Banyak yang Turun, Seberapa Pentingkah DA dan PA Buat Kamu?

source image: searchengineland.com
18

Jujur saja, saya tidak tahu sedikitpun tentang DA dan PA, atau lebih tepatnya Domain Authority dan Page Authority, sebelum saya bergabung dalam komunitas Blogger Kepri. Sama sekali!

Domain Authority dan Page Authority adalah sebuah algoritma yang diciptakan oleh sebuah perusahaan SEO yang bernama MOZ.

Nilai dari DA ini memprediksi bagaimana website atau blog kita dimata mesin pencari, seperti Google. Angka tersebut dinilai dari jumlah dan kualitas backlink, usia domain (konon), kualitas konten, praktik-praktik SEO baik onpage maupun offpage dan lain-lain.

Cara kerjanya hampir sama dengan Google dan mesin pencari lainnya yang menggunakan berbagai macam faktor, variasi dan algoritma yang akhirnya memunculkan hasil pencarian dalam laman mereka.

Lalu, apakah ada nilai DA dan PA yang ideal?

Menurut saya sih tidak. Yang pasti, semakin tinggi nilai DA dan PA, bisa dibilang semakin kece. Walaupun aktualnya setinggi apapun DA dan PA tidak menjamin mendapat ranking bagus di mesin pencari. Karena itu tadi, banyak sekali faktor dan variasi yang digunakan oleh mesin pencari.

Tapi, nilai DA dan PA tersebut bisa menjadi salah satu indikator bahwa blog kita berjalan dengan baik, memiliki konten yang bagus dan SEO friendly.

Ok, balik lagi ke topik…

Seberapa penting DA dan PA?

Kalau buat saya, awal saya membuat blog tahun 2012 di enjoybatam.com, saya hanya ada 3 tujuan, yaitu:

  1. Memperkenalkan Batam, baik di dalam maupun luar negeri (tujuan mulia)
  2. Adsense
  3. Space iklan

Saya tidak peduli dengan Alexa Rank, saya tidak tahu tentang DA dan PA. Saya hanya fokus di SEO, bagaimana artikel saya bisa dengan mudah nongol di mesin pencari dan mendapatkan traffic. Selain itu? Utak-atik tampilan blog. That’s it!

Lalu kemudian saya bergabung di Blogger Kepri. Saya mulai tahu apa itu DA dan PA, dan “seberapa penting” ranking tersebut. Karena ternyata sebuah blog post atau artikel, bisa menghasilkan, baik dalam bentuk fee, barang atau apapun itu. Dan salah satu landasannya adalah DA dan PA.

WHAAAATT??

Read More Post
1 of 9

Terus terang juga saya baru tahu soal placement, endorsement dan lain-lain pada waktu itu. Domain Authority enjoybatam.com waktu itu 33, lumayan. Lalu lahirlah blog ini.

Sejak saat itu, saya selalu mengejar agar nilai DA dan PA terus naik, di dua blog yang saya jalankan. Tujuannya? Within higher DA rank, comes higher fee. Saya tidak munafik.

Fokus awal membangun blog sudah hampir lupa. SEO masih saya lakukan. Hanya, kualitas dan kuantitas konten menurun. Isi blogpost banyak placement. Tidak imbang dengan blogpost dari konten sendiri. Which is disaster, and shame.

Ditambah lagi dengan kesibukan sejak pertengahan tahun lalu saya resign dan memulai usaha sendiri. Hampir tidak ada konten baru selain placement.

Berhubung masih agak aktif di komunitas blogger walau lewat group Whatsapp, saya masih bisa menulis minimal 1 blogpost per bulan waktu itu. Karena kalau tidak nanti ditendang wakaka. Motivasi sekali bukan?

Domain Authority 2019

Akhir Februari 2019, jagad blogger geger. Agaknya sih. Kenapa? Karena penurunan skor atau ranking Domain Authority secara massal. Ternyata, Moz mengupdate algoritmanya yang diklaim lebih baik dan lebih terpercaya. Berikut ini adalah kutipan dari artikel yang diterbitkan oleh Moz.

These fundamental improvements to Domain Authority will deliver a better, more trustworthy metric than ever before. We can remove spam, improve correlations, and, most importantly, update Domain Authority relative to all the changes that Google makes.

It means that you will see some changes to Domain Authority when the launch occurs. We staked the model to our existing Domain Authority which minimizes changes, but with all the improvements there will no doubt be some fluctuation in Domain Authority scores across the board.

– MOZ –

Sudah pasti, saya juga kena. Blog ini turun dari 22 ke 15. Sedangkan enjoybatam.com turun dari 28 ke 25.

