Wakjek, Ojek Online Berbasis Aplikasi Pertama di Batam

Wakjek
8

Salah satu alternatif transportasi kini hadir di Kota Batam. Wakjek, merupakan ojek online berbasis aplikasi pertama di Batam, yang dikembangkan oleh anak daerah. Pemilihan nama Wakjek sendiri sudah Batam banget.

“Wak” merupakan kata sapaan yang kerap digunakan di pergaulan anak muda Batam. Kalau di daerah lain sih seperti “bro”, “gan”, “bos”, “ndes” dan “coy”.

Contoh penggunaannya seperti ini. “Wak, makan ke mana kita hari ini? Ko bayarin ya wak..”, atau “Ke mana aja ko wak, dah dua tahun ko tak nampak, tau-tau ko datang minta bayarin sarapan”. Ah, sudahlah..

Wakjek mulai beroperasi hari ini (16 Juli 2016) dan aplikasinya sudah bisa di-download di Play Store. Untuk iOS sepertinya belum tersedia. Ya maklum saja karena aplikasi masih dalam tahap pengembangan. Seiring waktu nanti pasti akan ada update yang akan menyempurnakan versi-versi

Sebagai warga Batam yang baik, mari kita support dan mengapresiasi karya anak daerah. Berilah masukan positif dan membangun pada Wakjek. User experience adalah hal penting dalam pengembangan aplikasi.

Masukan dari user akan sangat membantu dalam pengembangan aplikasi Wakjek selanjutnya. Jangan langsung membandingkan dengan Gojek yang sekarang sudah stabil dan aplikasinya sudah lebih matang.

Menggunakan aplikasi Wakjek

1. Setelah download aplikasinya di Play Store, kita harus mendaftar dulu dengan menggunakan email. Perlu dicatat bahwa aplikasi Wakjek ini hanya bisa bekerja dengan GPS ON. Kalau GPS tidak aktif, aplikasi tidak akan jalan.

Form pendaftaran Wakjek
Form pendaftaran Wakjek

2. Setelah mendaftar, cek email untuk verifikasi. Baru setelah verifikasi, kita bisa login dan mulai menggunakan aplikasi.

Welcome screen Wakjek
Welcome screen Wakjek
Read More Post
1 of 24

3. Main user interface berisi tentang layanan utama dari Wakjek. Layanannya antara lain: Naik ojek, Antar Barang, WakFood (makanan) dan Belanja. Menurut kawan blogger, Mas Iqbal Rois, yang sudah mencoba menggunakan layanan Wakjek pagi ini, Menu WakFood dan Belanja masih belum dapat digunakan.

Main user interface Wakjek
Main user interface Wakjek

4. Untuk memesan ojek, klik di tile “Naik Ojek”, selanjutnya akan terbuka halaman pemesanan yang memuat lokasi penjemputan dan tujuan. Kalau sinyal GPS bagus, akan langsung terdetek di aplikasi. Jarak dan aplikasi akan terkakulasi begitu memasukkan lokasi. Selanjutnya tinggal klik “Pesan Sekarang”.

Form pemesanan Wakjek
Form pemesanan Wakjek
Wakjek mendeteksi lokasi user dengan GPS
Wakjek mendeteksi lokasi user dengan GPS

Menurut review Mas Iqbal, kolom pencarian masih belum berfungsi maksimal. Dan walaupun sudah mengisi detail lokasi dan alamat pada aplikasi, driver masih menelepon untuk menanyakan detail lokasi.

Kalau aplikasinya mungkin menggunakan Google Map sebagai acuan 100%, pantas saja masih belum bisa melakukan pencarian, karena Google Map sendiri tidak terlalu update untuk Kota Batam dan cenderung kurang akurat, apalagi alamatnya. Berbeda jauh dengan Jakarta dan Singapura.

Tapi akan berbeda jika developer aplikasi menggunakan Google Map API dan mungkin sudah mengembangkan map-nya sendiri, pasti lebih joss. Tapi perlu maximum effort, kalo kata Ryan Reynolds aka Deadpool.

Atau bisa jadi juga, mungkin drivernya masih beradaptasi menggunakan map (mostly possible). Tapi yang pasti, untuk startup sudah bagus. Karena startup yang gagal adalah startup yang tidak pernah memulai.

Seperti yang saya bilang tadi di awal, review dan masukan seperti Mas Iqbal ini sangat penting untuk pengembangan aplikasi kedepannya. However, appreciate untuk Wakjek yang telah hadir sebagai alternatif transportasi di Kota Batam.

Promo bulan Juli 2016

Oiya, ada promonya lho. Dari hari ini sampai dengan tanggal 19 Juli nanti, ada promo Rp.10.000 untuk layanan apapun dan tujuan manapun. Get it now, fast!

Alamat: Ruko Anggrek Mas 2 blok A2 No 16 (seberang Sukajadi)

- Matched Content -

You might also like
8 Comments
  1. sarah eyie says

    semoga dengan kehadiran wak jek semua urusan lebih mudah dan cepat,

    1. Akut Wibowo says

      Terutama bagi yang belum ada akses transportasi umum di Batam dan bagi pelaku usaha 🙂

  2. Batam event says

    Wak Kirain panggilan buat Awak…. ternyata panggilan gaul yg sudah tidak asong lagi sering di ucapkan anak2 batam. Hehe

    1. Akut Wibowo says

      Beda mas antara awak dan ‘wak’..
      Sekarang kawan saya kebanyakan anak Batam, jadi tau sikit.. 😀

  3. pono says

    mana di play store gk ada aplikasinya

    1. Akut Wibowo says

      Ada bang, udah liat video saya?

  4. Dian Radiata says

    Kayaknya nanti aku bakal sering pake wak-food deh 😀

    1. Akut Wibowo says

      Sama nih. Kayanya bakal pake jasa WakFood..
      Apalagi kalo duo krucil di rumah lagi rewel jadi ga bisa keluar keluar..

Mari Berdiskusi

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More