, dan cukup membantu.

Kepiting saus pedas

Kepiting saus pedas

Kepiting saus pedas

Tentu saja, kepiting saus pedas menjadi incaran utama saya. Digeserlah piring itu mendekat ya kan, biar enak follow up-nya. Syalala~~~

Kepiting segar yang baru saja diolah dengan saus pedas disiram di atasnya sungguh menggoda. Baunya…… Hemm, sedap! Di balik cangkangnya yang lumayan keras, tersembunyi daging tebal yang lembut. Bumbunya meresap sampai ke dalam. Memang yang enak-enak ini butuh perjuangan.

Ikan bawal saus mangga

Nah ini, kombinasi ikan bawal yang lembut dengan saus mangga manis yang menggoda lidah. Menu satu ini juga jadi favorit malam itu. Terbukti, belum sampai 5 menit, sudah tinggal tulang dan kuah. Jadi tak banyak yang bisa diceritakan dari menu ini, selain sausnya yang bikin iler banjir.

Udang nestum

Udang nestum

Udang nestum

Well, well, well. Juara malam minggu lalu adalah Udang nestum! Udang goreng renyah berukuran besar berlumur dosa oatmeal ini memang benar-benar sedap!

Nah, Nestum sendiri adalah sebuah sereal yang merupakan salah satu produk dari Nestle. Tapi kabarnya, tidak dijual bebas di supermarket di Indonesia. Dan untungnya, Singapura hanya selemparan sendal jepit dari Batam! Tapi kalau benar-benar mau beli, ketik keyword “beli nestum” di Google.

Rasa oatmeal yang manis dan milky berpadu dengan udang goreng yang renyah dan lembut benar-benar memanjakan lidah. Sensasi rasa yang sempurna! Sedapp! Ini jadi salah satu menu rekomendasi dari saya ketika kamu ingin berkunjung ke P3 Live Seafood. HARUS COBA!

Oh iya, buat teman-teman muslim, di pujasera ini memang banyak stall-stall makanan. Di antara stall-stall tersebut ada yang non-halal. Namun jangan khawatir, karena ada label halal di setiap stall yang menyajikan masakan halal, salah satunya adalah di P3 Live Seafood.

P3 Live Seafood

P3 Live Seafood

P3 Live Seafood

  • Alamat: Pasar Pasir Putih, Batam Center
  • Delivery/reservasi: 0812-7792-1988
  • Waktu buka: setiap hari, jam 17.00 – 24.00
  • IG: @p3liveseafood

Show Comments

No Responses Yet

Mari Berdiskusi