Trip Satu Hari ke Bintan: Treasure Bay dan Sebong Pereh

1132 5

Usai makan siang, perjalanan trip satu hari ke Bintan dilanjutkan ke Treasure Bay untuk mengunjungi dan bermain-main di kolam renang air asin terbesar di Asia Tenggara, Crystal Lagoon! Saya cukup penasaran juga dengan label terbesar se-Asia Tenggara ini, sebesar apakah kolam renangnya? Dan apakah beneran asin? –ngga penting.

Perjalanan menggunakan bus memakan waktu sekitar 10 menit untuk sampai ke Treasure Bay dari pujasera tempat kami makan siang. Dan alamak! Rame banget itu antrian! Penuh sesak! Kami diminta menunggu sementara tour guide masuk ke area Treasure Bay untuk mengurus tiket masuk.

Tak berapa lama, kami pun masuk ke dalam antrian yang lumayan panjang. Petugas akan memberikan kita gelang kertas sebagai tiket masuk. Gelang ini tahan air, jadi ngga perlu dicopot ketika mau berenang.

Masuk ke area Treasure Bay, saya langsung menuju tepian kolam renang Crystal Lagoon yang airnya kelihatan biru jernih dari kejauhan. Dan WOW! This swimming pool is large indeed! Luas banget bro! Crystal Lagoon ini memiliki panjang sekitar 800 meter dengan luas yang mencapai sekitar 6 hektar.

Bentuknya memanjang dengan airnya yang biru jernih seperti kristal. Yup! Sesuai namanya guys, Crystal Lagoon! Oh, iya, Treasure Bay ini merupakan tujuan ketiga dari trip satu hari ke Bintan, setelah Lagoi Bay dan makan siang di pujasera. Intip postingan sebelumnya di One Day Trip Bintan Bareng My Trip Indonesia

Menjelajahi Crystal Lagoon, Treasure Bay

Saya dan istri pun memutuskan untuk iseng mengelilingi kolam renang ini sebelum berenang. Banyak yang bisa kamu lakuin di sini guys! Di kolam segede ini, banyak banget water activities yang bisa dilakuin. Di sini ada semacam Aqua Adventure Park seperti di Nuvasa Bay Batam, kamu juga bisa ber-canoe, cable ski, jetovator dan yang pasti, kamu bisa BERENANG! I choose the last one, because it’s free. Buahaha.

Kami pun berjalan kaki mengelilingi Crystal Lagoon. Untuk yang malas cape, bisa sewa scooter listrik dengan biaya kalau ngga salah sebesar 80 ribu untuk satu jam. Tapi karena kami ngga takut lelah, kami pun berjalan kaki. Siapa tau ada spot kece sikit, cekrek, kece banget cekrek, kece banyak cekrek cekrek!

Sedikit hasil cekrekan setengah perjalanan kolam renang.

Setengah perjalanan, ternyata memang capek! Ngga bisa dianggap remeh ini kolam renang. Beneran luas guys! So take my advice, don’t take a walk! Better you lost pay 80K. Trust me.

Di ujung Crystal Lagoon, kami memasuki area glamping yang famous di Bintan, The Canopy. Dulu waktu awal-awal buka pengen banget ke sini, pas lagi promo murmer waktu itu, tapi belom kesampaian. Sekarang disempet-sempetin deh mampir walaupun numpang lewat, udah lumayan puas lah. Again, maybe next time, bisa ke sini berlibur sama anak-anak. Aamiin!

Skip skip skip…. Perjalanan yang lumayan melelahkan mengelilingi Crystal Lagoon akhirnya berhenti di titik pertama kami memulai perjalanan. Sudah lelah rasanya kaki ini berjalan. Namun hasrat untuk menyeburkan diri ke kolam renang berwarna biru kristal itu begitu tinggi sehingga kami pun langsung menuju toilet untuk berganti baju.

Demi membunuh rasa penasaran, saya pun mencoba mencicipi air di kolam renang. Dan, yup! Confirm airnya asin beneran. Case close!

Kolam renang Crystal Lagoon ini didesain semirip mungkin dengan pantai. Kolam renangnya memiliki kemiringan yang teratur dari landai hingga dalam. Untuk keamanan pengunjung, area berenang dibatasi oleh tali, kedalaman di perbatasan tali tersebut sekitar 2 meter. Jadi pastiin untuk kamu yang pengen berenang di sini, selalu patuhi peraturan dan utamain keselamatan ya!

Life guard selalu standby di samping kolam renang untuk memantau dan membantu pengunjung. Sesekali mereka mengingatkan pengunjung untuk selalu menjaga keselamatan masing-masing dan mentaati peraturan.

Puas banget memang berenang di sini. Cuaca kebetulan masih agak mendung dan ngga terlalu panas, jadi berenang pun asik-asik aja. Tapi sumpah pas masuk pertama kali, airnya kerasa dingiiin banget! Sampe menggigil awalnya.

Karena kelamaan muterin kolam renang, acara berenang jadi kerasa bentaaar banget! Kami cuma berenang sekitaran 15-20 menit aja lalu ganti baju. Karena satu yang saya notice sewaktu ganti baju renang, kamar mandi untuk ganti baju ini terbatas dan antriannya selalu panjang.

Baca juga:  [Video] Pa Auk Tawya Vipassana Dhura Hermitage

Next time ke sini, langsung berenang aja ahhh! Oh, iya, ini masih ada beberapa foto. Klik untuk memperbesar dan masuk galeri ya!

