Sensasi Berkendara ala Pembalap Formula One di Marina Circuit Batam

Bentuknya hampir sama dengan mobil Formula One, ceper melebar dan membumi mencium aspal. Sebuah mesin tertancap tepat di belakang kursi panas pembalap. Ya gimana ngga panas, mesin dan knalpot pas di belakang jok. Posisi selonjor santai dan beradu langsung dengan stir racing membuat aura balapan ala Formula One semakin terasa di Marina Circuit Batam.

Pijakan pedal cuma dua, gas di sebelah kanan, dan rem di sebelah kiri. Transmisi otomatis, tinggal gas pol, go-kart langsung meluncur.

Dalam bayangan saya, sesusah apa sih naikin mobil ala-ala di Marina Circuit Batam ini?

Namun, semua berubah ketika saya mulai duduk di kursi panas. Barulah ketika pantat mulai nyaman dengan habitat barunya, sensasi deg-degan dan grogi mulai muncul. Posisi menyetir yang tidak biasa menjadi salah satu sebabnya. Adaptasi pun harus dan mulai dilakukan.

Adaptasi dan pemanasan

Lap pertama dihabiskan untuk adaptasi dan pemanasan. Bagaimana merasakan pedal gas dan rem, mengendalikan stir dan memperhatikan lintasan sirkuit. Stir go-kart ini agak berat ketika pertama kali dibuat belok di tikungan pertama. Ya karena memang ngga ada powersteering-nya.

Persiapan di garis start

Persiapan di garis start. Photo by Sugiarto

Kesimpulan saya setelah mencoba lap pertama adalah:

  1. Go-kart ini tidak akan terbalik, selama masih di kondisi wajar.
  2. Karena kesimpulan pertama, pedal rem jarang diinjak walaupun berada di tikungan. Gas pol pokoke!
  3. Untuk menaklukkan stir ketika berada di tikungan, ternyata butuh tenaga yang ngga sedikit. Sekarang saya mengerti kenapa pembalap itu pada berotot semua, stamina benar-benar diuji di lintasan.
  4. Rasa takut gagal itu tidak ada, yang ada hanya takut mencoba. Kemarin siapa yang ngga nyoba ya? Di air ngga nyebur, ini di darat pun ngga turun. Oh, mungkin kalo di luar angkasa baru mau turun.
Berada di tikungan Marina Circuit Batam

Berada di tikungan Marina Circuit Batam

Tergelincir pun tetap kece

Tergelincir pun tetap kece

Lap kedua dan seterusnya menjadi ajang bagi saya dan teman-teman lain yang bergabung di race kedua untuk semakin memacu go-kart lebih cepat dari sebelumnya. Alasannya adalah untuk mendapatkan catatan waktu terbaik dalam balapan.

Inilah salah satu serunya main go-kart di Marina Circuit Batam. Setiap unit go-kart sudah dilengkapi dengan transponder yang terhubung langsung dengan server. Transponder ini berfungsi untuk mencatat timing lap, atau waktu untuk menempuh satu kali lintasan. Data timing lap ini ditampilkan secara real time di monitor yang disediakan di markas.

Jadi, penentuan juara bukanlah yang duluan mencapai garis finish, namun ditentukan oleh waktu tercepat yang tercatat oleh transponder. Serunya, data ini akan tetap tersimpan di server, jadi ketika suatu saat kamu mau main lagi di Marina Circuit Batam, kamu bisa liat perkembangan timing lap kamu. Apakah ada improvement dengan menaklukkan waktu terbaik kamu sebelumnya, atau malah loyo?

Saya sendiri mencatatkan waktu terbaik 1 menit 8 detik. Masih kalah jauh dengan oom Andi Motret yang suka motret tapi juga suka kebut-kebutan. Oom Andi mencatatkan waktu 58 detik dan menuntaskan 8 lap. Sedang saya cukup berbahagia menyelesaikan 6 lap saja. Kayanya transponder-nya lowbat ini. Re-match ah!

Foto bareng seusai balapan

Foto bareng seusai balapan

Main di sini memang seru banget, memacu adrenalin dan bikin nagih! Apalagi kalo rame-rame bareng kawan-kawan. Mau main ke Marina Circuit Batam? Ini info lengkapnya!

Marina Circuit Batam

Lokasi: Marina Waterfront City, sebelah Harris Resort Waterfront.

Tarif

Go-kart per 10 menit

  • Umum: Rp 125 ribu (weekday) dan Rp 175 ribu (weekend)
  • Pelajar dan mahasiswa: Rp 100 ribu (wajib bawa kartu identitas)
  • Happy hour weekday: Rp 80 ribu (pukul 17.00 WIB)
  • Happy hour weekend: Rp 100 ribu (pukul 17.00 WIB)

Go-kart racing per 10 menit

  • Rate: Rp 500 ribu

Sewa sirkuit (harap menghubungi langsung pihak Marina Circuit Batam)

  • Mulai dari Rp 100-200 ribu per 3 jam
  • Note: ketika ada tamu yang akan main go-kart, diprioritaskan untuk tamu

Operational hours

  • Setiap hari mulai pukul 07.00 sampai malam

Show Comments

8 Comments

  1. Yulia Marza 08/08/2017
  2. Sri murni 04/08/2017
  3. Dian Radiata 02/08/2017
  4. Silviana Noerita 02/08/2017
  5. ahmadi sultan 01/08/2017
  6. Harahap soleh 01/08/2017

Mari Berdiskusi