Sekilas Sejarah tentang Masjid Sultan Singapura

Masjid Sultan Singapura
5

Masjid Sultan Singapura yang mengesankan ini terletak di Kampong Glam dan merupakan titik utama masyarakat Muslim di negeri Singa ini. Dengan kubah emas yang sangat besar dan tempat shalat yang sangat luas, Masjid Sultan Singapura adalah salah satu tempat yang wajib dikunjungi jika Anda berada di wilayah Kampong Glam yang bersejarah.

Masjid Sultan Singapura, sebagaimana dikenal demikian, merupakan masjid terkemuka di Singapura dan merupakan salah satu bangunan agama paling mengesankan di negara ini.

Masjid ini dibangun pada tahun 1824 untuk Sultan Hussein Shah yang merupakan Sultan pertama di Singapura. Sir Stamford Raffles, pendiri Singapura, memberikan $3.000 untuk konstruksi gedung satu lantai dengan atap dua lapis.

Seratus tahun kemudian, masjid tua ini memerlukan perbaikan. Masjid Sultan yang Anda lihat saat ini didesain oleh Denis Santry dari Swan and Maclaren, firma arsitektur tertua di Singapura, dan dibangun kembali pada tahun 1932.

Bagian dalam Masjid Sultan Singapura
Bagian dalam Masjid Sultan
Read More Post
1 of 8
Pintu masuk
Pintu masuk ke ruang utama masjid

Sedikit sekali yang mengetahui bahwa pada masa rekonstruksi, North Bridge Road dipaksa untuk dibelokkan mengitari masjid dan diperpanjang sampai Arab Street.

Dasar kaca Masjid Sultan Singapura

Jika Anda berada di Masjid Sultan Singapura, lihatlah lebih dekat kubah yang berbentuk bawang. Setiap dasar kubah didekorasi dengan ujung botol kaca yang disumbangkan oleh umat Muslim yang kurang mampu selama masa pembangunannya. Jadi, tidak hanya umat yang kaya saja yang dapat berkontribusi pada waktu itu.

Dikukuhkan sebagai monumen nasional pada tahun 1975, Masjid Sultan Singapura merupakan titik utama masyarakat Muslim Singapura sampai dengan saat ini. Jika Anda berada di sana selama bulan Ramadhan, bulan puasa bagi umat Muslim, pergilah ke pasar malam di area tersebut dan akan anda temukan banyak gerai makanan.

Gerbang Masuk Masjid Sultan Singapura
Gerbang Masuk Masjid Sultan Singapura

  • Tulisan ini merupakan rewriting dari Your Singapore official website.

- Matched Content -

You might also like
5 Comments
  1. ENVIA says

    Masjidnya megah dan unik banget,,,,

  2. Dian Radiata says

    Pertama kali ke sini dulu langsung suka ama bangunan masjidnya.. kayak di cerita-cerita dongeng 🙂

    1. Akut Wibowo says

      Hehhee.. Iya juga ya..

  3. sarah eyie says

    Ntah berapa kali ke singapura, tak pernah kesampaian ke masjid ni, secara memang teman jalan gak tau lokasinya…:(

    1. Akut Wibowo says

      Deket bugis lho mb Sarah. Jalan kaki dikit sampe deh. Kalo dari bugis junction ke arah utara..

Mari Berdiskusi

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More