Pengalaman Mengganti Nama di Paypal

Pengalaman Mengganti Nama di Paypal, Bagaimana Prosedurnya?

873 17

Sekian lama menggunakan Paypal, saya tidak pernah mengira nama yang saya pakai sewaktu mendaftar Paypal pada tahun 2008 menjadi sedikit masalah di waktu ini yang mengharuskan saya untuk mengganti nama di Paypal. Akun Paypal saya biasanya saya pakai ketika berbelanja online di eBay atau Gearbest, atau sekedar beli WordPress theme.

Namun, akhir-akhir ini saya pakai untuk menerima pembayaran dari luar negeri untuk tamu yang akan snorkeling di Batam, menggunakan jasa private tour Batam atau trip ke Anambas. Masalah muncul ketika saya mau withdraw uang yang mengharuskan saya untuk mengganti nama di Paypal karena tidak sesuai dengan nama di akun bank saya.

Pada waktu mendaftar beberapa tahun lalu, saya hanya memakai dua nama depan saya, yaitu Akut Wibowo. Sudah menjadi kebiasaan seperti itu. Namun, kebijakan Paypal mengharuskan kesesuaian nama dengan akun bank penerima. Itu artinya saya harus mengubah nama di Paypal dengan nama lengkap saya, yaitu Akut Wibowo Tri Kristi.

Baca juga:  Portal Kerja Batam, Aplikasi Android Pertama yang Kubuat

Mengubah nama di Paypal tidak semudah mengubah nama di akun social media. Di Paypal, diperlukan scan dokumen resmi dan alasan yang tepat untuk mengganti nama di Paypal. Setelah membaca semua peryaratan tentang mengganti nama di Paypal di help center, saya berkesimpulan bahwa mengubah nama di Paypal itu tidak sulit selama syarat dipenuhi dengan benar.

Lalu, apa saja yang perlu dipersiapkan?

Persyaratan mengganti nama di Paypal

Syarat utama untuk mengubah nama di Paypal adalah bukti identitas diri, terlepas dari apapun alasan mengubah nama. Selain bukti identitas, sertakan juga bukti pendukung supaya proses penggantian nama berjalan lancar dan cepat.

Siapkan scan dokumen berikut ini.

  1. KTP/SIM/Paspor.
  2. Buku nikah, bagi yang mengubah nama karena pernikahan, misalnya penambahan nama belakang.
  3. Bukti pendukung, seperti salinan tagihan listrik dan air atau tagihan kartu kredit selama 6 bulan terakhir atas nama sendiri. Catatan: alamat yang tertera harus sama dengan alamat yang terdaftar di Paypal.

Pastikan semua dokumen di-scan dengan resolusi yang bagus dan terbaca sempurna. Sebelum upload ke Paypal, rename semua dokumen dengan nama yang sesuai.

Baca juga:  [Video] Deconstructed Noodle, Dirangkai Dulu, Baru Makan!

Syarat udah siap, lalu bagaimana caranya?

Prosedur

Setelah semua syarat siap, sekarang saatnya untuk request penggantian nama melalui menu dashboard Paypal. Berikut ini adalah step by step mengganti nama di Paypal.

  1. Login ke akun Paypal. Klik icon gear di top bar sebelah kanan untuk menuju ke pengaturan.Klik Setting (icon gear di top bar sebelah kanan)
  2. Klik edit tepat di samping tahun join.Klik edit
  3. Pilih Update Your Name (pilihan kedua)Klik update your name
  4. Pilih option kedua apabila penggantian nama biasa. Option pertama untuk yang mengganti nama karena pernikahan dan yang ketiga untuk bisnis. Pilih option kedua
  5. Di halaman yang terbuka, pilih NOPilih no
  6. Selanjutnya akan terbuka halaman yang meminta kita untuk melengkapi persyaratan. Klik upload file kalau semua sudah dipersiapkan. Siapkan scan dokumen
  7. Nah, di halaman berikutnya, upload file yang sudah dipersiapkan tadi. Ganti type sesuai dengan dokumen yang di-upload. Berikan keterangan di kolom Description. Lalu klik attach fileUpload semua dokumen
  8. Ulangi lagi untuk dokumen kedua. Lalu save.

