The Illusion Batam, Tempat dimana Atas dan Bawah Tidak Berlaku

Pernahkah berkhayal bagaimana rasanya berada di suatu tempat yang semuanya serba terbalik? Atau berpetualang melewati jembatan kayu yang di bawahnya mengalir sungai yang deras, lalu bertemu naga yang mulutnya menganga karena lapar? Kini semua itu bukan lagi menjadi khayalan, karena sekarang di Batam sudah ada The Illusion Batam, tempat dimana ilusi menjadi nyata.

The Illusion Batam adalah sebuah studio sekaligus museum yang menyuguhkan berbagai macam trick art, trick eye 3D art dan perspective room yang akan membuat kamu serasa berada di negeri ilusi dan khayalan. Semua ini merupakan hasil kerja dan kreatifitas para seniman lokal Batam lho!

Tempat wisata yang diperkenalkan sekitar pertengahan tahun lalu ini terletak di kawasan wisata populer Golden City Batam yang terletak di Bengkong, tepatnya di belakang Hotel Golden View dan restoran seafood Golden Prawn. Alamat lengkapnya di Ruko Golden City Blok K No 4-5-6, Bengkong Laut. Dari Nagoya, The Illusion Batam bisa ditempuh sekitar 10 sampai 15 menit.

Kursi melayang di depan The Illusion Batam

Kursi melayang di depan The Illusion Batam

Pintu masuk ke The Illusion Batam

Pintu masuk ke The Illusion Batam

Ruang terbalik

Begitu memasuki studio, kamu akan langsung disuguhi oleh beberapa mini studio yang menampilkan dekorasi dengan tata letak yang terbalik. Ruangan lengkap layaknya sebuah rumah semuanya dalam kondisi terbalik sempurna, bahkan serbet dan wajan di dapur pun “tergantung ke atas” (dilihat dari perspektif normal). Diantara ruangan tersebut adalah ruang keluarga, ruang tamu, dapur dan kamar mandi.

Di samping mini studio ruang terbalik ada sebuah cermin yang tidak memantulkan bayangan, bahkan bisa jadi, cermin tersebut akan menampillkan sosok yang berbeda. Tergantung dengan siapa kamu bermain! Hahaha.

Tentu saja itu bukan cermin betulan. Ruang itu adalah ruang yang ditata seperti layaknya cermin dan dibuat simetris sehingga seperti memantulkan bayangan yang sama. So much fun!

Dapur terbalik

Dapur terbalik

Ruang keluarga terbalik

Ruang keluarga terbalik

Kamar mandi terbalik

Kamar mandi terbalik

Ruang tamu terbalik

Ruang tamu terbalik

Frame 3D

Frame 3D

Perspective room

Di perspective room ini kamu akan menemui beberapa ruangan yang akan membuat objek menjadi tidak lazim, apabila dilihat dari sudut yang tepat. Di antara perspective room yang ada di The Illusion Batam adalah Mirror Illusion, Giant & Dwarf Arena, 45 degree room, dan game room ala Kamehameha.

Seperti namanya, Mirror Illusion adalah ruangan pernuh cermin di setiap sisinya, sehingga pantulan bayangan kita akan berada di mana-mana. Ditambah dengan dekorasi lampu kecil di sekeliling dinding membuat ruangan ini jadi romantis, kecuali buat yang single.

Mirror Illusion - the Illusion Batam

Mirror Illusion – the Illusion Batam

Nah, buat kamu yang jomblo, direkomendasikan untuk tidak masuk ke Mirror Illusion. Takutnya nanti kamu makin frustasi dengan kesendirianmu. Karena kemanapun kamu melihat, cuma ada pantulan bayanganmu sendiri, dalam jumlah yang banyak.

Giant & Dwarf arena bisa membuat kamu seolah-olah menjadi raksasa atau sebaliknya menjadi kerdil, apabila dilihat atau difoto dari sudut yang benar. Jangan khawatir untuk salah mengambil sudut yang tepat, karena di setiap mini studio akan terdapat panduan di mana kamu harus berdiri untuk melihat atau mengambil foto.