The Canopy
The Canopy

Patung Rhino, Gorilla, dll

Selesai ganti baju,saya dan istri langsung menuju titik kumpul untuk melanjutkan perjalanan. Benar saja, sudah banyak yang berkumpul dan menunggu bus. Waktu menunjukkan pukul 2.45 siang. Tepat waktu sesuai jadwal yang telah di-briefing sebelumnya.

Perjalanan dilanjutkan menuju ke destinasi trip satu hari ke Bintan selanjutnya, yaitu Patung Penyu dan Vihara Sangharama Sebong Pereh. Sepanjang perjalanan, kita akan melewati beberapa patung hewan yang sering juga menjadi object foto para wisatawan, seperti patung rhino dan gorilla. Jika ingin berfoto, kita harus request kepada tour guide karena berfoto di tempat tersebut memang optional.

di trip satu hari ke Bintan kali ini, Kami sempat mampir ke Patung Gorilla
di trip satu hari ke Bintan kali ini, Kami sempat mampir ke Patung Gorilla

Perjalanan menuju ke Sebong Pereh memakan waktu agak lama sekitar 20 menit. Sebagian besar peserta trip udah pada tepar dan tidur. Saya dan istri masih asyik lihat-lihat hasil foto. Lalu diedit dan upload biar makin eksis. Oh, iya! Di bus ini ada WiFi-nya juga lho! Jadi tetep bisa eksis selama perjalanan.

Patung Penyu dan Vihara Sangharama Sebong Pereh

Ada 2 attractions menarik yang ada di Sebong Pereh, yaitu Patung Penyu dan Vihara Sangharama Sebong Pereh. Patung Penyu sendiri masih merupakan bagian dari vihara yang terletak di tepi pantai dan berhadapan langsung dengan posisi matahari terbenam. Kece banget buat foto sore-sore!

Saya lebih tertarik untuk mengunjungi Vihara Sangharama Sebong Pereh yang terletak di seberang. First impression, yang menarik saya ketika melihat vihara ini adalah sebuah patung berukuran besar yang berdiri gagah di belakang vihara. So majestic!

Patung berukuran raksasa tersebut adalah patung Dewa Guan Sheng Di Jun. Dewa Guan Sheng Di Jun adalah seorang pejuang yang terkenal dengan janggut panjang, dan menggunakan tombak pedang sebagai senjatanya. Tingginya mencapai ± 15meter dan merupakan patung Guan Shen Di Jun terbesar di Asia Tenggara. Wow! 2 predikat terbesar dan terluas di Asia Tenggara ada di Bintan! Mantap!

Patung ini berada tepat di belakang Vihara Sangharama Sebong Pereh. Dan menurut beberapa sumber, patung ini diresmikan langsung oleh Bupati Bintan “ANSAR AHMAD, SE, MM” dan Wakil Gubernur Kepri “DR. HM. SOERYA RESPATIONO. SH. MH” pada tanggal 28 Mei 2015.

Baca juga:  Resolusi 2018! Trip Rame-rame Keluarga Kecil Pak Akut Wibowo

3 foto kece dengan langit cerah di bawah ini bukan saya yang foto yak! Foto ini milik photographer kece Bintan sekaligus penguasa Lagoi, Heru Sukma, intip blognya di nyiksakamera.wordpress.com. Pinjam fotonya ya oom! Soalnya pas ke sini udah lobet. Wakakakak.

Klik untuk memperbesar dan masuk galeri!

Dan itulah akhir dari trip satu hari ke Bintan kali ini. Sebagai tambahan, jangan lupa untuk memesan otak-otak untuk oleh-oleh sebelum pulang. Ada beberapa peserta trip yang menyesal karena terlalu sedikit memesan otak-otak. Setelah tau kalo enak, nyesel deh kenapa ngga pesen banyak. Padahal cuma seribu per pc! Saya pesen 50 pcs. Biar puas ngemil!

Perjalanan kembali ke Batam

Ternyata perjuangan belum selesai sodara-sodara. Bus mengantarkan kami tepat waktu untuk naik kapal roro berikutnya.

Yang jadi masalah adalah, penuh sesak! Kapal sudah penuh oleh para penumpang yang akan kembali ke Batam. Itu pun belum semua mobil masuk. Ya sudah no choice, tetap harus naik. Lantai 2 sudah penuh sesak, kami pun naik menuju dek lantai 3 di depan ruang nahkoda. Itupun tidak ada kursi. Jadi kami harus berdiri atau duduk di lantai. Saya memilih berdiri.

Yup, rekreasi yang sebenernya bertujuan untuk refreshing, pada akhirnya memang meninggalkan pegal-pegal di badan. Hahaha.

Tapi overall, trip satu hari ke Bintan kali ini sangat berkesan buat kami.

Trip satu hari ke Bintan: My Trip Indonesia

Nah, buat kamu yang juga pengen ikutan trip satu hari ke Bintan, saya rekomendasiin My Trip Indonesia sebagai trip organizer kamu. Kamu bisa hubungin kontaknya di bawah ini.

My Trip Indonesia

  • Alamat kantor: KEPRI MALL Lt.3 Samping RRI, Batam, Riau, Indonesia
  • Harga paket: Rp 299.000 – update 2017
  • SMS/WhatsApp: 0896 2308 4000

In this article

Join the Conversation

5 comments

  1. fauzi Reply

    wah keren ya sehari dapat explore banyak tempat menarik…

  2. ahmadi sultan Reply

    pengen ke sini lagi

    1. Akut Wibowo Reply

      Hubungi saya bang kalo mau trip. Hahaha

  3. ina Reply

    treasure bay mmg keren….cocok untuk liburan keluarga…anak saya betah di sini dan susah diajak balek…

    1. Akut Wibowo Reply

      Untung deket ya!