Nah, dari sini saja kita bisa lihat 2 hal:

  1. Blog saya ini kurang berkualitas. Turunnya (baca: penyesuaian) banyak banget. Mungkin kebanyakan placement, banyak link keluar, I am not sure. Namun faktanya, lebih banyak content placement dari pada konten original. Kalau soal SEO masih sama.
  2. Blog enjoybatam.com penurunannya sedikit. Bisa jadi karena banyak konten original daripada placement. Usia mungkin juga berpengaruh, dan saya lebih memperhatikan SEO di enjoybatam.com daripada di blog ini. Karena ada jualannya wkwk.

Kesimpulan

Buat saya, Moz metric ini penting, untuk mengukur kualitas blog yang saya miliki. Bagaimana performance-nya. Tentunya ini tidak mutlak, karena Moz sendiri pun bilang bahwa metric yang mereka ciptakan bukanlah sesuatu yang absolut, namun relative. Dan itu membantu mengukur kualitas blog.

Jadi, ketika kamu menemukan nilai DA-mu turun, cek, kira-kira apa yang perlu diperbaiki. Jangan meratap di social media.

- Matched Content -

You might also like
18 Comments
  1. Juli says

    Setuju, meratap terus menerus nggak penting. Justru makin bikin DA turun. Harus jadi motivasi biar nulis makin rajin dan tingkatin kualitas tulisan juga.

    1. Akut Wibowo says

      Siapp gaskan

  2. riawani elyta says

    Udah lama juga dpt info ttg da pa ini…tapi ngerawat blognya demi da pa ini yg males2an hehe

    1. Akut Wibowo says

      Gas tulis teros kak!

  3. Eka Mustika says

    Saya sudah lama ngeblog tapi karena tidak bergabung di komunitas ga tau DA PA. Yang tau nulis ya nulis aja. Baru 2tahun ini kenal da pa dan pas turun biasa aja hehehe karena juga belum nengejar apa2. gak tau nih kedepannya.

    1. Akut Wibowo says

      Nah kan wkwk, pasti ada deh yang awalnya nggak tau kaya eke wkwk

  4. Chaycya Oktiberto says

    Awalnya kutak peduli DA/PA. saat heboh2 di grup, mikirnya “Apaan sik? lebay deh. Turun mah turun aja. ga usah berkicau, cek your blog and then recovery. ini malah berkicau dimana2 seolah-olah…” wkwkwkwk kok dirasa2 judes ya gua, nyatanya di kalimat akhir mas Akut juga mewakili perasaanku.

    Tapi ya, jujur setelah penurunan itu, ceklah dA/PAku. menurun juga. Jadi mikir, apa karena kebanyakan CP? atau memang blog gua shame? ah sudahlah.. 🙂

    1. Akut Wibowo says

      Seolah-olah dunia sudah berakhir wkwk

  5. TulisanBunda says

    Cara menaikan DA ini dengan bahsa yg mudah untuk new comer seperti saya ini gimana??? Apa.aja yg harus dilakukan???

    1. Akut Wibowo says

      Untuk saya sendiri tidak terlalu memahami secara teknis. Tapi sepengamatan dan apa yang saya lakukan adalah:
      1. Content yang berkualitas
      2. On page SEO
      3. Hindari broken link
      4. Backlink berkualitas.

  6. Wiwid Nurwidayati says

    DA saya anjlok juga…Ngeri..dari 13 ke 6. Dan saya Ngerti kenapa? Karena update kontennya jarang-jarang pun kurang berkualitas dan juga tidak main SEO keyword.

    1. Akut Wibowo says

      Nah itu, jadi bahan renungan juga kan kak. setelah itu dijadikan motivasi.

  7. Hijab Traveller says

    Kalo aku ga musingin DA PA mau naik atau turun yg penting nulis aja. Kalo ada endorse Alhamdulillah, kalo ga ada, tetep nulis sesuai tujuan awal karena ku takut lupa saat udah jadi nenek-nenek wkkkk. Kalo udah pikun bisa baca blog sendiri.

    1. Akut Wibowo says

      Yoi ka. Tapi penting juga mantau metrik ini untuk mantau kesehatan blog kita.

  8. Rina says

    DA/PA means how high your rating/ popularity yang berhubungan dengan iklan yang masuk, jd duitnya receh ama nggak ya tergantung DA/PA. Saya masih receh sih, mudah-mudahan bisa jadi ga receh nanti-nanti 😀 😀

    1. Akut Wibowo says

      The real definition these days awkaka

  9. Naldo says

    Sementara saya hingga saat ini belum paham sama sekali DA dan PA,
    bikin blog ini awalnya juga sama seperti no 1 nya mas AW, perkenalkan Natuna ke dunia luar (mulia banget juga).. hhe

    1. Akut Wibowo says

      Tos dulu kita bang wekeke

Mari Berdiskusi

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More