Second Space dan Dual Apps, Fitur Utama MIUI 8 (1)

Second Space
14

Bentar lagi MIUI 8 akan rilis versi stabilnya. Menurut sumber di forum, MIUI 8 akan rilis di minggu ini (Agustus minggu keempat) dan bisa didownload secara OTA. Jadi nanti di masing-masing device yang sudah support MIUI 8 akan mendapat notifikasi. Jadi, kalau yang belum sempat mencoba versi developer ROM, mending sabar bentar buat nunggu versi stabil rilis.

Seperti yang saya tulis sebelumnya tentang fitur terbaru MIUI 8, saya mencoba meng-install MIUI 8 developer ROM di Redmi 2, yang ternyata fitur yang ditawarkan tidak maksimal. Android yang digunakan pun masih Kitkat 4.4.4, tidak ada fitur Second Space dan Dual Apps, yang bisa dibilang merupakan fitur andalan MIUI 8.

Nah, berhubung Redmi 2 kesayangan udah berpindah pemilik dan saya beralih ke saudara muda Redmi 2, yaitu Redmi 3S, akhirnya saya bisa juga mencicipi semua fitur MIUI 8. OS standar adalah MIUI 7, jadi saya langsung download developer ROM MIUI 8 hari itu juga, karena saya masih penasaran tentang dua fitur terbarunya itu.

Second Space

Pada intinya, Second Space adalah fitur MIUI 8 yang memungkinkan kita untuk mempunyai dua setup yang berbeda dalam 1 device. Xiaomi mengklaim bahwa fitur ini membuat kita merasa memiliki dua ponsel dalam 1 device. Dan Xiaomi juga mengklaim bahwa fitur ini belum ada di semua tipe Android manapun.

Untuk tahu apa itu Second Space bisa baca tulisan saya sebelumnya di fitur terbaru MIUI 8. Untuk mengaktifkan fitur ini sangat mudah. Langkah-langkahnya sebagai berikut.

1. Buka Setting > Second Space > Turn on Second Space

Mengaktifkan Second Space
Mengaktifkan Second Space

2. Langkah selanjutnya adalah melakukan Setting sesuai dengan konfigurasi yang kita inginkan, seperti setting lock code, import foto dan file dari Main Space. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

Setup Second Space

Setup Second Space
Langkah-langkah berikutnya

Setelah berhasil, akan muncul Home Screen baru seperti di bawah ini. Sekilas, nampak tidak berbeda dengan Home Screen pada umumnya. Namun, setelah diperhatikan ada penambahan aplikasi di Home Screen yaitu Manage, Move Data dan Switch.

Home Screen Second Space
Penampakan Home Screen

Manage

Di aplikasi Manage, kita bisa melakukan beberapa setting. Seperti mengganti password, menambahkan fingerprint (untuk yang support), mengatur notifikasi dan shortcut, dan sebagainya. Untuk menghapus Space juga bisa melalui aplikasi ini.

Read More Post
1 of 4
Aplikasi Manage Second Space
Aplikasi Manage

Move Data

Sesuai dengan namanya, aplikasi ini berfungsi untuk memindah data dari Second ke Main Space atau sebaliknya. Data yang dimaksud adalah foto ataupun file.

Di sini kita juga bisa mengatur mana saja aplikasi yang bisa dipakai di Second atau Main Space. Kita bisa mengatur apakah aplikasi bisa dipakai hanya di Second Space, hanya di Main Space ataupun bisa dipakai di keduanya.

Perlu dicatat bahwa ketika memindahkan aplikasi dengan setting hanya untuk dipakai di Second Space, maka aplikasi tersebut akan kehilangan semua data, jadi berhati-hati saja untuk yang mau memindah game dari Main Space ke Second, pastikan semua data tersimpan sebelum dipindah.

Move Data dan Move Apps
Move Data dan Move Apps

Switch

Ini adalah shortcut untuk berpindah dari Second Space ke Main Space atau sebaliknya tergantung setting yang kita inginkan. Ada 2 metode untuk berpindah antar Space

Metode 1

Secara default, setelah Second Space aktif, di Home Screen akan muncul icon bernama  Switch. Ini adalah metode standar untuk berpindah Space. Setiap berpindah Space akan diminta password ataupun fingerprint untuk verifikasi.

Masukkan password ataupun fingerprint ketika Switch
Masukkan password ataupun fingerprint ketika Switch

Metode 2

Metode kedua adalah dengan berpindah Space ketika handphone dalam keadaan terkunci. Ini cara mudah dan cepat. Tinggal masukkan password, pattern atau fingerprint yang ter-setting untuk masing-masing Space.

Contoh: Main Space mempunyai kode 1234, sedangkan Second Space mempunyai kode 5678. Kita ingin membuka Second Space ketika handphone dalam keadaan terkunci. Maka kita tinggal unlock dengan kode 5678, lalu secara otomatis kita akan menuju ke Second Space.


Itulah review yang bisa saya share di sini tentang Second Space. Untuk fitur andalan MIUI 8 yang lain, Dual Apps, saya tulis di artikel tentang review Dual Apps MIUI 8, biar artikel ini tidak terlalu panjang.

- Matched Content -

You might also like
14 Comments
  1. Pinokio says

    berarti dalam 1 hape bisa 3-4 Aplikasi ?
    Yg di second space bisa digandakan juga ?

    dan 4 Aplikasi ini berbeda akun semua ?
    Bisakah seperti itu ?

    Terima Kasih

    1. Akut Wibowo says

      Kalo ngga salah yang di second space ngga ada dual apps.
      Di dual apps bisa berbeda akun karena memang fungsinya untuk itu.

  2. hendra says

    Kalo Kita masuk d second space, apakah menu second space d setting masih terbuka atau tdk muncul lg

    1. Akut Wibowo says

      Belom coba, hapenya udah ganti. wakaka

  3. Kim says

    Mau nanya cara aktifin data seluler di second space gimana ya? Apa cuma bisa pake wifi aja? Makasih

    1. Akut Wibowo says

      Udah beda hape nih. Tapi kalo ngga salah ingat, seperti normal saja, bisa pakai seluler data.

  4. deden says

    mau tanya nih, jadi gua pernah pake second space banyak data data yg prifasi kan kalo di second space nya. nah terus sama ade gua gak sengaja ke reset hp nya. mana gua lupa mi account yg lama lagi jadi bikin lagi. nah pas check second space. ternyata harus bikin lagi. kira kira cara ngembaliin data dari second space yg lama gimana ya? soalnya jadi kosong :(.. mohon mencerahan

    1. Akut Wibowo says

      Wah terus terang saya ngga tau nih, soalnya belum pernah.

      tapi coba browsing, ada nih, siapa tau bisa.

      ht*tp://www.androiddata-recovery.com/blog/how-to-retrieve-deleted-data-from-xiaomi-redmi-phones

  5. Gadis says

    Secara internal Memori dia separated ya?

    1. Akut Wibowo says

      Yup

  6. Rizal says

    Gan mau tanya cara flash Redmi 3S Prime dari rom distributor ke rom Global gimana?
    Ini pin saya : D64B3D33

    1. Akut Wibowo says

      Tinggal download rom globalnya trus flash lewat miflash gan

  7. EkkyDPutraHarahap says

    Manage itu apa?
    Gk ngerti juga-_-

    1. Akut Wibowo says

      Manage itu mengatur atau menata..

Mari Berdiskusi

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More