Stop. Selanjutnya kita hanya tinggal menunggu konfirmasi dari Paypal selama 3-5 hari kerja.

Baca juga:  Kenapa Sebagian Blogger Gagal di Tengah Jalan
Sukses mengganti nama di Paypal account
Sukses mengganti nama di Paypal account

Pengalaman saya mengganti nama di Paypal, hanya dalam waktu dua hari saja nama saya sudah berubah. Kendala yang saya alami adalah, di saat pertama kali submit request, saya hanya melampirkan scan KTP dan ditolak dengan catatan diminta untuk menambah dokumen tagihan listrik atau kartu kredit selama 6 bulan terakhir.

Setelah submit dokumen tambahan tersebut, dua hari kemudian nama saya sudah berhasil di-update dari Akut Wibowo ke Akut Wibowo Tri Kristi, sesuai dengan nama akun bank saya. Pemberitahuan akan diberitahukan melalui email dan message center Paypal. Sekarang saya bisa menambahkan akun bank lokal di akun Paypal saya dengan aman tanpa potongan fee karena ketidaksesuaian nama.

In this article

Join the Conversation

17 comments

  1. zeikha Reply

    mas apa langsung dapet email/pemberitahuan pas ganti nama atw harus nunggu 2-4hari ? , saya dah coba 1 hari gak dapet email/pemberitahuan

    1. Akut Wibowo Reply

      Kalo ngga salah inget sepertinya ada notifikasi email.

  2. reisha Reply

    mas, ingin bertanya. Saya ingin mengganti nama paypal saya. Sudah mengupload dokumen tapi stuck setelah mengklick “kirim dikumen anda”. tidak ada keterang dokumen tersebut sudah terkirim atau belum. apakah memang seperti itu atau ada yang salah ?

    mohon bantuannya, terima kasih.

    1. Akut Wibowo Reply

      Udah lupa pula saya mas, tapi kalo ngga salah harusnya ada semacam notifikasi. Kalo udah beberapa hari tidak ada email dari Paypal tentang berhasil atau tidaknya ganti nama, bisa ulangi lagi mas.

      karena respon dari Paypal lumayan cepat kok. Nah kalo ngga ada respond berarti ada yang salah dengan proses upload.

  3. otong Reply

    thansk gan sangat membantu saya mau ganti nama soalnya

  4. Danan Wahyu Sumirat Reply

    sekarang paypal verifikasi ketat ya? aku dulu bikin paypal nggak ada verifikasi apa2. Lama2 kok dimintain scanan ID card dan rekening buku tabungan.

    Mungkin takut dipake alat untuk mencuci uang ya? Padahal apa iya kalau isinya cuma beberapa puluh dollar aja

    1. Akut Wibowo Reply

      Mungkin ada pemain besar yang kaya gitu kali mas.

  5. Yulia Marza Reply

    Baru tau yang kayak ginian..gaptek kali saya ya. TFS mas Akut.

  6. ahmadi sultan Reply

    Untunglah sejak awal nama paypal saya udah sesuai nama lengkap 🙂

  7. Roy Vandi Tambunan Reply

    ada cara untuk buka blokir nya paypal tidak ya.

    1. Akut Wibowo Reply

      Ngga tau juga sih Roy, emang kenapa Paypalnya, kok bisa keblokir?

  8. harahapsoleh Reply

    masuk noted siapa tahu suatu saat pengen buat akun paypal

  9. Annisa Rizki Sakih Reply

    catat dulu kalau suatu hari butuh membuat paypa harus sesuai nama di KTPl. TFS mas Akut

  10. sarah eyie Reply

    naah artinya utk kedepan, mendaftar sebuah account, memang lebih aman menggunakan nama sesuai ktp kali ya… apalagi kalo account tsb memang digunakan utk jangka panjang dan menghasilkan money..money..

    1. Akut Wibowo Reply

      betul sekali kaka..

  11. sri murni Reply

    RUARRR BIASA! BTW makasih banget ni Om Akut infonya… paypall ku da gak pernah kepakai da beberapa tahun… hwhwhwhw…. jadi pengin ngecek masih aktif atau gak ya?

    1. Akut Wibowo Reply

      Tenang aja mb menik, ngga ada masa tenggang..
      Hehe