Woody Coffeeshop and Bar, Ngopi dan Nongkrong Asik di Tengah Kota

Sudah lama saya ingin mampir ke kafe ini, Woody Coffeeshop and Bar. Sebagai penikmat kopi, melihat kata coffee shop, dada ini rasanya langsung bergetar, pengen segera nyobain racikan kopi sang barista. Beruntung, di Batam ini, semakin ramai coffee shop yang hadir membagi kenikmatan dunia melalui secangkir kopi.

Tempatnya strategis di pusat kota Batam, Nagoya. Tepatnya di samping Hotel Davienna, di lantai 2 Alfamart. Dari tepi jalan terlihat jelas papan nama berukuran besar bertuliskan Woody Coffeeshop and Bar, yang seakan memanggil dan menggoda mata penikmat kopi untuk mampir, termasuk saya. Sepintas terlihat desain kafe yang eye catchy dengan dominan warna coklat dan hitam berbahan utama kayu dengan konsep vintage ala Eropa.

Minggu kemarin, akhirnya saya berkesempatan mampir ke Woody. Saya benar-benar penasaran, ada apa sih dengan Woody?

Kafe berkonsep Vintage Eropa

Kesan vintage mulai terasa ketika mulai mendaki ke kafe yang berada di lantai 2. Tangga kayu yang dipadu dengan besi berkombinasikan warna hitam dan coklat tua serta beberapa foto yang dipajang di dinding menemani sepanjang perjalanan ke kafe di lantai atas.

Aroma vintage ala Eropa semakin kental begitu anak tangga berakhir dan saya menjejakkan kaki ke dalam kafe. Kursi dan meja berbahan kayu ditata sedemikian rupa dengan ornamen ala Eropa klasik yang juga berbahan kayu. Saya sangat suka dengan kafe yang berkonsep open air seperti ini. Sebagian besar area Woody Coffeeshop and Bar adalah ruang terbuka tanpa atap, atau bisa disebut juga dengan balkon.

Di dinding utama terpampang ornamen kayu yang berlukiskan suasana pedesaan ala Eropa tempo dulu. Di sebelahnya terdapat tumpukan balok kayu warna-warni yang disusun sedemikian rupa dengan kata-kata “Selamat Datang” dalam berbagai bahasa. Unik dan segar! Di atasnya tergantung rapi foto-foto momen dari pengunjung yang pernah datang ke kafe. Di atasnya lagi terpajang ornamen bendera dari beberapa negara, termasuk di dalamnya negara-negara Eropa.

Dekorasi Cantik

Dekorasi Cantik

Meja Barista dan Bartender

Meja Barista dan Bartender

Cocok buat nobar cantik di sini

Cocok buat nobar cantik di sini

Suasana Woody Coffeeshop and Bar

Suasana Woody Coffeeshop and Bar

Meja barista dan bartender terletak di sisi dalam kafe, masih dengan bahan kayu dan dihiasi dengan hiasan khas Eropa. Di meja inilah kenikmatan secangkir kopi diciptakan. Dan di Woody, tak hanya secangkir kopi nikmat yang bisa dinikmati. Woody Coffeeshop and Bar juga menyediakan berbagai macam menu minuman selain kopi, yaitu cocktail dan mocktail yang juga menjadi andalan kafe ini.

Yuk, intip kafe ini lewat video singkat di bawah ini!

[vc_video link=”https://www.youtube.com/watch?v=hZ213pncPIs”]

Sejenak saya melihat-lihat ruangan, saya pun memilih duduk di ruang terbuka, di meja panjang yang menempel pada pagar besi dengan kursi tinggi. Dari sini saya bisa leluasa melihat pemandangan di luar. Pas banget posisi kafe yang terlindung dari matahari sore, jadi nongkrong sore di sini sambil ngopi sangatlah pas! Adem, kalem dan nikmat. Kalau udah gitu, inspirasi ngga susah dicari.

Dengan sigap, waiter mendatangi saya menyodorkan sebuah menu. Kali ini saya memesan single origin coffee dengan biji kopi dari Mandailing, diseduh dengan teknik V60. Sedangkan istri saya memesan Woody Breeze. Sebagai cemilan, saya memesan roti bakar.

Barista sedang menyeduh kopi

Barista sedang menyeduh kopi

Mesin Espresso yang siap menyajikan kopi nikmat!

Mesin Espresso yang siap menyajikan kopi nikmat!

Suasana kafe yang cozy dan santai ini memang pas banget buat ngobrol dan nongkrong. Apalagi kalau rame-rame bareng temen. Penataan ruangan yang tepat dan pemilihan furniture yang pas membuat ruangan yang sebenarnya tidak terlalu luas ini menjadi lapang. Sepertinya ketika malam mulai datang, suasana kafe ini akan semakin meriah.

Kopi Mandailing dan Woody Breeze!

Tak berapa lama, pesanan saya pun datang, secangkir kopi Mandailing dan segelas minuman milkshake segar berwarna biru muda, Woody Breeze. Kopi Mandailing Arabika merupakan salah satu kopi premium dari Indonesia dan sampai dengan saat ini hanya ada di dataran Mandailing. Tidak ada satu daerah pun di Indonesia, bahkan di dunia yang menanam kopi ini.

Aroma kopi yang harum menyeruak masuk ke indra penciuman saya. Saya pun menghirupnya dalam-dalam sembari menyeruput pelan-pelan untuk merasakan citarasa kopi Mandailing ini. Hemm… sedap! Citarasa dan aroma kopi yang kuat terasa begitu nikmat di sruputan pertama. Rasanya asam di awal, dengan cita rasa manis di akhir. Ahh, so sweet!

Pas banget roti bakar baru selesai dibikin dan diantarkan ke meja, bikin sore itu semakin sempurna!

Woody Breeze dan Roti Bakar

Woody Breeze dan Roti Bakar

Abaikan foto ini, cuma saya doang

Abaikan foto ini, cuma saya doang lagi nyeruput kopi

Lalu, apa saja menu lain yang ada di Woody Coffeeshop and Bar?

Selain aneka macam kopi single origin dari berbagai daerah di Indonesia, Woody juga mempunyai menu kopi lain yang tak kalah asik seperti Espresso, Affogato, Latte, Cappuchino, Mochacino, Americano dan lain-lain, yang disajikan panas, dingin atau blend.

Buat kamu yang agak sensitif dengan kopi, ada menu non-coffee, tea, juice dan mocktail yang bisa kamu nikmatin. Coba intip menu lainnya di bawah ini! Menu lebih lengkap termasuk main course bisa kamu lihat di buku menu. Jadi, kapan kamu ke sini?

Menu lain di Woody Coffeeshop and Bar

Menu lain di Woody Coffeeshop and Bar

Woody Coffeeshop and Bar

  • Alamat: Jl. Gajah Mada, Komplek Batam Park, Lantai 2 Alfamart, Batam (samping kanan Hotel da Vienna)
  • Jam buka: 10.00 – 03.00 WIB
  • Harga: start dari Rp 18ribu
  • Instagram: @woodycoffeeshopandbar

[vc_gmaps link=”#E-8_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”]

Show Comments

6 Comments

  1. ahmadi sultan 17/12/2016
  2. Rina 17/12/2016
  3. sarah eyie 13/12/2016

Mari Berdiskusi