Ngadem di Pantai Tegar Putri

Piknik Ngadem ke Pantai Tegar Putri, Galang Baru, Batam

48 0

Batam, selain terkenal sebagai kota seribu ruko, rasanya pantas juga menyandang gelar kota seribu pantai. Tak habis-habisnya pantai baru dieksplore dan diperkenalkan di dunia pariwisata Batam. Batam memang mempunyai daerah dengan beberapa pulau dibawah otoritasnya yang otomatis mempunyai banyak potensi wisata bahari. Salah satu pantai yang tergolong baru di Batam adalah Pantai Tegar Putri yang terletak di Galang Baru.

Saya tahu pantai ini berawal dari informasi salah seorang teman saya, sebut saja Bang Jack, yang mempunyai usaha snorkeling trip ke Pulau Abang. Pada waktu itu, Pantai Tegar Putri masih tahap perkenalan dan sedang gencar dipromosikan. Kebetulan pula, salah satu pengelola Pantai Tegar Putri ini masih ada hubungan saudara dengannya.

Makin hari, Pantai Tegar Putri makin hits, terutama di Instagram. Pantai berpasir putihnya yang teduh dengan berjejernya pohon besar yang rindang membuat pantai ini makin diminati. Ditambah lagi memang tempatnya Instagrammable banget. Makin penasaran, saya pun berkunjung ke sana beberapa waktu lalu, sekitar bulan April.

Baca juga:  [Part 1] Rame-rame Nyebur Bareng dan Snorkeling Seru ke Pulau Abang

Bagaimana menuju ke Pantai Tegar Putri

Pantai Tegar Putri terletak di gugusan pulau paling ujung dari pulau-pulau yang dihubungkan oleh enam rangkaian jembatan yang dikenal dengan Jembatan Barelang. Pulau Galang Baru namanya. Nah, kalo Pantai Vio-Vio, letaknya di Pulau Galang, setelah jembatan 5. Dari Pantai Vio-Vio, masih membutuhkan perjalanan sekitar 20 menit.

Pintu masuk ke Pantai Tegar Putri terletak sekitar 5 kilometer dari jembatan 6. Ikutin saja jalan hingga kamu menemui tower kembar. Tak jauh dari tower kembar itu, kamu akan temui spanduk besar di kiri jalan sebagai petunjuk jalan masuk ke pantai. Kalau kamu pernah ikut snorkeling trip dengan Galang Bahari, pintu masuknya tidak jauh dari pelabuhan PT PARI, hanya sekitar beberapa ratus meter saja.

Papan petunjuk menuju Pantai Tegar Putri
Papan petunjuk menuju Pantai Tegar Putri

Di luar perkiraan, ternyata jalan masuk ke pantai cukup jauh! Jalanan masih tanah hingga menembus rawa. Namun tanah sudah padat dan aman untuk dilalui. Kamu juga akan melewati beberapa bukit dengan tanjakan yang lumayan yahud. Nah, kalo sempat, berfoto di puncak bukit kece juga lho! Kalo sama mah ngga akan sempat, krucils pada ngga sabar main air!

Baca juga:  [Part 2] Mengeksplore Keindahan Bawah Laut Perairan Pulau Abang Kecil

Butuh waktu yang lama untuk menuju ke sini. Tapi percayalah, kamu tidak akan kecewa.

Pantai yang bersih dan adem

Kesan pertama begitu sampai di Pantai Tegar Putri adalah: adem! Yup, pantai ini adem banget. Pohon besar di mana-mana. Bentangan pantai berpasir putihnya juga menggoda mata. Akomodasi lumayan lengkap dengan adanya warung, toilet dan tempat bilas. Tak ketinggalan gazebo di beberapa spot yang bisa disewa.

Dari pintu masuk
Dari pintu masuk
Gazebo yang bisa disewa
Gazebo yang bisa disewa

Untuk masuk ke pantai ini, akan dikenakan biaya sebesar 10 ribu per orang. Dan untuk sewa gazebo sebesar 50 ribu per gazebo. Yang asyik, parkir bisa hampir mepet ke pantai jadi dan teduh di bawah pohon, jadi misal bawa banyak barang, tak perlu jauh bolak-balik.

Air lautnya masih bersih, namun ada beberapa spot yang berbatu karang tajam. Pantainya tergolong landai dan sangat bagus apabila kondisi pasang. Apabila surut, untuk berenang kita harus berjalan sampai ke tengah. Oh iya, untuk saran, yang bawa anak-anak, bawalah ke bagian tengah dari garis Pantai Tegar Putri, karena di bagian itulah yang tidak ada karangnya.

Instagrammable
Instagrammable

Saking ademnya, tidur di pantai ini sampe ngga kerasa. Anak-anak pun asik-asik aja main di pinggir pantai atau sekedar berendam di laut. Belum pada bisa berenang. Ya iyalah masih 3 dan 1.5 tahun. Hihihi.

Butuh peta?

In this article

Join the Conversation