317

Ini Dia 9 Hal Seru yang Harus Kamu Coba di Lagoi Bay Bintan

Kawasan Lagoi di Bintan memang terkenal dengan pantai-pantai yang indah. Namun, tak sedikit dari pantai-pantai tersebut yang berada di resort-resort mewah. Artinya, pantai tersebut bersifat private, dan hanya dapat dinikmati oleh tamu yang menginap di resort tersebut. Tapi jangan khawatir, buat kamu yang ingin menikmati indahnya Lagoi tanpa harus menginap di resort, datanglah ke Lagoi Bay Bintan.

Lagoi Bay Bintan merupakan salah satu destinasi wisata di Lagoi yang terbuka untuk umum, and the best part is, it’s FREE!

Nah, minggu lalu, di awal bulan Maret 2018, saya berkesempatan untuk main lagi ke Lagoi bersama beberapa teman. Namun yang berbeda kali ini adalah, saya tidak mengikuti trip organizer seperti waktu pertama kali saya ke Bintan.

Berangkat sekitar pukul 2 siang dari Batam, saya, istri dan beberapa teman menumpang speedboat sampai ke Tanjunguban. Sesampai di Tanjunguban sekitar 15 menit kemudian, kami sudah ditunggu oleh tim dari Lagoi Bay Bintan, yaitu Theo dan Vandra.

Setelah berkenalan dan sedikit greeting, kamipun menaiki bus dari Bintan Resort yang sudah menunggu di tempat parkir. Di dalam bus, Theo memberikan jadwal perjalanan kepada kami selama dua hari di Lagoi. Fokus utamanya adalah di kawasan Lagoi Bay Bintan.

Sampai di Pelabuhan Tanjung Uban

Sampai di Pelabuhan Tanjung Uban

Teringat ketika saya mengikuti trip satu hari Lagoi Bintan, rombongan trip hanya mampir sebentar saja di Lagoi Bay Bintan. Rasanya kok sayang banget waktu itu tidak bisa mengeksplore lebih jauh dan terbatas waktu itinerary yang lumayan ketat.

Nah minggu lalu, rasa itu terpuaskan sudah. Mau tau kemana saja sih enaknya ketika main ke Lagoi Bay? Kamu juga bisa jadiin tulisan ini sebagai rekomendasi perjalanan kamu apabila kamu ada rencara untuk main ke Lagoi, terutama di Lagoi Bay Bintan.

Setelah urusan check-in selesai dan barang-barang sudah dirapikan, kami pun bergegas menuju kembali ke bus untuk menuju ke destinasi pertama. By the way, kami menginap di Bintan Service Apartment yang terletak di kawasan dormitory atau tempat tinggal karyawan di Lagoi. Dulunya bernama Bintan Lodge.

Biayanya sangat terjangkau untuk kawasan Lagoi, jadi cocok buat kamu yang berencana untuk melakukan perjalanan ala backpacker. Nanti deh di tulisan terpisah. Link akan diupdate kemudian disini.

Rumah Imaji

Rumah Imaji Lagoi Plaza Lagoi Bay Bintan

Rumah Imaji Lagoi Plaza Lagoi Bay Bintan

This is our first stop, Rumah Imaji. Dari namanya sudah bisa ditebak bahwa tempat ini akan membawa kita menuju ke ruangan yang penuh dengan imajinasi. Di sini, kita diharuskan untuk membuka sepatu dan membawanya dalam tas yang sudah disediakan sebelum memasuki studio.

Awaken Your Imagination And Discover Unlimited Possibilities at Rumah Imaji!

Demikian slogan yang didengungkan oleh Bintan Resort di halaman websitenya. Rumah Imaji merupakan atraksi terbaru di Lagoi Bay yang baru saja dibuka pada pertengahan bulan Februari 2018 lalu. Letaknya berada di lantai dua Lagoi Plaza, tepat setelah pintu utama, langsung naik tangga menuju ke atas.

Di Rumah Imaji terdapat lebih dari 50 spot foto yang terdiri dari upside-down room, 3D art, trick eye illusion dan perspective room. Yang menarik disini adalah tema yang diusung. Di Rumah Imaji, semuanya bertema Bintan. Bisa dibilang Bintan banget, sehingga Rumah Imaji layak disebut sebagai “Jendelanya Bintan”, yang memberikan gambaran besar “Bintan itu seperti apa sih?” kepada para pengunjung.

