7 Tempat Wisata di Jogja yang Ingin Saya Kunjungi

7 Tempat Wisata di Jogja yang Ingin Saya Kunjungi
0

Saya lahir dan tumbuh berkembang di Jawa Tengah, tepatnya di 3 kota, lahir di Jepara, beranjak dewasa di Kudus dan Semarang, tapi saya jarang banget pergi ke Jogja. Sekalipun pergi, hanya ke tempat-tempat mainstream. Padahal sekarang sudah banyak tempat-tempat wisata baru yang bermunculan dan sangat ingin saya kunjungi.

Tapi karena sejak lulus sekolah saya sudah merantau keluar kota, tepatnya di Batam, sampai dengan saat ini saya tinggal di sini, saya hampir tidak pernah jalan-jalan keluar kota. Pernah satu kali jalan bareng istri dan satu orang teman saya ke Jogja.

Pantai Parangtritis
Pada waktu itu mengunjungi Pantai Parangtritis

Sekarang, ingin rasanya kembali ke Jogja. Menjelajahi apa yang belum pernah saya datangi sebelumnya. Mumpung sekarang juga makin gampang jalan-jalan dan cari tiket pesawat ke Jogja secara online, contohnya dengan menggunakan website pegipegi.com, salah satu website pencari tiket pesawat favorit saya yang merekomendasikan harga terbaik dari semua maskapai di satu halaman pencarian.

Kemudahan penggunaan fitur pencarian tiket pesawat, informasi yang jelas dan harga menarik yang sudah termasuk airport tax. Yah, walau sekarang katanya harga pesawat mulai naik, tidak terlalu masalah ketika kita memang ingin bepergian, bukan?

Biasa, sebelum jalan kemana-mana, lebih baik mencari informasi sebanyak-banyaknya dulu, jadi tidak tersesat dan bengong nantinya, yang justru tidak efisien waktu. Dari hasil riset, ada 7 tempat wisata di Jogja yang ingin saya kunjungi nantinya. Mainstream atau anti-mainstream tidak masalah, soalnya saya belum pernah ke sana. Dan semua tempat yang ingin saya kunjungi ini, semuanya bertema tentang alam.

Desa Wisata Kalibiru

Kalibiru, photo by Pixabay
Kalibiru, photo by Pixabay

Sudah rindu sekali saya dengan yang namanya dataran tinggi. Di Batam, tidak ada yang namanya dataran tinggi, hanya bukit. Oleh karena itu,Desa Wisata Kalibiru ini menjadi salah satu tujuan wajib yang harus saya datangi.

Desa Wisata Kalibiru terletak di Bukit Menoreh, Kulonprogo, sebelah barat Yogyakarta dan terkenal akan pemandangannya yang indah dari ketinggian. Tak hanya itu, ada juga wahana flying fox di atas bukit dan jalur trekking yang indah, dengan jalur dari 1,5 km hingga 7 km, tergantung keinginan.

Puncak Kosakora

Katanya, Puncak Kosakora ini bagus untuk dikunjungi saat pagi atau sore, karena sunset dan sunrisenya sangat menawan, selain keindahan perbukitan dan pantai yang membentang di sekelilingnya.

Well, yeah, mungkin saya juga akan camping di sini. Karena di tempat ini juga telah tersedia persewaan tenda untuk menginap, jadi tidak perlu repot harus membawa tenda sendiri dari rumah. Dan biayanya pun cukup dengan Rp 60.000 untuk tenda kecil atau Rp 100.000 untuk tenda besar.

The World Landmarks – Merapi Park Yogyakarta

Merapi park, photo by @infomaindijogja
Merapi park, photo by @infomaindijogja

Saya pernah mendaki Gunung Ungaran, Merbabu, Sindoro dan Sumbing, tapi sama sekali tidak pernah menginjakkan kaki di Merapi. Termasuk Merapi Park sekalipun.

Di The World Landmarks – Merapi Park terdapat berbagai miniatur landmark negara-negara dunia, seperti kincir angin khas Belanda, Menara Pisa dari Italia, Menara Eiffel dari Paris, Patung Liberty dari USA, Big Ben London dan Burj Khalifa dari Dubai.

Selain itu, terdapat berbagai wahana yang menarik untuk keluarga, seperti Cowboy Town / Indian Village, Kids Water Park, dan playground/ taman bermain anak.

