Lowongan Kerja Batam oleh Portal Kerja Batam

Portal Kerja Batam, Aplikasi Android Pertama yang Kubuat

156 0

Lama sekali sejak update blog ini terakhir kali. Hampir lupa kalo ada blog personal. Bahahaha. Padahal sebenernya banyak bahan yang mau ditulis. Tapi konsentrasi lagi pecah ke beberapa hal. Salah satu hal yang lagi difokuskan adalah blog dan aplikasi Android Portal Kerja Batam. Sesuai judulnya bisa ditebak bahwa blog satu ini berisi tentang informasi lowongan kerja di Batam.

Awal membangun blog ini adalah karena iseng dan penasaran dengan salah seorang teman kerja yang juga mempunyai blog dengan niche serupa, yaitu tentang lowongan kerja. Yang menarik adalah, blognya dimonetasi dengan Adsense dengan hasil yang lumayan bikin ngiler. Dari sinilah, Portal Kerja Batam lahir dan online terhitung tanggal 30 Juni 2017.

Dari awalnya ragu tentang niche lowongan kerja yang konon rendah nilai kliknya, saya pun mencoba membuktikan. Ngga ada salahnya.

Repotnya niche loker

Salah satu kelemahan blog dengan niche blog adalah, postingan yang cepat expired. Expired dalam arti lowongannya sudah ditutup, dan kita harus selalu update SETIAP HARI. Teman saya, update loker minimal 10 lowongan pekerjaan di dua blognya, satu lowongan kerja Batam dan satu lowongan kerja nasional. Mau tau traffic-nya? 15 ribu pageviews per hari untuk satu blognya! Ya pantes aja nilai Adsense-nya melejit.

Kenapa saya tau? Karena dia pernah nebeng di akun Adsense saya yang akhirnya dia beli. Note: akun Adsense saya ada 2 dulunya.

Baca juga:  Cara Withdraw Uang dari Paypal ke Rekening Bank Lokal

Saya pun mengikuti arus. Sampai dengan detik saya menulis ini, cuma 2 hari saya full absen. Minimal 2 posting job per hari pasti nongol di Portal Kerja Batam. Makanya blog ini dan Enjoy Batam juga sampe ngga keurus beberapa saat.

Poin kedua adalah trust, atau kepercayaan. Lowongan kerja bisa jadi sangat sensitif apabila ternyata lowongan tersebut adalah tidak benar, salah info atau udah expired. Makanya, saya pun harus jeli dan memverifikasi setiap informasi lowongan yang masuk. Artinya adalah, kerjaan tambahan.

Karena ketika orang sudah tidak percaya, orang tidak akan mau datang lagi. Dan efeknya ketika jadi viral, blog akan mati dengan sendirinya karena kehilangan kepercayaan. Ini pernah terjadi satu kali di saya.

Waktu itu saya posting tentang lowongan kerja di PT Giken Precision Batu Ampar, dimana sumbernya didapat dari sebuah selebaran yang beredar di grup Facebook, yang diklaim berasal dari perusahaan. Pada hari yang ditentukan, tiba-tiba seseorang berkomentar di halaman facebook Portal Kerja Batam disertai foto teman-teman pencaker yang sudah tiba di lokasi.

Apa kata mereka?

Nah, kata security yang bertugas, hari itu tidak ada lowongan di PT Giken. Otomatis teman-teman pencaker pada kecewa. Bahkan mereka sempat menunjukkan halaman lowongan di Portal Kerja Batam kepada security. Jawabannya tetap sama.

Baca juga:  Blogger Kepri Alexa Rank, DA dan PA - Juni 2016

Merasa bertanggungjawab secara moral, pada hari yang sama saya langsung menuju ke PT Giken untuk konfirmasi. Dan hasilnya, security memang berkata tidak ada lowongan untuk operator, yang ada hanya untuk DRIVER.

Nah, setelah dilihat sumbernya, ternyata di selebaran kertas tersebut tidak ada cop resmi perusahaan. Namun postingan terlanjur viral. Akhirnya saya pun membuat surat terbuka permintaan maaf di Facebook atas kesalahan berita yang dimuat. Hasilnya? Publik masih mempercayai Portal Kerja Batam.

Sebagai improvement, ketika ada informasi lowongan berupa selebaran tanpa cop perusahaan tidak akan saya posting. Dan untuk artikel ada notifikasi expired yang akan mengubah judul artikel dengan tambahan tag [TUTUP] apabila telah melewati masa lowongan secara otomatis.

Repot? Lumayan. Tapi senang juga ketika ada yang inbox sekedar berterima kasih sudah mendapatkan kerja dan dapat infonya dari Portal Kerja Batam. Menjadi manfaat untuk orang lain itu priceless, tak ternilai.

Aplikasi Android pertama

Tak berhenti di blog, saya pun mencoba membuat aplikasi Android untuk Portal Kerja Batam. Sederhana saja, gabungan antara webview dan JSON API yang menghubungkan WordPress dengan aplikasi, ditambah dengan push notification agar pengguna dapat informasinya secara instan ketika artikel dipublish.

Baca juga:  Pengalaman Mengganti Nama di Paypal, Bagaimana Prosedurnya?

3 minggu setelah aplikasi ini publish, sudah ada sebanyak 1000+ download di Play Store. Review lumayan bagus masih di atas 4 rating. Alhamdulillah. Nilai yang cukup fantastis untuk saya, apalagi ini aplikasi Android pertama yang saya buat. Dulu pernah buat di tahun 2013 untuk Enjoy Batam tapi berhenti.

Aplikasi ini pun kemarin saya ikutkan di Start Up World Cup 2018 yang diadakan di UIB, dengan tema startup digital. Yah walaupun ngga lolos, paling ngga dapet ilmu tentang bagaimana memulai startup terutama startup digital dan membangun relasi antar sesame startup digital di Batam.

Soal Adsense?

Alhamdulillah meningkat pesat. Earnings naik empat kali lipat dari apa yang dihasilkan Enjoy Batam selama ini, hanya dalam waktu hampir satu bulan. Earnings makin naik ketika aplikasi mulai diupload ke Play Store karena disisipi Admob dengan settingan iklan minimal agar user tetap nyaman.

Pageview sekarang lumayan stabil minimal 3000 page view per hari. Masih kalah dari teman saya yang 15 ribu pageview. Tapi dilihat dari umur blog, ya wajar, baru dua bulan om! Alhamdulillah DA juga udah naik dari 1 ke 7. Lumayan!

Sekarang pun lagi sibuk berbenah Enjoy Batam yang udah berdebu jarang dibelai. Saatnya meningkatkan earnings Adsense lagi!

In this article

Join the Conversation