Rumah Melayu di Rumah Imaji Lagoi Bay Bintan

Rumah Melayu di Rumah Imaji Lagoi Bay Bintan

Di studio pertama, kamu akan bertemu dengan upside-down room dengan tema rumah Melayu. Agar semakin kental suasana Melayu-nya, Rumah Imaji melantunkan juga musik Melayu sebagai pengiring. Semua benda dan aksesoris yang ada di studio pertama ini telah disetting secara terbalik. Putar fotonya 180 derajat, dan… voila! 

Ruang tamu rumah Melayu di Rumah Imaji Lagoi Bay Bintan

Ruang tamu rumah Melayu di Rumah Imaji Lagoi Bay Bintan

Di setiap studio ada petunjuk pengambilan foto beserta contoh fotonya agar kamu dapat mengambil foto dengan angle yang bagus dan maksimal sesuai dengan yang direkomendasikan.

Sebelum memasuki studio kedua yang merupakan trick art dan 3D illusion, kamu akan menjumpai replika sempurna dari Bintan Mangrove, versi mini, lengkap dengan papan nama dan gerbang Bintan Mangrove, jembatan dan replika pohon mangrove, lengkap dengan suasana gelapnya.

Di studio kedua, lebih banyak spot foto 3D dan trick eye yang bisa kamu temui yang bertema Bintan banget. Seperti diawal, ada mangrove dan pantai, lalu lanjut dengan tempat wisata yang ada di Bintan, seperti gerbang Masjid Raya Pulau Penyengat. Dilanjutkan dengan tema lainnya yaitu kegiatan yang sering dilakukan di Bintan seperti Bintan Triathlon, golf, memancing, dan sebagainya.

Price list Rumah Imaji:

  • Dewasa: Rp 50.000 (termasuk voucher makan di Food*gram sebesar Rp 20.000, selama masa promosi)
  • Anak-anak: Rp 25.000
  • Wisman dewasa: Rp 100.000
  • Wisman anak-anak: Rp 50.000

Food*Gram

Bertemu teman lama di Food*gram

Bertemu teman lama di Food*gram

Setelah keluar dari Rumah Imaji, kamu akan disambut oleh ruangan yang menawarkan berbagai souvenir. Tepat disampingnya adalah pintu masuk menuju ke Food*gram (baca: Foodstargram). Buat yang sudah lapar, pas banget nih mampir untuk isi lambung.

Food*gram adalah sebuah food court yang menjajakan beraneka makanan. Yang istimewa adalah tempatnya yang ditata sangat menarik dan berwarna. Tujuannya jelas bahwa, pengelola ingin pengunjung tidak berhenti berfoto setelah keluar dari Rumah Imaji.

Di sini saya bertemu dengan teman semasa saya SMP. Bersama dengan anak pertamanya, kami pun menikmati suasana di Food*gram sambil menikmati lantunan musik akustik dari band yang sedang perform.

Harga yang ditawarkan tergolong standar dan enak. Tempatnya luas, bersih dan sangat berwarna. Dan yang pasti, asik banget buat berfoto dan sekedar update feed Instagram. Hahaha. Kala weekend, akan ada hiburan musik pada panggung yang udah disediain di salah satu ruangan di Food*gram.

Hiburan di Food*gram

Hiburan di Food*gram

Lagoi Bay Beach dan Water Sport

Keluar dari Plaza Lagoi, geser sedikit ke area pantai Lagoi Bay. Kalau kamu datang siang hari seperti kita, hampir pasti kamu akan dapat menikmati sunset di sini. Pantainya luas dan bersih, dan gratis, terbuka untuk umum.

Nah, kalau kamu datang di siang hari, banyak permainan yang bisa kamu nikmatin, seperti jetski, kano dan ATV. Jangan berpikir bahwa biayanya jauh lebih mahal di sini. Faktanya adalah, harganya standar. Bahkan untuk jetski, masih lebih mahal di Batam. Nah lho!

Lagoi Bay Bintan Beach

Lagoi Bay Bintan Beach

Setiap weekend, pantai Lagoi Bay ini akan sangat ramai oleh pengunjung. Nah, buat kamu yang kebetulan ikut dengan trip organizer, isi waktumu dengan main watersport di sini!

