22

Tips Memesan Tiket Kereta dan Menyiapkan Perjalanan dengan Kereta Api

Saat ini, cara memesan tiket kereta api sudah tidak sama lagi dengan beberapa tahun yang lalu. Dulu, seseorang harus datang ke stasiun terlebih dahulu untuk kemudian mengantri agar dapat membeli tiket kereta api. Nah sekarang, memesan tiket dapat dilakukan dari mana saja berkat bantuan internet.

Akan tetapi, masih saja ada hal-hal kecil yang terkadang luput dari perhatian calon penumpang pada saat memesan tiket kereta api maupun saat melakukan persiapan perjalanan yang berpotensi menjadi masalah.

Oleh karena itu menyimak beberapa tips seputar memesan tiket kereta api yang dapat membantu seseorang untuk bisa lebih mempersiapkan diri tidak ada salahnya. Terutama agar perjalanan dapat menjadi lebih lancar dan minim potensi gangguan masalah.

Rencanakan perjalanan dengan persiapan waktu yang cukup

Sebagian orang merencanakan perjalanan dengan kereta secara mendadak atau dengan jarak waktu yang sangat pendek dengan hari keberangkatan. Hal ini berpotensi merusak agenda perjalanan itu sendiri, sebab tiket kereta hari ini dijual bebas secara online.

Baik pihak operator kereta maupun pihak ketiga yang terikat kerja sama dapat menjual tiket seketika begitu waktu pemesanan dibuka. Semua orang dapat dengan langsung memeriksa ketersediaan tiket maupun melakukan pemesanan sewaktu-waktu.

Tidak jarang hal ini menyebabkan calon penumpang yang memiliki rencana mendadak atau persiapan pendek gagal untuk memesan tiket kereta karena ketersediaan tiket telah habis, walaupun beberapa waktu sebelumnya sudah memeriksa ketersediaan tiket dan masih tersisa cukup banyak.

Pastikan tidak ada masalah non-teknis menjelang keberangkatan

Masalah klasik yang paling fatal yang bisa mengganggu perjalanan adalah tidak membawa tiket kereta. Untungnya saat ini kereta api sudah menggunakan sistem cetak tiket boarding yang dapat dilakukan sebelum masuk ke ruang tunggu dalam stasiun keberangkatan.

Masalah selanjutnya adalah membawa tiket atau boarding pass akan tetapi tidak bisa menunjukkan bukti identitas semisal KTP/SIM/KK/Paspor. Masalah lain yang pernah terjadi adalah membawa barang bawaan yang tidak diizinkan untuk naik di kereta penumpang, seperti misalnya hewan peliharaan atau makanan yang berbau tajam.

Hal-hal seperti ini bisa berpotensi mengganggu perjalanan dengan menggunakan kereta hingga dapat menyebabkan batalnya perjalanan.

Jangan salah kereta

Menyiapkan Perjalanan dengan Kereta Api

Menyiapkan Perjalanan dengan Kereta Api

Salah kereta di sini bisa diartikan dari beberapa sisi. Yang pertama adalah salah kereta ketika memesan. Kesalahan ini dapat mengakibatkan dampak yang bermacam-macam.

Seperti misalnya jam keberangkatan atau kedatangan yang tidak pas (misal, dini hari). Atau salah kereta dalam arti tidak paham kebiasaan dalam berkereta api. Contoh, sebagian orang memesan tiket kereta dengan pertimbangan harga tiket yang murah tanpa mempertimbangkan fasilitas yang akan diperoleh.

Hal ini memunculkan sebagian orang yang kemudian merasa kapok karena melakukan perjalanan jarak jauh dengan menggunakan kereta kelas ekonomi. Kereta ekonomi memiliki konfigurasi tempat duduk tegak yang tidak bisa diubah (non-reclining) sehingga untuk perjalanan dalam waktu lama, dapat menyebabkan punggung terasa sakit atau pegal.

Salah kereta yang selanjutnya adalah salah naik kereta. Kasus semisal ini memang sudah jarang terjadi karena kereta hari ini telah dilengkapi dengan papan nama pada bagian gerbong atau kereta penumpang. Kejadian semisal ini biasanya terjadi di stasiun-stasiun besar atau pada jam-jam sibuk, di mana pada saat itu beberapa kereta dapat berada secara bersamaan di jalur yang bersebelahan sekaligus.

Dalam kondisi tergesa-gesa, meskipun seseorang telah memegang tiket dengan informasi yang jelas, tetap saja hal ini dapat menjadi sebab seseorang salah naik kereta. Penumpang seperti ini biasanya baru akan sadar setelah kereta berangkat dan memeriksa kembali tiket kereta.

Turunlah di stasiun tujuan

Di kota-kota besar, seperti misalnya Jakarta, bisa jadi memiliki lebih dari satu stasiun pemberhentian. Untuk itu penting memastikan informasi yang tertulis pada tiket tentang nama stasiun yang menjadi tujuan. Atau jika kita ditunggu penjemput di kota tujuan, koordinasikan terlebih dahulu akan turun di stasiun tujuan yang mana.

Jangan Merokok

Jangan Merokok

Bagi yang memiliki kebiasaan berat merokok, usahakan untuk bisa menahan agar tidak merokok selama perjalanan. Hal ini dikarenakan siapapun yang ketahuan merokok di dalam kereta selama perjalanan, akan dikenakan sanksi diturunkan pada stasiun terdekat. Yang mana, bukan tidak mungkin seseorang itu akan diturunkan di tengah perjalanan.

Diantara alternatif solusi bagi yang ingin memesan tiket kereta dan menyiapkan perjalanan adalah dengan memanfaatkan situs dan aplikasi Bukalapak. Di Bukalapak, kita bisa membeli tiket kereta, menyiapkan itenary dan melakukan persiapan perjalanan dengan lebih baik agar meminimalisir potensi gangguan dan masalah.

Show Comments

No Responses Yet

Mari Berdiskusi

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.