Tips Menulis dan Pentingnya Surat Lamaran Kerja

Surat lamaran kerja merupakan salah satu syarat wajib ketika kita sedang atau akan mencari pekerjaan. Bisa dibilang, surat lamaran pekerjaan merupakan senjata ampuh untuk mendapatkan pekerjaan. Karena dalam surat lamaran kerja itulah kita mampu menunjukkan siapa diri kita kepada perusahaan.

Ibaratnya, surat lamaran kerja adalah media promosi diri kita kepada perusahaan tempat kita melamar. Oleh karena itu, surat lamaran pekerjaan harus dibuat dengan baik dan benar. Tak hanya baik dan benar, surat lamaran kerja juga harus dibuat semenarik mungkin untuk mendapatkan perhatian dari perusahaan.

Tapi banyak juga diantara pelamar yang menganggap surat lamaran pekerjaan ini adalah hal yang biasa dan tidak dipersiapkan secara matang. Nah, stop sampai di sini! Mari kita belajar untuk membuat surat lamaran kerja yang baik, benar dan menarik.

Tips menulis surat lamaran kerja

Berikut ini adalah tips menulis surat lamaran kerja agar peluang kita diterima di perusahaan semakin besar. Tips menulis surat lamaran pekerjaan ini sudah diurutkan dari langkah paling awal ketika kita mendapatkan informasi lowongan pekerjaan.

1. Baca persyaratan

Bacalah terlebih dahulu persyaratan yang dibutuhkan oleh perusahaan sebelum melamar. Bacalah dengan teliti agar nantinya dalam pembuatan surat lowongan kerja nantinya sesuai dengan isi lowongan pekerjaan.

2. Penggunaan kalimat yang benar

Tulislah surat lamaran pekerjaan dengan kata dan kalimat yang baku sesuai dengan Kamus Besar Bahasa Indonesia. Gunakan kata-kata dan kalimat yang mudah dipahami, singkat, padat, jelas, dan sopan serta menarik.

Tujuan surat lamaran harus benar dan jelas. Nama, gelar, jabatan, dan alamat perusahaan harus benar dan ejaannya harus sesuai.

3. Format yang rapi

Dalam penulisan surat lamaran pekerjaan, pakailah format surat yang benar dan terstruktur rapi. Pastikan data-data yang dimasukkan sudah benar dan lengkap. Perhatikan juga formatting apabila menggunakan Microsoft Word.

4. Lampiran

Selain melengkapi data-data yang diminta oleh perusahaan, selalu lampirkan juga surat pendukung lainnya dalam lamaran kerja, seperti sertifikat keahlian yang dimiliki, ataupun surat pengalaman kerja. Dari sini akan terlihat kelebihan yang kita miliki daripada kandidat lainnya sehingga perusahaan akan lebih tertarik.

5 Periksa kembali

Setelah selesai menulis surat lamaran kerja, bacalah sekali lagi untuk memastikan tidak ada salah ketik ataupun kata atau kalimat yang tidak sesuai atau ada kata yang diulang-ulang. Nah, seringkali langkah ini sering dilupakan, padahal langkah ini penting untuk memastikan bahwa surat lamaran pekerjaan yang akan kita kirim sudah sempurna.

Ketik atau tulis tangan?

Surat lamaran pekerjaan boleh diketik ataupun ditulis tangan, namun selalu pastikan bahwa kertas yang dipakai harus bersih. Pastikan tidak ada kotoran, kertas bekas terlipat, bekas dihapus, tip-ex, atau kotoran lain.

Apabila menulis surat lamaran pekerjaan dengan tulisan tangan, pastikan tulisan dapat terbaca dengan jelas. Hindari untuk menggunakan tulisan dengan gaya tegak bersambung. Pakailah alas untuk tangan, contoh dengan menggunakan tisu ketika menulis. Tujuannya adalah agar kertas Cara membuat surat lamaran kerja.

Nah, itulah tadi tips menulis surat lamaran kerja agar kesempatan kita untuk menjadi karyawan di perusahaan yang sedang kita lamar semakin besar.

Show Comments

No Responses Yet

Mari Berdiskusi