Malam di pantai Lagoi Bay pun tak kalah seru karena dari pengelola Lagoi Bay Bintan juga nyediain aktifitas seru yang makin seru kalau dimainin rame-rame. Apa itu? Nerbangin lentera di pantai! Kalau itu makin seru ketika main bersama kawan-kawan ya kan…

Price list:

  • Jetski: Rp 250.000/ 15 menit, Rp 400.000/ 30 menit, Rp 700.000/ jam
  • Kano: Rp 50.000/ 2 orang, Rp Rp 30.000/ single
  • ATV: Rp 50.000/ 10 menit, Rp 100.000/ 20 menit
  • Balance Wheel: Rp 20.000/ 15 menit
  • Lantern Release: Rp 20.000/ orang

Yeah! Lounge dan Warung Yeah!

Lagi laper banget setelah main di pantai? Atau lagi pengen nyantai dan ngadem? Pas banget, ada Warung Yeah dan Yeah Lounge. Jangan bingung, keduanya berada di tempat yang sama hanya berbeda lantai. Menu yang ditawarkan pun sedikit berbeda.

Warung Yeah Bintan

Warung Yeah Bintan

Makan banyak di Warung Yeah Bintan

Makan banyak di Warung Yeah Bintan

Kalau di Warung Yeah, menu yang ditawarkan lebih banyak untuk porsi besar dan lebih beragam. Sedangkan di Yeah Lounge, lebih untuk makanan kecil, karena memang peruntukannya ngobrol dan santai.

Warung Yeah yang terletak di lantai dasar memiliki desain ruangan yang menarik. Di semua bagian dinding tidak luput oleh mural art, yang jadi favorit pengunjung untuk dijadikan background foto. Di salah satu sudut ruangan ada mini golf course buat kamu yang lagi pengen iseng belajar main golf sambil nungguin pesanan kamu datang.

Menu yang ditawarkan kebanyakan adalah menu lokal seperti nasi goreng, indomie kekinian, ayam bakar, ikan bakar, sate ayam dan lainnya bisa kamu intip sendiri di buku menu nanti.

Rekomendasi? You should try their Indomie, haha my favorite.

Naik ke bagian rooftop, ada Yeah Lounge, tempat bersantai dan ngobrol yang asik. Nah, di sini pas banget nih kalau mau nungguin sunset, sambal ngobrol rame-rame bareng temen kamu. Ngga cuma untuk dinner, Yeah Lounge mulai buka pukul 11 siang sehingga kamu bisa makan siang santai juga di sini.

Jangan lupa cobain burger mereka guys! And their mojito too…

Yeah Lounge Siang Hari

Yeah Lounge Siang Hari

Yeah Lounge menjelang sore

Yeah Lounge menjelang sore

Try this at Yeah Lounge

Try this at Yeah Lounge

Lantern Park

Ketika malam tiba, Lantern Park adalah salah satu tujuan wajib yang harus kamu kunjungi ketika ke Lagoi Bay Bintan. Letaknya tepat di belakang Yeah Mart.

Lantern Park Lagoi Bay Bintan

Lantern Park Lagoi Bay Bintan

Aneka bentuk hewan Lantern Park Lagoi Bay Bintan

Aneka bentuk hewan Lantern Park Lagoi Bay Bintan

Lantern Park ini bertema “Underwater World” atau dunia bawah laut. Di sini ada berbagai lentera yang kebanyakan berbentuk hewan laut, seperti ikan, gurita, dan ubur-ubur. Selain itu, ada juga lentera dengan bentuk hewan langka seperti komodo, badak, dan gajah Sumatra.

Taman lentera ini mengandung unsur edukasi juga, jadi pas banget untuk kamu yang berencana untuk berjalan-jalan dengan anak-anak. Kenalkan dunia binatang di taman lentera ini.

Jalan malam di Lantern Park Lagoi Bay Bintan

Jalan malam di Lantern Park Lagoi Bay Bintan

Price list:

  • Dewasa: Rp 25.000
  • Anak-anak: Rp 15.000

Odong-odong Bintan

Ini adalah salah satu favorit saya ketika jalan-jalan di Lagoi Bay Bintan minggu lalu, odong-odong. Hahaha. It’s fun!

