1

Touch Retouch, Menghilangkan Objek yang tak Diinginkan dalam Sebuah Foto

Pernahkah ketika kamu udah ngerasa pose maksimal, tapi in the end, ada aja objek tak terduga yang masuk dalam frame? Misalnya kaya orang yang tiba-tiba nongol atau ternyata ada sampah botol mineral teronggok di dekat kamu. Ngeselin ngga sih?

Seorang fotografer akan dengan mudah mengedit foto tersebut dengan bantuan Photoshop dan software sejenis. Lalu bagaimana dengan kita yang masih awam dengan fungsi setiap tools yang ada di Photoshop? Atau lagi males banget nyalain komputer atau laptop buat ngedit satu buah foto?

Seiring berkembangnya waktu, aplikasi pun semakin canggih dan mudah digunakan dengan user interface yang sederhana serta mudah dipahami. Untuk pengguna iPhone, menghilangkan objek yang tak diinginkan dalam sebuah foto semudah mengusap layar smartphone besutan Apple tersebut! Lalu puff! Objek tersebut hilang seketika tanpa bekas!

Nama aplikasi tersebut adalah Touch Retouch. Sebuah aplikasi iOS yang berfungsi spesifik untuk menghilangkan objek yang tak diinginkan dalam sebuah foto. Idenya sangat sederhana, namun juga sangat bermanfaat.

Memang di beberapa aplikasi tertentu seperti Snapseed ada fitur Healing yang mempunyai fungsi serupa. Namun setelah mencoba keduanya, secara personal, Touch Retouch lebih unggul dengan hampir tidak meninggalkan jejak sama sekali. Singkat kata, natural.

Fungsi-fungsi pada aplikasi Touch Retouch

Sebelum mulai menggunakan aplikasi ini, ada bagusnya kita mengenal apa saja fungsi-fungsi yang ada di Touch Retouch. Touch Retouch merupakan aplikasi iOS berbayar dan bisa didapatkan dengan harga 29 ribu rupiah di App Store.

Menu Utama

Menu utama

Menu utama

Di menu utama ini, terlihat fungsi-fungsi utama pada bottom bar seperti Object Removal, Quick Repair, Line Removal dan Clone Stamp. Pada top bar, ada tombol navigasi home, undo, redo, toggle sebelum dan sesudah, lalu tombol save/share.

Object Removal

Object Removal

Object Removal

Bisa dibilang merupakan fungsi utama dari aplikasi ini. Ada 4 tools di Object Removal, yaitu brush, lasso, eraser dan setting.

Brush dan lasso merupakan tool untuk memilih area atau membuat masking di objek yang akan di-remove atau dihilangkan. Bedanya hanya pada cara melakukan pemilihan area masking. Brush memilih area masking secara langsung dengan menyapukan brush ke area yang ingin dihilangkan dengan mengusap layar. Sedangkan lasso dengan memilih sekeliling area yang akan dihilangkan.

Eraser berfungsi untuk menghilangkan, menghapus atau merapikan masking yang telah dibuat dengan brush atau lasso. Sedangkan setting untuk menyesuaikan besarnya diameter brush yang akan digunakan.

Object Removal tidak menghilangkan objek secara otomatis. Select objek terlebih dahulu baru tap tombol GO untuk eksekusi.

Quick Repair

Quick Repair

Quick Repair

Fungsinya sama dengan Object Removal, bedanya adalah, Quick Repair langsung bekerja saat itu juga, ketika brush disapukan ke objek. Quick Repair lebih berfungsi untuk touch up finishing atau objek yang ingin dihilangkan tidak terlalu sulit seperti noda-noda kecil.

Line Removal

Line Removal

Line Removal

Merupakan fungsi spesifik dari Touch Retouch yang berfungsi untuk menghilangkan sebuah garis. Contohnya adalah kabel listrik yang melintang. Aplikasi akan langsung mendeteksi adanya garis yang mengganggu apa sebuah foto ketika kita menyentuh garis tersebut.

Clone Stamp

Clone Stamp

Clone Stamp

Sebuah fungsi yang ada juga pada Photoshop. Fungsinya adalah untuk mengkloning sebuah area foto ke area lain. Clone Stamp ini juga berfungsi untuk sentuhan akhir merapikan foto.

Brush berfungsi untuk menyapukan area yang akan dikloning dan tap setting untuk melakukan penyesuaian besarnya brush, hardness dan opacity yang diinginkan.

Export/Share/Save dan Setting

Export atau Save

Export atau Save

Ketika sudah selesai bekerja dengan Touch Retouch, tap icon save/share di pojok kanan atas. Setelah itu akan terbuka jendela baru yang berisi pilihan untuk menyimpan foto ke camera roll, menyimpan dengan history dan bisa diedit kemudian, atau langsung di-share ke social media.

Di pojok bawah ada tombol setting yang lebih untuk mengatur kualitas export foto yang dihasilkan.

Setting output foto

Setting output foto

Tutorial menggunakan Touch Retouch

Lanjut ke tutorial. Berikut ini adalah review sekaligus tutorial singkat bagaimana menggunakan Touch Retouch untuk menghilangkan objek yang tak diinginkan dalam sebuah foto.

  1. Buka aplikasi dan pilih foto yang akan diedit dengan tap Option Continue adalah untuk melanjutkan foto yang telah diedit sebelumnya.

    Buka aplikasi Touch Retouch dan pilih Albums

    Buka aplikasi Touch Retouch dan pilih Albums

  2. Pilih foto yang akan diedit. Contoh foto yang saya edit sebagai berikut, diambil di Danau Biru Bintan. Di foto ini, saya akan mencoba menghilangkan dedaunan, kayu dan beberapa noda di foto.

    Contoh foto

    Contoh foto

  3. Di menu utama, pilih Object Removal.

    Pilih Object Removal

    Pilih Object Removal

  4. Tap Brush, lalu sapukan ke objek yang akan dihilangkan. Sesuaikan besar brush pada setting dan zoom in bila perlu untuk lebih presisi.

    Gunakan brush untuk menghilangkan objek

    Gunakan brush untuk menghilangkan objek

  5. Gunakan Quick Brush untuk noda-noda kecil.

    Gunakan Quick Brush

    Gunakan Quick Brush

  6. Hasil akhir.

    Done!

    Done!

Gimana, mudah kan? Nah, untuk hasil yang lebih maksimal dan instagrammable, kamu bisa lanjut mengolah foto kamu menggunakan VSCO filter atau aplikasi sejenis seperti Afterlight, Color Story dan Snapseed.

Show Comments

10 Comments

  1. ahmadi sultan 20/05/2017
  2. Eka Handa 18/05/2017
    • Akut Wibowo 18/05/2017
  3. Danan 17/05/2017
  4. Riawani elyta 14/05/2017
  5. sri murni 12/05/2017
  6. Harahapsoleh 12/05/2017

Mari Berdiskusi