30

Sepatu Pantofel Pria untuk Penampilan Lebih Gaya

Sejak resmi resign dari perusahaan tempat saya bekerja sebelumnya pada bulan lalu, sekarang saya lebih memerhatikan penampilan saya ketika berangkat kerja. Karena sekarang saya menjalankan usaha sendiri yang mengharuskan saya bertemu dengan banyak orang untuk menjalin relasi baik itu rekan bisnis atau bertemu dengan tamu.

Bisnis yang saya jalankan bersama beberapa teman merupakan bisnis jasa, sehingga penampilan menjadi salah satu hal yang perlu diperhatikan. Mau nggak mau style saya harus berubah nih, dari yang suka berpakaian bebas menjadi berpakaian formal. Dari yang awalnya bersandal jepit atau ber-sneakers ketika berangkat kerja, sekarang jadi mengenakan sepatu pantofel pria.

Awalnya memang agak kagok, memakai kemeja rapi dengan celana kain plus sepatu pantofel pria yang mengkilat. Namun setelah 3 minggu ini penyesuaian, saya sudah merasa nyaman bahkan merasa lebih ganteng ketika mengenakannya. Berasa maskulin gitu.

Memang nggak salah kalau fashion bisa mengubah penampilan seseorang, dari ganteng menjadi ganteng maksimal, seperti saya.

Macam-macam Sepatu Pantofel Pria

Jenis Sepatu Pantofel Pria

Jenis Sepatu Pantofel Pria

Dari busana formal yang akhir-akhir ini sering saya kenakan, saya tertarik untuk mengulas tentang sepatu pantofel. Sepatu ini merupakan sepatu yang jarang sekali saya gunakan sebelumnya. Sekalipun ke perusahaan.

Kenapa? Karena rata-rata perusahaan manufacturing di Batam tidak mewajibkan untuk berpakaian formal bahkan untuk level management.

Nah, berhubung tidak wajib, saya pun tidak mengenakannya walaupun teman-teman saya yang selevel selalu berpakaian formal setiap harinya, namun saya tetap nyaman mengenakan kaos, celana jeans dan sepatu santai, bahkan tak jarang memakai sandal jepit ketika sepatu sedang basah karena hujan.

Maklum, sepatu cuma satu. Hiks.

Kembali ke sepatu pantofel pria. Di dunia internasional sepatu ini dikenal dengan nama dress shoes. Dan asal kamu tahu, pantofel merupakan kata serapan yang diambil dari kata “pantoffle” yang berasal dari Bahasa Belanda.

Yang membuat sepatu pantofel ini menjadi busana formal adalah bahannya yang terbuat dari bahan kulit yang mengkilat, apalagi ketika udah disemir. Biasanya, bahan kulitnya merupakan kulit asli dari sapi atau kambing. Namun ada juga yang menggunakan kulit imitasi, atau dikenal juga dengan istilah flopper.

Tentunya, bahan menentukan kualitas. Kulit asli jelas lebih berkualitas dan lebih mahal. Lalu, ada berapa jenis sih, sepatu pantofel pria ini?

 

  1. Loafers/Slip On. Merupakan jenis sepatu pantofel yang santai atau bisa dibilang tidak terlalu resmi. Penggunaannya pun tidak perlu memakai kaos kaki dan cocok dipadupadankan dengan jeans, celana bahan atau jas tanpa dasi. Sentuhan formal dalam balutan busana casual dan santai.

    Jenis Sepatu Pantofel Pria - Slip On

    Jenis Sepatu Pantofel Pria – Slip On

  2. Monk Strap. Sesuai namanya, sepatu pantofel satu ini tidak menggunakan tali sebagai pengikat, namun menggunakan strap atau sabuk. Lebih simpel digunakan dan cocok untuk yang ingin tampil beda. 

    Jenis Sepatu Pantofel Pria - Monk Strap

    Jenis Sepatu Pantofel Pria – Monk Strap

  3. Oxford. Nah, ini dia sepatu pantofel pria yang berkesan elegan, dan formal namun simpel. Sepatu ini umumnya hadir dalam warna hitam atau coklat. Sepatu ini sangat cocok untuk busana formal. Jangan pakai sepatu pantofel jenis ini untuk busana non-formal. Dan inilah sepatu yang saya gunakan saat ini. Keren kan? 

    Jenis Sepatu Pantofel Pria - Oxford

    Jenis Sepatu Pantofel Pria – Oxford

  4. Cap Toes. Hampir sama dengan Oxford, bedanya adalah penambahan lapisan pada bagian ujung sepatu. 

    Jenis Sepatu Pantofel Pria - Cap Toes

    Jenis Sepatu Pantofel Pria – Cap Toes

  5. Wing Tip. Sesuai dengan namanya, sepatu ini memiliki bagian depan yang seperti sayap melebar. Biasanya sepatu ini memiliki paduan dua warna untuk penampilan yang lebih ke smart casual.
  6. Dress Boots. Merupakan jenis sepatu boots yang bergaya sleek serta minimalis dan cocok digunakan dengan celana jeans, chino, dan blazer. Sangat cocok untuk pria yang ingin tampil praktis namun tetap bergaya pantofel.
Jenis Sepatu Pantofel Pria - Dress Boots

Jenis Sepatu Pantofel Pria – Dress Boots

Nah, bagaimana…. Mana sepatu pantofel pria favorit kamu para gentleman?

 

Show Comments

One Response

  1. Rico Sinaga 03/09/2018

Mari Berdiskusi

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.