Keluar dari Lantern Park, kamu akan langsung menemui markas dari odong-odong ini. Bersantailah sambil mengitari area Lagoi Bay bintan dengan ngayuh odong-odong rame-rame bareng temen atau keluarga. Odong-odong ini ada sound system ala mobil modifikasi. Anggap aja lagi naik Rolls Royce. Buahahaha.

Harga: Rp 40.000/20 menit

Odong-odong Bintan

Odong-odong Bintan

Lagoi Bay Lake

Sempetin juga mampir ke sini guys, letaknya agak di depan, setelah Grand Lagoi Hotel kalau dari pantai. Sayang banget nih kemaren nggak sempat mampir karena waktu tidak mengijinkan. Maybe next time.

Jadi ini buat referensi kamu aja nih postingan yang didapat dari Instagram. Cakep!

Photo by Shinta H at her Instagram

Photo by Shinta H

Lagoi Lake & Reservoir

Danau ini beda dengan danau Lagoi Bay diatas. Danau ini memiliki fungsi sebagai reservoir atau tempat penampungan air. Danau ini merupakan sumber air bersih yang disupply ke seluruh kawasan Lagoi. Air yang dihasilkan dari sini berkualitas layak minum lho! Jadi, hemat tak perlu beli air mineral.

Nah, selain itu, ada taman yang dibangun di dekat area danau. Pas banget untuk santai sore di sini. Contoh dibawah hanya untuk yang sudah mahram yaa…

Lagoi Lake Lagoi Bay Bintan

Lagoi Lake Lagoi Bay Bintan

Lagoi Lake and Reservoir

Lagoi Lake and Reservoir

Bonus: Safari Lagoi

Nah, sebagai bonus, saya beri satu lagi rekomendasi untuk dikunjungi ketika ke Lagoi. Letaknya agak jauh dari Lagoi Bay Bintan, tapi recommended untuk dikunjungi. Eits, ada shuttle bus dari Lagoi Plaza juga lho kalau kamu kebetulan sedang menginap di salah satu resort di Lagoi. Berikut infonya.

Jadwal Shuttle Bus ke Safari Lagoi Bintan

Jadwal Shuttle Bus ke Safari Lagoi Bintan

Safari Lagoi Bintan, Taman konservasi satwa langka dan dilindungi seperti jenis mamalia, reptil dan burung dan berada di kawasan berukuran lebih dari 30 hektare. Konsep rekreasi edukatif sehingga disini tak hanya berekreasi tetapi berisi edukasi tentang berbagai flora dan fauna Indonesia di satu tempat terpadu.

Safari Lagoi Bintan

Safari Lagoi Bintan

Di sini, kita bisa bertemu vegetasi yang tidak bisa tumbuh di Bintan, tapi bisa tumbuh di Safari Lagoi. Setelah dari pintu masuk, kita langsung melihat kebun  sayur yang tertata rapi, ada kebun kangkung, bayam merah, bayam hijau, sawi dan beberapa jenis sayuran lainnya, bahkan padi!

Selain kebun, ada juga beberapa jenis hewan di sini, seperti komodo, penyu, kura-kura, beruang madu, buaya sepanjang 6 meter, berbagai spesies elang dan orang utan. Favorit saya adalah Gajah! Karena kita bisa langsung berinteraksi dengannya.

Bertemu gajah di Safari Lagoi Bintan

Bertemu gajah di Safari Lagoi Bintan

Komodo di Safari Lagoi Bintan

Komodo di Safari Lagoi Bintan

Nah, tadi itu adalah tempat-tempat seru yang bisa kamu kunjungi di Lagoi Bay Bintan. Pastikan untuk masukin tempat-tempat tersebut dalam itinerary kamu ya!

Show Comments

15 Comments

  1. Robbi Hafzan 18/03/2018
  2. ruziana 13/03/2018
  3. danan wahyu 13/03/2018
  4. Asad Agus Saputra 12/03/2018
  5. Jike Hariyaningsih 12/03/2018
  6. Yulia Marza 12/03/2018
  7. Rizka 12/03/2018
    • Akut Wibowo 12/03/2018
  8. Juli 12/03/2018
    • Akut Wibowo 12/03/2018
  9. Sri murni 11/03/2018
    • Akut Wibowo 12/03/2018

Mari Berdiskusi

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.