Di bawah ini adalah syarat dan ketentuan yang perlu dibaca, disetujui dan dipatuhi bagi semua Blogger (yang selanjutnya saya sebut dengan Partner) yang ikut kerjasama Adsense (joint venture) dengan saya. Syarat dan ketentuan dibuat demi kelancaran dan keamanan bersama, untuk saya dan juga partner yang bekerjasama dengan saya.

Syarat dasar bagi partner yang melakukan kerjasama Adsense dengan saya adalah wajib untuk mematuhi Kebijakan Program Adsense. Silahkan dipelajari terlebih dahulu.

Syarat dan ketentuan lain

  1. Kontrak kerjasama minimal 1 bulan. Jika ingin berhenti bekerjasama, pastikan untuk mengkonfirmasi terlebih dahulu ke saya melalui form feedback di samping.
  2. Resiko banned Adsense menjadi tanggung jawab bersama, jadi dimohon untuk tidak melanggar Kebijakan Program Adsense (point no 1).
  3. Saya berhak untuk memotong jumlah penghasilan partner jika:
    • Terdapat aktivitas klik iklan yang tidak wajar, misalnya CTR yang sangat tinggi, sumber klik iklan yang mencurigakan, dll.
    • Partner terbukti menggunakan teknik yang tidak wajar dalam meningkatkan penghasilan iklan Adsense.
    • Lain-lain bisa dipelajari di bawah.
  1. Saya berhak untuk memberhentikan kerjasama Adsense dengan partner, jika:
    • Partner terbukti melanggar kebijakan program Google Adsense (point no 1).
    • Terdapat aktivitas klik iklan yang tidak wajar selama 7 hari dalam 1 bulan.
    • Iklan tidak terpasang di blog selama lebih dari 1 minggu.
    • Penghasilan di bawah $5 selama 1 bulan (kecuali bulan pertama).
  2. Laporan penghasilan kerjasama Adsense akan dikirim melalui email setiap hari.
  3. Pembayaran penghasilan akan dilakukan setiap bulan antara tanggal 28 – 30 melalui rekening bank lokal. Misalnya jika partner bergabung di bulan Juli, maka pembayaran pertama akan dilakukan pada tanggal 28 – 30 bulan berikutnya (Agustus), penghasilan bulan Agustus akan dibayarkan bulan September, dan begitu seterusnya.

*Syarat dan ketentuan di atas dapat berubah sewaktu-waktu.

Pemotongan Penghasilan kerjasama Adsense

Salah satu aturan dari Google Adsense adalah pada setiap bulan pada waktu tutup buku, seluruh penghasilan pada akun Adsense akan direview dan dihitung ulang.

Biasanya, setelah Google mereview aktivitas account, Google akan melakukan penyesuaian dengan pemotongan penghasilan sekitar sekian persen dengan alasan aktivitas klik tidak valid. Jumlah potongan tersebut biasanya hanya berkisar antara 1% sampai 2% dari total penghasilan.

Jadi, laporan harian belum 100% valid, tetapi bisa dijadikan rujukan oleh partner. Hasil akhir yang ditentukan oleh Google tiap bulanlah yang merupakan laporan penghasilan Adsense yang sah. Tapi menurut pengalaman saya, biasanya tidak jauh berbeda dengan laporan harian.

Pemotongan penghasilan kerjasama Adsense akan saya berlakukan untuk setiap partner yang terbukti melakukan teknik yang tidak wajar. Saya akan mengaudit setiap partner yang bekerja sama dengan saya secara berkala.

Ketika saya menemukan sesuatu yang tidak wajar, pada tahap pertama saya akan menghubungi partner yang bersangkutan. Apabila sudah dihubungi dan masih melakukan hal yang sama, maka saya akan memutuskan kontrak secara sepihak dan tidak ada refund yang akan saya berikan.

Jika ada yang kurang jelas silakan kirim email ke saya melalui halaman form feedback di samping.

Siap mendaftar? Klik di sini!