View Pantai Vio Vio Batam

Refreshing Sejenak di Pantai Vio Vio Batam, Pantai Cantik di Galang

2195 0

Pantai Vio Vio Batam merupakan pantai yang baru saja dibuka di Batam, tepatnya di pulau Galang, Barelang. Sepengetahuan saya sih, baru dibuka beberapa bulan lalu. Beberapa teman sudah pernah ada yang ke sana dan dari cerita mereka sepertinya menarik, jadi saya menunggu waktu yang tepat sekalian berlibur bersama keluarga. Seneng banget jadi nambah satu lagi tempat alternatif liburan di Batam.

Pantai ini terletak di Pulau Galang, sekitar 50 – 60 km lah dari Pulau Batam, dan bisa ditempuh sekitar 1 jam kurang lebih dengan mengendarai mobil. Jalan jalan ke Barelang ini selalu nyenengin buat saya. Kenapa? Karena masih sepi, jauh dari hiruk pikuk dan keramaian. Walaupun kalo di musim liburan pasti rame juga sih, tapi ga se-crowded kalo di Batam Kota.

Pantai Vio Vio masih bertetangga dengan Pantai Mirota dan Pantai Melur, 2 pantai yang lebih dulu eksis di Batam, dan masih jadi favorit. Sayangnya, kalo pantai Melur sekarang sepertinya sudah diprivatisasi (?), karena waktu terakhir kali ke sana, sudah dipagar dan ga boleh masuk. Hanya tersisa sepetak pantai sempit di sebelahnya. Saya belum tau juga statusnya gimana sampai sekarang, ga cari informasi juga sih.

Kalo dari jembatan 5, sekitar 3 km, nanti ada petunjuk jalan di sebelah kanan untuk masuk ke areal pantai. Cukup besar kok papan namanya, jadi ga akan kelewat deh.

Baca juga:  12 Tempat Untuk Menikmati Pemandangan Singapore dari Batam (1)

Jalan masuk ke Pantai Vio Vio Batam

Wah, ternyata untuk masuk ke pantai ini lumayan menantang juga. Ga dibutuhkan keahlian khusus sih, cuma harus extra hati hati aja. Kenapa? Karena jalannya masih tanah! Sudah ga kaget sih sebetulnya, karena ini Batam wak! Di mana mana masih banyak pembangunan, termasuk di sini. Bahkan pantai Mirota dulu pun jalan masuknya masih tanah. Cuma seiring dengan berjalannya waktu (dan pemasukan), maka improvement pun akan dilakukan, pasti!

Jalan tanah menuju ke pantai vio vio batam
Jalan tanah menuju ke pantai vio vio batam

Yang paling perlu diperhatikan dan perlu lebih kewaspadaan di jalan masuk menuju pantai ini adalah kecuraman bukitnya. Dari pengamatan saya, bukit ini slope-nya curam sekali, sekitar 45- 50 derajat kemiringannya. Ditambah dengan medan jalan yang tanah berbatu, sedikit berbahaya dan butuh konsentrasi lebih, plus kondisi kendaraan yang prima. Please stay safe and focus!

Turunan curam
Turunan curam di pantai vio vio Batam yang mencapai 45 – 50 derajat kemiringan

Tepat di atas bukit, kita akan langsung disuguhi view yang amazing. Hamparan laut biru dengan garis pantai putih bersih, melesat memanjakan mata, tak lupa ucapkan syukur kepada Allah SWT. Beberapa pengunjung tidak melewatkan kesempatan ini untuk berfoto ria.

View dari atas bukit
View dari atas bukit

Ditambah lagi dengan adanya papan nama “Selamat datang di Pantai Vio Vio Batam” di sana, sehingga banyak juga pengunjung yang berhenti dan menyempatkan diri untuk berfoto. Terutama yang sudah keranjingan selfie, bahkan bisa antri lho untuk foto di situ. Amazing sekali kan?

Baca juga:  Snorkeling ke Pulau Abang yang Mempesona
Papan selamat datang di Pantai Vio Vio Batam
Papan selamat datang di Pantai Vio Vio Batam

Fasilitas Pantai

Wah, ternyata di sini fasilitasnya udah lumayan lengkap lho. Dan nilai plusnya, semua tertata apik, rapi dan bersih. Tempat parkir luas dan diatur oleh beberapa petugas, jadi parkirnya pun teratur dan tertata. Tepat di depan areal parkir ada kantin, dan di sebelah kanan kantin terdapat kamar mandi dan toilet.

Kantin di pantai Vio Vio Batam
Kantin di pantai Vio Vio Batam

Masuk ke areal pantai, berjejer pondok pondok kecil yang bisa disewa melalui petugas di kantin depan tadi. Ada juga tempat berteduh dan kursi kursi yang memang disediakan untuk pengunjung. Very well.

View dari Kantin
View dari Kantin

Waktu itu, di sekitar pantai juga masih nampak beberapa orang yang bekerja membangun jalan dan beberapa pondok. Nampaknya mereka masih dalam tahap development. Semoga ke depannya, pantai berlabel “Pantai Cantik” ini akan semakin cantik!

Satu hal yang membuat saya tertarik di sini adalah adanya mangrove tepat di samping kanan dari pantai. Mereka juga sedang membangun seawalk di sekitar mangrove. Pada waktu itu jalurnya masih pendek, mudah-mudahan dalam waktu dekat akan segera rampung dan bisa dinikmati.

Pantainya sendiri bersih dan luas, dengan pasir putih yang lembut. Cuma satu minusnya, saya datang kepagian, jadi air masih surut waktu itu. Jalan sampai cape ke tengah pun masih segitu segitu aja. Jadinya saya nunggu dulu sampai air laut agak meninggi. Sambil menunggu, saya pun berkeliling.

Baca juga:  Sekilas Sejarah tentang Masjid Sultan Singapura

 

Tepat di bibir pantai ada semacam panggung yang dibangun di sebuah pohon. Nah, ini tempat pasti jadi tempat favorit para pasukan selfie, dijamin! Saya pun menyempatkan juga naik ke atas dan sekedar duduk-duduk bersama anak saya. Di sini juga ada ayunan yang dibangun mirip dengan Ombak Sunset Swing di Gili Trawangan. Ini lah yang sering di-share di internet dan instagram.

Ga terlalu mirip juga sih sebenernya, tapi saya rasa bagus juga. Dengan adanya fasilitas ini, orang akan tertarik untuk datang ke sini. Orang selalu tertarik dengan hal baru, bukan?

It was a good day for all of us. Pantai yang bagus, nyaman dan bersih, plus fasilitas yang
memadai, membuat liburan jadi lebih menyenangkan. Mari sama sama kita jaga lingkungan, mulai dengan membuang sampah pada tempatnya. Pada akhirnya, kita juga yang menikmati, bukan?

In this article

Join the Conversation