Giant & Dwarf Arena

Giant & Dwarf Arena

Jangan sungkan juga untuk meminta bantuan guide yang selalu siap membantu. Guide ini akan merekomendasikan pose dan sudut pandang yang tepat dan memastikan kamu mendapat foto ilusi yang maksimal. Tapi juga jangan jadiin modus buat kamu yang jomblo untuk nemenin keliling studio.

Dua perspective rooms berikutnya adalah buat kamu yang suka berandai-andai menjadi superhero atau superstar. Di ruang game ini, kamu bisa ngeluarin jurus Kamehameha ala Son Goku tanpa harus ngeden atau teriak. Cukup pose manja dan Kamehameha segera meluncur menuju lawan. Sayang, awan kinton sepertinya malu-malu untuk menampakkan diri di sini.

Buat yang ngebet jadi superstar, 45 degree room akan jadi ruangan yang cocok. Di ruangan ini, kamu akan bisa menguasai teknik 45 degree ala Michael Jackson tanpa harus memakai sepatu anti gravitasi punya pakcik Michael. Instant result!

Games Room Kamehameha ala ala. Photo by menixnews.com

Games Room Kamehameha ala ala. Photo by menixnews.com

45 Degree Room. Photo by menixnews.com

45 Degree Room. Photo by menixnews.com

Trick art dan 3D art

Lanjut ke ruangan sebelah yang dikhususkan untuk trick art dan 3D art. Di ruangan ini tidak akan ditemui mini studio atau ruangan lain. Seisi ruangan berisi lukisan 3D yang unik dengan cerita dan tema yang beragam, mulai dari meniti jembatan kayu, pipis bersama raksasa, berada di mulut naga, berburu pterodactyl, dan menangkis tendangan kaki Jet Lee.

Itu hanya beberapa dari semua lukisan trick art dan 3D art yang ada di The Illusion Batam. Beragam tema yang unik dan menarik di sini bisa kamu eksplor tanpa batasan waktu. Kamu bisa berfoto dan menggunakan properti sepuasnya. Tentu dengan bertanggungjawab ya!

Perspektif kereta

Perspektif kereta

Meniti jembatan kayu - the Illusion Batam

Meniti jembatan kayu – the Illusion Batam

Berburu Pterodactyl dan T-Rex

Berburu Pterodactyl dan T-Rex

Ilusi sayap di The Illusion Batam

Ilusi sayap di The Illusion Batam

Memburu penjahat

Memburu penjahat

Meniti jembatan kayu

Meniti jembatan kayu

3D art - the Illusion Batam

3D art – the Illusion Batam

Jet Lee Trick Art

Jet Lee Trick Art

Air tumpah dari lukisan

Air tumpah dari lukisan

The Illusion Batam

The Illusion Batam

  • Alamat: Golden City Block K No 4-5-6, Bengkong Laut, Tj. Buntung, Bengkong, Kota Batam, Kepulauan Riau 29444, Indonesia
  • Instagram: https://www.instagram.com/the_illusion_batam/
  • Telepon: +62 811-7767-668
  • Jam operasional: setiap hari pukul 08.00 – 17.00 WIB
  • Tiket masuk: Rp 80.000 (dewasa), Rp 40.000 (anak-anak dan lansia)

[vc_gmaps link=”#E-8_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”]

Show Comments

21 Comments

  1. Yulia Marza 01/04/2017
  2. Dian Radiata 01/04/2017
    • Akut Wibowo 03/04/2017
  3. chotijah 01/04/2017
    • Akut Wibowo 03/04/2017
  4. chotijah 01/04/2017
  5. Annisa Rizki Fakih 30/03/2017
  6. Dian Fernanda 30/03/2017
  7. riawani elyta 30/03/2017
  8. ahmadi sultan 29/03/2017
    • Akut Wibowo 29/03/2017
  9. Chaycya 29/03/2017
  10. Danan Wahyu Sumirat 29/03/2017
  11. harahap soleh 29/03/2017
  12. sri murni 29/03/2017
    • Akut Wibowo 29/03/2017

Mari Berdiskusi