  • Lokasi / Alamat : Jl. Kaliurang No.KM. 22.5, Banteng, Hargobinangun, Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (Depan Museum Merapi)
  • Jam Buka : Pukul 09.00 – 16.30 WIB

Gunung Api Purba Nglanggeran

Gunung Api Purba, photo by gunungapipurba
Gunung Api Purba, photo by gunungapipurba
Read More Post
1 of 20

Gunung Api Purba Nglanggeran dengan ketinggian antara 200-700 mdpl ini terletak di kawasan Baturagung, disebelah utara Kabupaten Gunungkidul. Lebih tepatnya, Gunung Nglanggeran terletak di Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, sekitar 22 km dari kota Wonosari.

Gunung api purba ini mempunyai punya banyak bebatuan hitam yang besar dan pemandangan cantik Yogyakarta dari ketinggian. Kawasan gunung api purba ini adalah kawasan yang litologinya disusun oleh material vulkanik tua.

Dari sini membentang keindahan alam dari segala penjuru Gunung Kidul yang terlihat dengan indah. Secara geologi, Gunung Api Purba Nglanggeran memang sangat unik serta bernilai ilmiah tinggi.

Hutan Pinus Mangunan

Hutan pinus Mangunan, photo by 2jogja
Hutan pinus Mangunan, photo by 2jogja

Hutan? This get me excited. Satu-satunya hutan di Batam yang pernah saya tembus hanya hutan Muka Kuning untuk menuju ke Telaga Bidadari.

Hutan Pinus Mangunan terletak di daerah perbukitan daerah Dlingo, Bantul. Kebayang hutan pinus ini begitu sejuk dan memiliki pemandangan yang menawan. Tak hanya berfungsi sebagai hutan lindung, Hutan Pinus Mangunan juga menjadi destinasi wisata yang menarik dan ingin saya kunjungi.

Sepertinya perpaduan udara sejuk pegunungan dan ratusan pohon pinus nan rindang bisa membuat pikiran lebih tenang dan badan lebih rileks.

Goa Pindul

Goa Pindul, photo by goapindul.com
Goa Pindul, photo by goapindul.com

Nah, ini dia Goa yang sering saya dengar. Goa Pindul! Goa ini terletak di Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta. Goa Pindul ini katanya salah satu tempat cave tubing paling terkenal dan digemari oleh wisatawan domestik dan mancanegara.

Goa Pindul merupakan salah satu goa dari tujuh goa dengan aliran sungai bawah tanah. Goa ini memiliki panjang sekitar 350 meter dan lebar sekitar 5 meter. Jarak permukaan air dengan atap goa sekitar 4 meter. Dan Goa Pindul ini memiliki kedalaman sekitar 5 sampai 12 meter.

Katanya, cara paling direkomendasikan untuk menyusuri Gua Pindul adalah dengan cave tubing. Lalu, apa itu cave tubing?

Cave tubing adalah salah satu aktivitas menyusuri goa dengan cara melalui sungai yang mengalir menggunakan bantuan ban dan pelampung. Di Goa Pindul, ada 3 zona yang akan dilewati ketika menyusurinya, yaitu zona terang, remang, dan gelap. Total perjalanan akan memakan waktu sekitar 45 sampai dengan 60 menit.

Aktivitas ini cenderung aman dilakukan oleh siapapun karena aliran sungai yang berada di Goa Pindul  tergolong tenang menjadikan. Baik anak-anak maupun dewasa bisa mengikuti aktifitas ini. Waktu terbaik untuk cave tubing di Gua Pindul adalah pagi hari sekitar pukul 09.00 atau 10.00 WIB.

Lava Tour Merapi

Lava Tour Merapi, photo by Kompas
Lava Tour Merapi, photo by Kompas

Salah satu dari yang paling saya inginkan adalah ini, Lava Tour Merapi. Salah satu aktifitas yang memacu adrenalin, dengan menumpang mobil jeep offroad dengan jalanan yang berundak-undak dan dipenuhi pasir.

Jalur jeep menelusuri kawasan Merapi yang pernah diluluhlantahkan oleh lava sekitar lima tahun lalu.

Driver Lava Tour Merapi ini akan mengajak kita bertualang melewati sungai dan jalanan yang tidak mulus. Ini akan menjadi aktifitas yang sangat menantang. Badan kita akan merasakan guncangan diatas mobil jeep offroad yang melaju di kawasan sekitar Merapi yang penuh kerikil, bebatuan dan pasir.

Selain have fun sekaligus memacu adrenalin, Lava Tour Merapi juga akan memberikan gambaran dan pemahaman tentang Gunung Merapi, termasuk letusan Merapi yang pernah terjadi pada tahun 2010 lalu.

Seru banget memang Jogja. Tak sabar rasanya ingin menjelajahinya lagi.

- Matched Content -

You might also like

Mari Berdiskusi

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More